Langkah Menjadi Blogger Sejati

Assalamualaikum!

Teman-teman suka menulis? Atau mulai tertarik menulis? Wah, menulis memang aktivitas yang menarik ya. Ada banyak platform menulis, salah satunya adalah blog. Pemilik tulisan (penulis) di blog mempunyai sebutan blogger. Aku termasuk masih berjuang agar menjadi seorang mom blogger. Terbilang baru juga karena sekitar setahun, mulai ikut kelas dan blog jadi TLD. Masih punya mimpi menjadi blogger sejati.

Hm, tapi memang saat ini blogger belum menjadi aktivitas utama. Masih ada aktivitas lain yang butuh perhatian penuh di luar sana. Sepertinya itu menjadi tantangan tersendiri bagiku saat memilih blogger menjadi salah satu aktivitas mengisi keseharian. Yuk, teman-teman, kita kupas dulu jadi blogger itu, seperti apa sih?

Langkah-menjadi-blogger-sejati

Apa itu Blogger Sejati?

Penjelasan istilah blogger, seperti paragraf di atas. Kalau sejati mempunyai padanan seperti benar-benar atau sesungguhnya. Saat memutuskan sebagai blogger sesungguhnya, seutuhnya, sebenar-benarnya, maka itulah pengertian blogger sejati. Menekuni blogging yang awalnya karena ketertarikan, menjadi seorang yang profesional. 

Untuk bisa menjadi blogger sejati, tentu butuh usaha dan perjuangan. Aku sendiri masih berproses dalam menekuni blog. Butuh banyak mencari tahu dunia seputar blogging atau sebagai blogger. 

Apa Kemampuan Dasar Sebagai Blogger?

Saat ingin memulai menjadi blogger sejati, perlu mengetahui kemampuan dasar sebagai blogger. Apa saja kemampuan yang mesti dimiliki?

1. Mengoperasikan perangkat keras (hardware)

Jenis-jenis hardware contohnya seperti komputer, laptop, telepon seluler dan lainnya. Gaptek atau gagap teknologi bisa disiasti dengan banyak belajar, supaya bisa mengoperasikan perangkat lunak. Bisa mahir mengoperasikan perangkat lunak karena sering berlatih dan eksplorasi. 

Setelah bisa mengoperasikan maka bisa memanfaatkan aplikasi di perangkat lunak. Aplikasi yang dibutuhkan beragam namun minimal dapat mengerti penggunaan microsoft words , browser dan aplikasi desain misal seperti Canva, adobe illustrator dan lainnya. 

2. Memiliki email aktif

Saat ingin membuat sebuah blog baru, butuh mempunyai alamat email aktif. Email ini nantinya sebagai identitas seorang blogger. Biasanya untuk sign ini atau sign up blogger, butuh alamat email. Siapa tahu juga ketika semakin mahir menjadi blogger, dapat memanfaatkan email sebagai panggilan job. Aamiin. 

3. Menangkap Ide Tulisan

PR besar bagi penulis pembelajar sepertiku adalah merencanakan topik tuliasan. Saat butuh topik tulisan, blogger sebaiknya menangkap, menciptakan atau mencari ide bahan tulisan. Ketika berhasil melakukannya, saatnya mengembangkan ide tadi menjadi poin-poin kerangka tulisan. Setelah membuatnya, bisa dibuat tulisan artikel blog secara utuh.

Baca juga: Belajar SEO Dasar bersama SEO Moms Community

Bagaimana Kiat-kiat Menjadi Blogger Sejati?

Aku juga ingin menjadi blogger sejati. Rasanya kiat-kiat ini cocok ditujukan  untukku. Tapi kalau teman-teman merasa pas dengan tips ini, mari berjuang bersama. Tips ini, terinspirasi dari materi karakter moral kelas pra Bunda Cekatan Institut Ibu Profesional. Bagaimana langkah menjadi blogger sejati, ala aku?

1. Mempunyai misi atau tujuan blogging

Kayak hidup, mesti punya misi alias tujuan. Kalau inget kata-kata Uni Dian Onasis, harus punya big strong why dalam menulis. Entah menulis di platform mana saja, memang harus punya tujuan besarnya. Aku harus tulis besar-besar strong why nih, biar keinget terus. 

2. Tidak pernah lelah belajar

Selama hayat masih di kandung badan, memang selayaknya untuk terus belajar ya. Apalagi ilmu menulis di dunia digital, terus saja berkembang. Kalau tidak up to date, bisa-bisa tertinggal dalam pengetahuan. Hiks.

3. Rendah hati, senang berbagi ilmu

Sudah bukan zaman lagi saling sikut, saatnya berkolaborasi satu dengan lainnya. Untuk apa belajar tapi membanggakan diri sendiri. Kalau karakter moralnya dari Ibu Profesional, sharing is caring. Ini, aku setuju banget.

4. Menuliskan dari hati

Salah satu hal yang masih harus terus dipelajari adalah menulis secara mengalir dari hati, karena kadang terasa kaku gitu kayak mie mentah. Hehe. Kalau kata Teh Ani Berta, diingatkan teknik story telling. Semoga aku semakin mahir kayak teman-teman.

5. Konsisten Update Blog

Sikap atau kemampuan yang sebetulnya bukan hanya untuk blogger. Tapi juga profesi apapun yang berkaitan di dunia maya, seperti digital creator. Konten blog yang di-update sebaiknya memiliki inovasi dan keunikan. Seberapa sering update? Menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan diri. Aku masih belajar banget soal ini juga.

Penutup

Saat bertekad mengambil satu bidang untuk ditekuni, kita pasti ingin mahir atau menguasai dengan sungguh-sungguh. Lagi-lagi tulisan sendiri sebagai pengingat untuk benar-benar mempelajari blog. Saat memilih jalan sebagai blogger, pasti terbesit untuk menjadi blogger sejati, entah kapan, semoga tidak lama. Semoga Allah mengizinkan langkah impian kita ya, teman!

Boleh sharing dong, apa biasanya jalan ninja teman-teman sebagai blogger?


April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud (tersertifikasi). Lulusan teknik informatika yang memutuskan menjadi istri dan ibu di rumah. Senang berbagi dan belajar memaknai kehidupan dengan tulisan.

Related Posts

2 komentar

  1. Sampai skrpun, aku masih terlalu cinta menulis di blog 😁. Belum kepengen untuk beralih ke platform lain kayak Youtube. Mungkin Krn aku ga suka tampil juga ya mba, dan kalo bicara pasti LBH berantakan drpd nulis 😄. Sementara kalo YouTube itukan lebih enak kalo bicara, dan tampil di videonya. Sementara aku ga bisa kayak begitu. Belepotan yg ada 🤣.

    Caraku sendiri supaya ttp konsisten, dengan maksain nulis trus. Tapi Krn ini memang hobi, ya jadi ga berat. Apalagi yg ditulis sesuai dengan topik yg aku kuasai, traveling dan kuliner 😁. Menulisnya jadi enak, Krn semua berdasarkan pengalaman pribadi, yg udah aku rasain. So, pasti beda kalo dicompare dengan tulisan yg hanya pakai riset tanpa dicoba 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah, iya nih Mbak. Maksain terus nulis ini, PR banget buat aku yang mood naik turun. Makasih sharingnya :)

      Hapus

Posting Komentar