Serunya Melatih Motorik Anak dengan Liburan ke Planet Mochi

Halo, assalamualaikum, teman!

Sebagai seorang lulusan teknik, aku tidak terlalu paham tentang pengasuhan anak. Biasa berhadapan dengan benda elektronik, bukan hal yang mudah saat berusaha memahami piranti mungil dan istimewa, ciptaan Allah. Meski sebelum menikah, sempat berprofesi sebagai pendidik di sekolah dasar, ternyata belum menjadi bekal cukup dalam mendidik. Sempat sih, mendengar istilah tumbuh kembang, sensori, motorik anak, potensi dan lainnya.

Melatih-motorik-anak

Semakin kesini, jadi sedikit tahu kalau ilmu mendidik anak terus berkembang. Tapi sebetulnya ada hal yang tidak berubah kan? Fitrah anak. Pola dasar atau bawaan yang dimiliki manusia sejak lahir yang berasal dari Allah. Fitrah anak yang sedang bertumbuh dan berkembang, sebisa mungkin terfasilitasi dan distimulasi orang tua dengan porsi yang tepat.

Baca juga: Merawat bakat anak.

Salah satu dari 8 fitrah anak adalah fitrah fisik. Anak pada dasarnya senang bergerak, aktif, suka eksplorasi hal-hal di sekitarnya. Tapi siapa yang suka pusing, kalau anak berantakin tiap sudut rumah bahkan sampai halaman rumah? Samaan dong. Hihi. Padahal, keaktifan anak itu ternyata bermanfaat untuk tumbuhkembangnya. Aktivitas yang bergerak kesana kemari akan melatih motorik kasar anak untuk keberlangsungan hidupnya. Sepenting apa sih motorik itu?

Berkenalan dengan Motorik

Aku baru saja menelusuri isi salah satu buku yang membahas tentang tuntas motorik. Buku yang ditulis oleh seorang psikolog, bernama Bu Ani Christina. Beliau menuliskan, bahwa motorik adalah sistem kerja tubuh yang sangat kompleks, berkaitan dengan gerak tubuh anak. Saat sensorik motorik tidak tuntas, maka akan terbawa hingga dewasa.

Padahal, aktivitas motorik merupakan media yang efektif dalam melatih perhatian dan konsentrasi anak secara bertahap. Ketika sensorik dan motorik sudah matang, anak akan nyaman dengan tubuhnya. Ketika anak merasa nyaman dengan tubuhnya, tentu akan berpengaruh dengan fokus aktivitas yang akan terasa mudah. Meski ada banyak faktor fisik dan psikis yang ikut mempengaruhi.

Jenis Perkembangan Motorik

Biasanya ada dua jenis perkembangan motorik, antara lain:

1. Motorik kasar

Butuh keseimbangan dan koordinasi antar anggota tubuh saat fisik bergerak menggunakan otot-otot besar. Apa contohnya? Berlari, berjalan, berlompat dan lainnya.

Motorik kasar

2. Motorik halus

Kemampuan yang berkaitan ketrampilan fisik saat melibatkan otot-otot kecil dan koordinasi mata serta tangan. Apa saja contohnya? Menggambar, menulis, menggunting, mengancing, bermain playdough atau adonan dan sebagainya.

Bermain Adonan untuk Melatih Motorik Anak

Sebetulnya kalau bermain dan melatih motorik anak, tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Saat ini, banyak bertebaran ide-ide bermain yang menarik dan mudah didapatkan di sekitar. Terlebih, jika kita ingin fitrah anak tumbuh dengan baik, bisa memanfaatkan segala hal yang ada di lingkungan atau alam sekitar.

Contohnya melatih motorik kasar dengan meniti papan, kita bisa ajak anak melintasi papan atau batu bata yang dihias sedemikian rupa. Saat melatih motorik halus, ada dough yang dijual di toko, tapi kita bisa memanfaatkan bahan di rumah untuk ber-DIY (do it yourself) dalam membuat dough ala-ala. Seperti yang dicontohkan dalam kegiatan liburan ke planet Jupiter yang diselenggarakan Paddle Pop dan Buumi Playscape.

Salah satu misi saat di planet Jupiter adalah membuat adonan yang bahan utamanya adalah tepung, kopi dan air. Seru banget kan? Aktivitas itu sebagai sarana untuk melatih motorik halus anak. By the way, dari tadi, aku sebutin Planet Jupiter, pada penasaran kan, maksudnya apa? Hihi.

Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop dan Buumi Playscape

Hari Sabtu tanggal 17 Juli 2021 kemarin, ada acara seru bareng keluarga artis. Keluarga yang juga perhatian dengan tumbuh kembang anak, yaitu Melki Bajaj. Pasti sudah enggak asing kan? Dulunya komedian itu, ternyata saat menyimak Kak Melki kemarin, masih lucu juga. Hehe.

Tapi sebelum acara tanggal 17 itu, masih ada rangkaian liburan lain di tanggal 3 Juli dan 10 Juli dengan keluarga artis yang berbeda. Qodarallah, aku baru bisa menyimak di tanggal 17 Juli. Ketika register untuk jadi peserta, ada arahan dari Paddle Pop berupa chat Whatsapp yang diarahkan untuk mengunduh file panduan acara.

Terbang ke Planet Jupiter

Acara liburan ke planet Mochi, membuat kita sebagai orang tua memasuki dunia imajinasi anak. Seru-seruan berimajinasi untuk terbang dari bumi menuju ke planet Jupiter. Terbangnya pakai apa? Apa perlu beli roket dulu? Pakai baju astronot? Enggak, ikutin aja gerak ulang alik alias senam sehat dipandu instruktur dari Buumi Playscape. Nah, di situ jadi sarana melatih ketrampilan motorik kasar anak ya, teman!

Misi ke-1 di Planet Jupiter 

Sesampainya di Planet Jupiter, akan menjalankan misi pertama. Apa itu? Moon dough pottery. Yeay, bermain adonan, anak mana yang tak tertarik? Bundanya saja senang. Hehe.

Nah, ketika membuat moon dough pottery, ada instruksi dari kakak instruktur Buumi Playscape. Menjelaskan alat bahan dan cara membuatnya. Apa saja alat dan bahannya?

  1. Tepung terigu (10 sdm)
  2. Kopi bubuk (1 sdm)
  3. Air hangat (10 sdm)
  4. Cetakan (pakai bintang)
  5. Rolling pin
  6. Wadah
  7. Gelas bermulut bundar

DIY-playdough

Cara membuatnya, tinggal campurkan semua bahan. Lalu dicampur dan dihaluskan dengan rolling pan. Setelah itu, tinggal dicetak deh, sesuai bentuk yang diinginkan. Apa saja manfaat dari bermain moon dough pottery? Melatih motorik halus, melatih kemampuan berhitung dan meningkatkan kreativitas anak. MasyaAllah. Sebelum lanjut ke misi kedua, ada fun fact tentang Planet Jupiter nih!

Fakta tentang Planet Jupiter

Serunya acara ini, bukan hanya bermain saja. Tapi ternyata ada penjelasan fakta yang menambah pengetahuan SAINS anak. Apa saja faktanya?
1. Jupiter adalah planet terdekat kelima dari matahari.
2. Jupiter adalah planet terbesar di tata surya.
3. Nama Jupiter diambil dari para raja dewa dalam mitologi Romawi.
4. Jupiter mempunyai cincin seperti Saturnus tapi sulit untuk dilihat.
5. Jupiter dikelilingi oleh 79 bulan.
6. Nama 4 bulan terbesar yang pertama dilihat Galileo pada planet Jupiter adalah IO, Europe, Ganymede dan Callisto.
7. Satu hari di Jupiter berlangsung selama 10 jam.
8. Jupiter adalah raksasa gas yang terdiri dari hidrogen dan helium.
Setelah menjelaskan tentang fakta-fakta Planet Jupiter, lanjut ke misi berikutnya.

Misi ke-2 di Planet Jupiter 

Misi kedua adalah alien eggs game. Hah, telur alien? Iya, membantu menyelamatkan telur-telur alien! Penasaran, apa saja alat? Ini dia, di antaranya:
  • Balon warna warni (10)
  • Glitter
  • Air 
  • Ember besar (2)
  • Kursi

Cara mainnya gimana? Meniup balon-balon (telur alien), lalu dimasukkan ke wadah yang berisi air dan glitter. Misinya adalah menyelamatkan atau memindahkan telur ke wadah lainnya. Seru kan, berbasah-basahan? Apalagi bisa melatih ketrampilan motorik anak saat memindahkan menggunakan kaki. Sekaligus melatih kemampuan berhitung.

Setelah selesai misi kedua, lanjut masih ada misi ketiga. Misi ketiga adalah misi terakhir di planet Jupiter.

Misi ke-3 di Planet Jupiter

Wah ini dia yang ditunggu-tunggu untuk segera eksekusi paddle pop mochi. Mochi sugar swirl adalah misi terakhir di Planet Jupiter. Mochinya mau diapakan ya? Bahannya apa saja nih? 
  • Paddle pop mochi choc vanilla
  • Gula halus
  • Susu
  • Pewarna makanan
  • Wadah atau mangkuk

Menghias mochi paddle pop sedemikian rupa. Mochi yang tak dihias saja sudah membuat tertarik, apalagi yang dihias dengan pewarna makanan. Hmm, nyummy! Sayangnya mochi paddle pop sudah meleleh, belum sempat dihias-hias. Jadi tinggal dimakan saja deh. Hehe.

Alhamdulillah, ketiga misi di planet Jupiter sudah selesai. Saatnya naik ke roket untuk kembali ke bumi. Ditemani kakak astronot berulang alik meluncur ke bumi lagi. Yeay, seru!

Meski hanya dari satu tayangan, tapi ternyata banyak melatih motorik anak. Liburan ke planet mochi bisa menjadi salah satu alternatif edukasi untuk bermain dan belajar di rumah. Teman-teman bisa nantikan acara seru dan edukatif lainnya dengan mengikuti akun media sosial Paddle Pop ya! Berencana untuk melakukan 3 misi di atas juga?

Post a Comment

1 Comments