Read Aloud Buku Kisah Nabi | Zona 5 Hari ke-8

Sebelum read aloud, saya selalu meminta pendapat Hizbi tentang buku yang akan dibaca. Malam ini, saya baru read aloud buku tentang salah satu Nabi. Buku yang menjadi pilihannya sebetulnya tak terlalu cocok untuk kelompok usia Hizbi. Buku dengan bab tapi ada sedikit ilustrasi.

Read aloud hari ini, suka-suka Hizbi. Belum selesai satu halaman, sudah minta dibalik. Penasaran sama halaman berikutnya. Ada beberapa catatan tentang project hari ini, yaitu:

1. Bookish play

Hari ini tak ada kreasi sebagai teman membaca. Jadi lempeng baca saja.

2.  Read aloud

Proses read aloud buku kisah nabi dengan cara sesuka Hizbi. Hizbi yang memegang penuh bukunya, jadi dia leluasa membolak-balik.  Bentuk bukunya berupa bab. Hizbi yang memilih bagian halaman yang dibaca. Tak ada rekaman video hari ini karena Hizbi tak mau.

Media referensi hari ini adalah buku seri 24 nabi dan rasul teladan utama dengan judul nabi Musa dan Harun. Buku terbitan Sygma Daya Insani. Proses editing gambar hari ini menggunakan Canva.

Mungkin buku kisah nabi ini sebaiknya tak menjadi pilihan read aloud saat ini. Bentuk bukunya yang berbab-bab, kurang pas untuk kelompok usia 0-6. Read aloud buku kisah nabi jadi cepat-cepat. Belum selesai halamannya dibaca, sudah dibalik dan ingin berganti ke judul nabi yang lain. Tapi semoga keingintahuan Hizbi cukup terjawab bahwa ada buku dengan tulisan cukup banyak. 

Comments

Popular posts