Belajar SEO Dasar bersama SEO Moms Community

Gimana supaya blog bisa tayang di halaman pertama? Salah satu pertanyaan yang terlintas kala itu. Mengikuti beberapa kelas blog secara bertahap sambil mencari komunitas blog. Eh, ketika berselancar di Instagram, aku melihat flyer sharing tentang blog di akun Mbak Wiwin Pratiwanggini. Ternyata, beliau mewakili SEO Moms Community pada acara Bootcamp Online. Qodarallah aku belum bisa hadir di tanggal pelaksanaan acaranya. Tapi, aku langsung meluncur ke akun komunitas itu.

Saat aku mengikuti akun tersebut, sepertinya masih baru. Tapi komunitas ini mampu membuatku penasaran dari nama dan beberapa kali update feednya. Sambil berharap semoga ada  kesempatan untuk ikut belajar bareng para narasumbernya. Ternyata Allah mengizinkan dan mengabulkan doaku di pertengahan bulan Oktober ini. Alhamdulillah.

Belajar-seo-dasar-bersama-seo-moms-community

Bagaimana SEO Moms Community terbentuk?

SEOMOC adalah singkatan dari SEO Moms Community. Komunitas blogger yang memfokuskan pada belajar SEO dasar atau basic SEO. Tapi member komunitas ini punya kekhususan, hanya untuk para blogger perempuan Indonesia. Menarik banget ya. Para moms dan calon moms yang mau belajar basic SEO, jangan sampai ketinggalan update infonya.

Tapi yang membedakan komunitas ini dengan lainnya adalah foundernya. Founderny adalah seorang laki-laki, bukan moms. Hehe. Nama tenarnya Qbenk, akun Facebooknya adalah Bang Q, sedangkan, nama aslinya adalah M. Sahlan. Beliau mendirikan komunitas bersama dengan co-founder seorang beauty blogger dari Surabaya pada tanggal 25 Januari 2020. Namun, karena suatu dan lain hal, co-founder off. Selanjutnya tentu hanya dihandle founder dan para admin.

Logo-seo-moms-community

Menariknya lagi, ada alasan dari komunitas ini berdiri lho. Bang Q mendedikasikan komunitas ini untuk almarhumah sang ibu. MasyaAllah, ada strong why dibalik itu, maka apapun yang terjadi pada komunitas, Bang Q tetap akan mempertahankan. Wah, aku belajar banyak dari poin tersebut.

Apa Saja Aktivitas di Komunitas?

Sesuai dengan judul komunitasnya, tentu fokusnya pada belajar SEO dasar. Selain itu, SEO Moms Community  bekerja sama dengan pihak-pihak lain yang bisa didiskusikan dengan founder dan para koordinator wilayah. Beberapa pihak yang sudah menjalin kerja sama seperti Qwords, SHer Stories, Niagahoster, Ruang Pulih, dan lain-lain. Saat ini, komunitas juga rutin mengadakan kegiatan kopdar online menggunakan GMeet. Tujuannya sebagai sarana penyegaran ilmu dan lepas kangen antar member, founder dan para admin.

Saat ini, ada SEO Moms Community, terbagi dalam beberapa wilayah. Karena komunitas ini tempatnya blogger perempuan Indonesia, jadi para koordinatornya juga para perempuan hebat yang dibagi per wilayah, antara lain:
Ada 5 grup Whatsapp per wilayah yaitu:
1. Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta & Jawa Tengah (DIY & Jateng).
2. Wilayah Jawa Timur.
3. Wilayah Sulawesi – Bali – Nusa Tenggara (Sul-Bali-Nusra).
4. Wilayah Sumatera,
5. Beberapa kota lain yang belum termasuk dalam wilayah 1-2-3-4 di atas.

Baca juga: Asyiknya Menulis dengan Kerangka

Bagaimana Keseruan Belajar SEO?

Belajar SEO tidak semengerikan yang dibayangkan. Karena ternyata lebih ngeri blog sendiri yang butuh perbaikan sana-sini agar bisa sesuai kaidah SEO. Beberapa hal yang aku rasakan belajar di komunitas SEO Moms seperti berikut:

1. Fleksibel

Sarana ruang belajar di grup Whatsapp, membuat belajar bisa mudah diikuti. Saat belum bisa menyimak sesuai waktu yang dibutuhkan, masih bisa menelusuri dan bertanya jika forum diskusi dibuka. Bang Q paham betul, kerempongan atau alasan ibu-ibu sok rempong, macam aku. Hehe.

2. Detail

Aku pernah belajar SEO di komunitas lain, tapi bersama Bang Q, penjelasan lebih detail. Mudah menyimak tiap detailnya karena dijelaskan setahap demi tahap. Alhamdulillah, setidaknya aku bisa memperbaiki kesalahan dasar dalam penamaan judul dan deskripsi blog.

3. Adanya tantangan

Ini salah satu poin penting buatku untuk menantang diri dalam belajar blogging khususnya SEO, meski terseok-seok. Huhu. Penugasan membuat semakin menempel ilmu yang diberikan. Terutama dalam hal menulis artikel yang sesuai SEO.

Penutup

SEO Moms Community, InsyaAllah cocok untuk para blogger perempuan Indonesia yang ingin belajar SEO basic. Dengan segala kemudahan dan kemurahan hati founder dan para admin, tidak ada alasan lagi bagi para mom blogger untuk tidak tahu SEO dasar. Bersyukur bisa dapat ilmu di komunitas ini, semoga bisa konsisten mempraktikannya. Semangaat!

April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud (tersertifikasi). Lulusan teknik informatika yang memutuskan menjadi istri dan ibu di rumah. Senang berbagi dan belajar memaknai kehidupan dengan tulisan.

Related Posts

6 komentar

  1. Saya sudah lama mendengar komunitas SEO Moms Community ini, tetapi belum sempat ngintip media sosialnya hehehe. Kayaknya seru juga ya, bisa belajar SEO dengan pakarnya. Berawal dari SEO Dasar, kita bisa terus belajar ke jenjang berikutnya :). Semoga bisa konsisten dipraktikkan ya...

    BalasHapus
  2. Akupun bersyukur banget bisa gabung di komunitas kece ini mba. Salah satu komunitas paling recommended buat para blogger perempuan Indonesia pokoknya. Daebak!

    BalasHapus
  3. Bagaimana caranya bergabung dg komunitas ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nantikan infonya di akun seo moms community Mbak

      Hapus

Posting Komentar