Sabar

Sabar
Katanya mudah
Namun bisa kah melakukannya dengan mudah

Sabar
Lima alfabet yang pendek
Sependek itu juga kah kesabaranku

Sabar
Nasihat yang sering kudengar
Sering juga aku abaikan

Sabar
Berapa lama aku bersabar
Sesabar aku menunggu waktu di kala luang
Sesabar aku menunggu yang lain di kala butuh

Sabar
Kata yang maknanya luar biasa 
Sesabar ibu yang mendidik dengan luar biasa

Sabar
Perulangan kata yang sering kutemui dalam Al Quran
Berulang kali aku melatih sabarku

Sabar
Waktu yang bisa menjawabnya
Ketika aku berhadapan denganmu
Maafkan aku, Nak
Yang menganggap sabar semudah aku mengejanya

Seorang anak hingga usia 7-8 tahun memang harus membutuhkan perhatian khusus ditambah dengan kesabaran yang ekstra. Karena usia-usia seperti mereka sangatlah mudah mengingat ke dalam memori jangka panjang / alam bawah sadar mereka. Usia mereka yang sangat produktif dan aktif terkadang membuat orang lain menjadi mudah marah, emosi dan sangat tidak sabar. Saya selalu akan merasa bersalah, jika sudah memerintah dengan sedikit paksaan padahal saya juga mengerti bahwa mereka terkadang belum mempunyai keberanian dalam melakukan sesuatu. Hingga mungkin saya sendiri baru menyadari bahwa di situlah letak kesalahan saya, belum mendidik secara bertahap dan halus supaya menjadikan mereka tidak menjadi generasi yang tanpa kepercayaan diri. 

Mari menjadi pendidik yang tidak hanya sekedar melakukan kewajiban mengajar saja tapi juga kewajiban mendidika moral mereka dengan senantiasa belajar memperbaiki diri kita. Seperti cermin, anggaplah bahwa anak didik yang di depan kita adalah diri kita sendiri maka tegakah kita memperlakukan di luar batas kemampuan dan pemikiran mereka.
April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar