Optimasi SEO Blog? Yuk, Ikuti Kelas BRT Network!

45 komentar

 "Nda, itu ngapain buka kode HTML?"

Pertanyaan yang terlontar oleh suami dengan nada entah bagaimana. Suami mungkin heran melihatku membuka barisan bahasa pemrograman itu. Bukan tanpa sebab sih, karena memang sedang mengikuti kelas BRT Network. Aku ingin belajar upgrade diri dalam hal blog. Kelas Blogger Ruang Tunggu (BRT) Network adalah kelas gratis untuk optimasi SEO blog. 

Serunya ikut optimasi seo bareng kelas gratis brt

Teman-teman pernah merasa penasaran mencari tahu karena dapat info sedikit tentang hal yang diminati? Kurang lebih, begitu yang aku rasakan. Aku mendapatkan info pendaftaran tentang kelas blog, tetapi hanya diberi link gform. Biasanya jika ada kelas online, disertakan flyer atau copywriting. Nah, kelas ini sepertinya berbeda, aku perlu mencari tahu sendiri tentang infonya. Selain itu, aku yang masih pemula dalam hal blogging, merasa butuh banyak belajar. Bismillah, diniatkan untuk ikut kelasnya.

Belajar di Kelas BRT Network

Beberapa hari pasca mendaftar kelas BRT, ada sebuah pesan yang masuk ke email. Ternyata undangan untuk gabung ke grup Whatsapp. Ternyata setelah masuk ke kelas, cukup membuatku ngeri-ngeri sedap. Selayaknya kelas pada umumnya, kami mengisi list perkenalan dan admin menegaskan peraturan selama mengikuti kelas. Peraturan dibuat memang untuk dipatuhi ya, begitu juga di kelas BRT Network ini. Tamu yang tidak diundang (tidak mendaftar tetapi bisa masuk kelas(?)), tidak ada respon selama kelas berlangsung, tidak mengerjakan tugas karena alasan yang tidak mendesak, seperti kedukaan, sakit, bisa-bisa harus langsung out.

Tetapi, itulah menariknya kelas ini, meskipun gratis, bukan berarti disepelekan. Tiap blogger harus mempunyai komitmen dan semangat untuk mengikuti kelasnya. Sibuk dengan aktivitas rumah tangga, mendidik anak, sebaiknya bukan dijadikan alasan untuk tidak mengikuti kelas. Diingatkan oleh coach, bahwa kalau sudah tahu sibuk dan ada yang diprioritaskan di rumah, mengapa mendaftar kelas?

Kelas ini, meski gratis tetapi para coach mencurahkan waktu dan pikirannya untuk kami, para peserta. Search engine optimization (SEO) dijelaskan oleh coach, berdasarkan pengalaman mereka. Meski ilmu tentang SEO ini debatable dari berbagai mahdzab gurunya, insyaAllah SEO juga akan optimal jika kita mau mempraktikkannya. 

kelas gratis brt membahas seo dengan plugin

Mengapa butuh SEO blog yang optimal? Harapannya, blog ini bisa mudah ditemukan pada halaman pencarian sesuai kata kunci yang diinginkan. Apalagi terpampang di halaman satu, wah. Di  dua pekan kelas ini, kami dapat ilmu tentang SEO on page. Dimulai dengan install plugin Meta SEO Inspector, mengaktifkan SSL, memperbaiki template agar SEO friendly, pengenalan Google Analytics, Google Search Console dan menulis artikel yang sesuai 18 parameter SEO.

Kelas ini beda sekali, karena ada bahasan tentang teknis pemrograman. Aku tidak menyangka, bakal menyentuh coding lagi. Tentu saja, hal itu karena pesona para coach di kelas BRT Network. Hehe.

Coach

Kelas gratis belajar blog ini, tidak akan terselenggara tanpa adanya keikhlasan dan kesabaran dari para coach. Coach di kelas ini, bukan sekadar menyuguhi teori, karena strong why kami, terus menerus dipertanyakan, apakah masih strong untuk menjadi seorang blogger. Ada 6 coach yang setia meladeni kami di kelas.
- Kak Monika yang senantiasa memotivasi agar keluar dari zona nyaman, harus mau belajar dan praktik jika ingin menjadi blogger yang lebih baik.
- Kak Marita yang juga rajin membantu menjawab. Aku ganti template blog dan mengikuti jejak template-nya. Hehe.
- Kak Gemaulani yang juga memberi masukan pada kami.
- Kak Pewe, Kak Priyo dan Kak Zen sabar memandu jawaban dari pertanyaan peserta.

Kesan Teman Sekelas

Serunya berada di kelas adalah berkumpul dengan sesama blogger. Itu artinya, kami satu frekuensi, sama-sama ingin belajar blogging. Aku sempat bertanya kepada beberapa teman tentang kelas ini. Kalau menurut Kak Nur Kusmayadi yang ikut belajar bareng juga, ternyata kelas ini sesuai ekspektasinya. Kelasnya seru karena sama-sama merasa mumet nguprek blog, apalagi harus ganti blog, dari Wordpress ke Blogspot. Tapi beliau merasa senang karena saling mendukung sesama blogger, bisa sharing dan menambah jaringan. Itulah yang membuat beliau masih bertahan di kelas. Salah seorang blogger yang setia menemani kami sekelas untuk begadang melototi barisan kode. Hehe.

Begitu juga dengan Kak Nimas, meski kesibukannya mendampingi toodler, tetap berkomitmen mengikuti kelas dengan mengerjakan tugas di malam hari sampai Subuh. MasyaAllah, bukan main semangatnya. Belum lagi, blog utamanya tiba-tiba down, tetapi hal itu tidak mengurangi semangatnya untuk belajar optimasi SEO blog di kelas BRT Network ini. Katanya, atmosfer semangat dalam kelas secara tidak langsung mempengaruhi semangatnya untuk belajar.

Aku juga merasakan hal yang sama seperti kedua blogger keren itu. Pertemuan perdana menggunakan Gmeet yang membahas seputar SEO lanjut diskusi dan langsung praktik hingga berhari-hari di kelas, mempunyai kesan tersendiri terhadap para coach. Hehe. Enggak horor sih, tetapi deg-degan dengan kejutan-kejutannya. Ternyata, kami diberi tambahan waktu dalam mengerjakan tugas kedua dan ada materi selanjutnya untuk optimasi blog.


Tantangan selama di Kelas

Kelas ini sangat hidup sekali, karena sering tertinggal hingga ratusan chat dalam waktu beberapa jam. Butuh usaha untuk scrolling jawaban, jika ada kasus yang terjadi pada blog. Alhamdulillah, tidak mengalami down pada blog, tetapi karena beberapa hal, memberanikan diri untuk mengganti template. Ternyata, aku berani utak atik template lagi, walau belum sempurna dalam menyentuh coding HTML. Terakhir mengganti template kurang lebih setahun lalu, seusia blog TLD ini.

Penutup

Kelas ini mengajarkanku untuk mau keluar dari zona nyaman jika ingin menjadi blogger sejati. Kembali mempertanyakan strong why untuk berada di jalur blogger, apakah benar sudah yakin? Alhamdulillah, mengikuti kelas BRT Network, bukan hanya optimasi SEO blog saja yang aku rasakan, tetapi juga upgrade semangat untuk terus belajar seputar blog.

Teman-teman mau optimasi blog? Yuk, jangan ketinggalan info kelas gratis yang keren ini. Boleh dong sharing juga, cara optimasi blog.


April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan praktisi read aloud. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Dapat dihubungi di april.safa@gmail.com

Related Posts

45 komentar

  1. Mantab, lanjutkan tulisan2 soal SEO

    BalasHapus
  2. masyaALLAH... Sebelum ikut kelas aja blognya sudah keren, pasti makin keren blognya stelah ikut kelas ya bund.... :D
    Semangaattt aprilll... semangat menginspirasi....

    BalasHapus
  3. Huwaaa belajar SEO. Keren mbk april. Barakallah mbk

    BalasHapus
  4. Seru emang kalo ngulik SEO. Apalagi kalo blognya bisa tampil dihalaman satu pencarian.

    BalasHapus
  5. Semangat belajarnya kak! Aku alumni kelas Juni jadi paham banyak hal seputar blogging yang sebelumnya nggak aku tau. Mau ikutan kelas Desember lagi repot sama kerjaan. Moga jodoh next class

    BalasHapus
  6. Wah keren sekali kak April, belajar SEO bareng-bareng kayaknya asyik banget yaa...

    BalasHapus
  7. Masyaa Allah. So insightful. Sebagai sesama pengguna blog, jd pingin ikut belajar. Boleh barkabar ya mbak kalau ada info kelasnya lagi ^^

    BalasHapus
  8. Hai kak April aku Dennise.Dapet banget ya ilmunya di kelas BRT Networking.Membaca tulisan kakak aku serasa juga mengikuti kelasnya

    BalasHapus
  9. mantaap yaa ikutan kelasnya brt network gratis, beruntung banget, jadi dpt banyak ilmu yang bagus-bagus banget soal optimasi blog yaa

    BalasHapus
  10. wah iya, aku pengen banget bisa ikutan kelas gratis dari BRT Network ini
    Biar bisa optimasi blog ku

    BalasHapus
  11. Semangat selalu mengikuti kelasnya BRT, pasti bisa tuh sampai di akhir kelas dan mendapatkan banyak ilmu yang berguna dalam ngeblog :)

    BalasHapus
  12. ngiriiii

    pingin banget ikuta Kelas BRT Network sayang gak lolos

    padahal penting banget ilmunya untuk kemajuan blog

    BalasHapus
  13. Gara2 ikut kelas ini jadi akrab dengan html, ya. Selamat atas pencapaiannya!

    BalasHapus
  14. Banyak hal baru khususnya edit kode html dari kelas ini. Padahal awalnya bengong ga tau apa-apa. Semangat berjuang sampai akhir mba

    BalasHapus
  15. Kelas BRT selalu menarik diikuti, menambahwaaasan blogging dari tentor pengalaman. Seru mengikutinya

    BalasHapus
  16. Optimasi SEO blog ini sebetulnya materi yang itu-itu saja. Hanya saja memang perlu pengulangan supaya bisa mengerti sepenuhnya, gak setengah-setengah. Selamat untuk BRT. Rame banget yaaa yg ikut pelatihan ini.

    BalasHapus
  17. Terbaik ukhti, masya Allah semoga jadi amal jariyah ilmu yang bermanfaat ini, Jazakallah khairan katsiran

    BalasHapus
  18. wah baru tau ada kelas brt.. semoga nanti ada rejeki waktu buat ikutan biar keren kayak ukhti april hehehee ☺️

    semangaaaat yah ukhti semoga terus menginspirasi ♥️

    BalasHapus
  19. Info detailnya dong Kakak. ingin join kelasnya juga

    BalasHapus
  20. Terbaik Kak April. Bagus tulisannya, keren semangat belajarnya. Top.

    BalasHapus
  21. Mantap kak April. Sangat menginspirasi

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah.. trus berkarya april.. semoga jadi ilmu yang bermanfaat bagi orang lain.. 👍🏼

    BalasHapus
  23. Senangnya banyak teman-teman yang ikut kelas ini dan menulis berdasar sudut pandang masing-masing yang mana ngasih insight baru untuk blogger yang nggak ikutan kelas kayak saya. Semangat ya Mbak ngoprek blog-nya.

    BalasHapus
  24. iya mbak, kita nggak bisa lagi stay di zona nyaman.
    harus mau lari. ya kita harus bisa menaklukkan SEO
    bahkan kita harus bisa lari dengan nyaman. yaitu ngeblog dengan SEO tapi udah merasa enjoy tanpa beban

    BalasHapus
  25. Ada 18 parameter SEO banyak juga ya. Berarti kudu saling melengkapi satu sama lain agar blog bisa meraih hati gugel

    BalasHapus
  26. Ya ampun baru tau kalau SEO itu parameternya bejibun banget.. 18 biji langsung lemes deh...

    BalasHapus
  27. Keren ya ada kelas SEO BRT ini bagus untuk upgrade skill ngeblog dan pastinya dapet pengalaman banyak karena mau berkomunitas. Aamiin. Sukses selalu ya kak tuk bangun blognya.

    BalasHapus
  28. Dulu saya sering ngutak-ngatik HTML Mbak, tapi belajarnya ya serabutan lewat web-webnya orang yang membahas soal SEO. Kalau ikut kursusnya gini pasti lebih terarah ya? Keren. Pengen deh ikutan.

    BalasHapus
  29. Waw temen sekelas aku sudah terbang melejit tinggi. Keren sekali mba april. Aku kenal kamu sebagai pribadi yg suka belajar ttg quran dan bahkan bisa mengajak anak juga belajar ttg kisah qur'an sedari dini, i wish setelah seo mu mantap apapun yang kamu tulis bisa menginspirasi lebih banyak orang. Dari aku temenmu yang bisa dipesenin gambar 😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  30. Kadang cuma pengen nulis aja di blog, tapi memang perlu adanya pemahaman SEO untuk bikin tulisan berkualitas ya. jadi penasaran sama kelasnya BRT network

    BalasHapus
  31. Wahh, blogger sejati banget sampe blajar SEO..Kerennnnn✨

    BalasHapus
  32. Kelas ini memang mengajarkan hal-hal dalam optimasi blog. Belajar di kelas ini harus lebih gercep yaa Mbak karena dengan rules yang superketat, banyak peserta akhirnya tereliminasi.

    BalasHapus
  33. Penasaran dengan yang namanya meta SEO inspector. Ini bisa diterapkan di blogspot kan ya? Jadi ngoprek blog sendiri juga. Hehehe.

    BalasHapus
  34. ah kece ya materi optimasi seo dari BRT NETWORK ini
    sekalian utak atik kode html blog ya mbak

    BalasHapus
  35. Keren banget nih buibu yang tetap semangat mengikuti kelas BRT ini walau padat banget jadwalnya. Saya sampai sekarang nggak berani daftar karena takut nggak bisa ngikutin kelasnya

    BalasHapus
  36. Cara belajar berkelompok ini unik yaa..
    Jadi bisa saling membantu jika ada sesuatu yang kurang dipahami.
    Keren sekali kelas BRT Network. Sukses selalu, kak.

    BalasHapus
  37. Sayang banget aku dua kali gagal ikutan kelas BRT, soalnya terbentur tanggung jawab sebagai content writer dan aku takut ngak bisa konsisten, next kalau ada kelas lagi aku mau ikutan ah asal kontrakku sebagai cw sudah selesai. Terima kasih kak sudah berbagi ilmu juga dengan kami yang ngak ikutan.

    BalasHapus
  38. Kelas BRT ini luar biasa banyak banget ilmu yang dibagikannya. Saya yg tidak ikutan bisa tetap menyerap ilmunya nih.
    Semoga berhasil lolos sampai kelas akhir ya
    Aamiin...

    BalasHapus
  39. Tahun ini belum rezeki ikut kelas BRT. Semoga tahun depan bisa ikutan. Harus siapin waktu dan mental nih kalau ngikutin cerita teman-teman yang udah ikut kelas. Sukses ya mbak April.

    BalasHapus
  40. Denger dari Kakak-kakak blogger yang ikutan kelas ini, kelasnya gak main-main ya mbak. Aku yang baca ceritanya salah satunya di postingan mbak pun jadi kebayang blogku sendiri pasti banyak banget yang harus diperbaiki

    BalasHapus
  41. Kelas seperti ini pasti akan memacu kita untuk terus belajar. Apalagi ada tantangan2 yang membuat para peserta bisa terlempar jika tidak berhasil emngerjakannya. Pasti bikin dag dig dug deuar.

    BalasHapus
  42. Masha Allah kereen bgt kaak april yg masih konsisten ngeblog dan mau belajar untuk upgrade ilmu, semoga blognya semakin keren dan bermanfaat untuk banyak orang pastinya :)

    BalasHapus
  43. masyaaAllah mantap nian. Makin bertambah ilmunya, semoga makin manfaat. Barakallah bundaaa. Proud of you

    BalasHapus

Posting Komentar