Zona 3 Bunda Sayang: Mengenal Huruf Hijaiyah

Pagi tadi sudah ada bayangan untuk memilih family project hari kedua di zona 3 kelas bunda sayang. Masih ingin bermain bersama dari referensi akun instagram @quranbasedplay. Tapi mood Hizbi tak minat mengikuti tawaran permainan yang sudah direncanakan. Yaa baiklah, Hizbi free play seperti biasa. Minatnya masih suka main sama dedaunan, ranting. Sesukanya sajalah yang penting menikmati.

Sampai sore, masih cari-cari ide yang bisa dilakukan bersama. Beberapa kegiatan memang dilakukan bersama untuk meningkatkan bonding. Apalagi suami juga masih di rumah. Kalau sudah kembali beraktivitas seperti dua tahun belakangan, bertemunya harus menunggu beberapa bulan. Akhirnya kami melanjutkan family project yang sudah dirutinkan. Melakukan interaksi dengan Al-Quran bersama. Saya mengusulkan, suami dan Hizbi juga setuju.

Jika sebelum-sebelumnya Hizbi hanya mendengar kami saling menyimak tilawah atau hafalan. Kali ini, Hizbi belajar mengenal huruf hijaiyah. Beberapa waktu belakangan, kami memang membiasakan agar lebih banyak interaksi dengan Al-Qur'an. Sempat memutarkan video tilawah. Tapi akhirnya kami menggantinya dengan speaker Al-Qur'an. Alhamdulillah, Hizbi menikmatinya. Jadilah mulai mengenalkan sedikit-sedikit huruf hijaiyah.

Rencana persiapan family project hari kedua zona 3 kecerdasan emosi dan spiritual:

1. Mengusulkan untuk membaca Al-Qur'an bersama.

2. Menyiapkan buku hijaiyah untuk dibaca Hizbi.

3. Mencari tambahan buku hijaiyah animal series untuk menghubungkan huruf dengan hewan.

Family project mengenal huruf hijaiyah, dilakukan sepulang Hizbi dan suami dari shalat maghrib di masjid dekat rumah. Setelah saya tilawah dulu, Hizbi langsung antusias dengan buku hijaiyah yang berwarna. Sebetulnya buku itu bukan untuk latihan membaca hijaiyah. Tapi buku mengenal huruf hijaiyah dengan menulis. Meski begitu, bukunya cocok juga untuk dibuat belajar membaca jadi Hizbi merasa tidak monoton. Alhamdulillah Hizbi menikmati mengenal huruf hijaiyah bersama suami. 

Baca juga zona 3 hari pertama

Sambil mengingat huruf hijaiyah pada bahasa arab suatu benda sekitar. Misalnya ba untuk baalunun artinya balon dan seterusnya. Saya terpikir dengan buku hijaiyah animal series agar lebih minat dengan huruf hijaiyah. Setelah membaca huruf hijaiyah sampai da, Hizbi beralih ke buku hijaiyah animal series. Meski sebelumnya sudah pernah tahu tapi masih ada yang lupa. Tak apa Hizbi, insyaAllah Ayah Bunda akan mendampingi belajar. Semoga proses ini masuk dalam suasana menyenangkan di pikirannya. 

Salah satu sarana menambah kedekatan interaksi dengan Al-Qur'an. Berharap, Allah melembutkan hati ini dengan istiqomah membaca dan melakukan tadabbur Al-Qur'an. Apalagi Hizbi sempat bertanya ke suami. Kenapa kok kita membaca Al-Qur'an? Yaa, supaya tahu karena Al-Qur'an punya banyak kisah di dalamnya. Sering-sering membaca, agar lebih tahu macam-macam seperti beberapa waktu lalu bermain sambil membaca kisahnya di Al-Qur'an. 

Alhamdulillah, presentasi kebahagiaan mengenal huruf hijaiyah hari ini adalah 99,8%. Kok menurun? Iya, dari persiapan yang direncanakan, lupa belum menyiapkan buku hijaiyah. Jadi suami mencari dulu di lemari. Tapi langsung ketemu, alhamdulillah. InsyaAllah, semoga family project di hari berikutnya bisa lebih baik. Senang dengan aktivitas hari ini.

Post a Comment

0 Comments