Jalan-Jalan ke Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya

"Anak asli Surabaya kadang ada yang nggak ngerti seluk beluk tempat-tempat di Surabaya.." 

Lebih dari 20 tahun menghabiskan waktu hidup ini di Surabaya dan selama itu pula masih belum mengenal secara lengkap apa saja yang ada di Surabaya. Begitulah kira-kira yang biasa dialami anak Surabaya asli dengan tipe-tipe seperti saya. Kurang mbolang terlalu jauh sih, hehe.

Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya

Saya punya tempat rekomendasi bagus apalagi untuk orang-orang yang hobi membaca buku atau sekedar ingin mencari tempat yang tenang untuk belajar atau berinternet. Selain toko buk, orang yang hobi membaca, biasanya akan mengunjungi tempat-tempat yang tenang. Salah satu tempat terssbut adalah perpustakaan.

Beberapa perpustakaan yang sudah pernah saya kunjungi adalah perpustakaan daerah yang letaknya di Rungkut dan perpustakaan provinsi daerah Surabaya yang bertempat di Menur Pumpungan.

Selain kedua tempat tersebut, ada lagi perpustakaan yang menarik menurut saya. Mengapa menarik?Karena tempat tersebut juga memiliki nilai sejarah dan fokus pada bidang-bidang ekonomi, perbankan atau moneter. 

Sekilas tentang perpustakaan BI Surabaya

Perpustakaan bank indonesia, dekat dengan kebun binatang surabaya. Terletak di jalan Mayangkara No. 6, Darmo, kecamatan Wonokromo.

Dulunya, gedung tersebut Worning voon Agent van Javasche Bank dan rumah pejabat dari De Javasche Bank. PAda tahun 1953, namanya berganti menjadi Bank Indonesia. Gedung yang dibangun pada 1921 tersebut sangat khas bangunan peninggalan Belanda.

Gedung perpustakaan itu dulunya merupakan museum Mpu Tantular. Lalu museum tersebut berpindah lokasi di daerah Sidoarjo. 

Perpustakaan tersebut tidak hanya menyimpan buku-buku bidang ekonomi saja. Di sana juga ada buku anak-anak di dalam ruang baca khusus anak-anak. Selain itu, disediakan komputer-komputer untuk sekedar surfing di dunia internet atau mungkin mengerjakan tugas. 

Jadi bisa sebagai tempat tujuan pembelajaran agar anak mempunyai hobi membaca di tempat yang bersejarah. Tempatnya sangat menyenangkan, cocok untuk yang hobi membaca di tempat yang menenangkan. 

Setahu saya, di perpustakaan Bank Indonesia Surabaya ini, bisa digunakan untuk mengadakan acara semacam literasi atau mendongeng anak. Prosedur peminjamannya bisa ditanyakan pada pertugas perpustakaan. Dulu, saya juga pernah berkunjung ke sana untuk acara out class siswa sekolah dasar.

Sudut Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya


April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar