Membuat Blog Plan dapat Tingkatkan Semangat Blogging

24 komentar

Assalamualaikum, teman! Tahun 2022 sudah di depan mata ya. Apa kabar pencapaian kita di tahun 2021 ini? Dalam catatan mom blogger ini, ada yang masih belum terealisasikan. Setelah diingat lagi, penyebabnya adalah kurang tertata dalam membuat blog plan. Tipe sepertiku, sangat perlu pengingat atau catatan rencana pribadi supaya semakin semangat blogging. Kalau tidak, jadinya ambyar. 
Terlalu asyik di dunia nyata, lupa dengan deadline job menulis dan tugas kelas Institut Ibu Profesional yang bersamaan. Istilah Jawanya, kemrungsung, saat mengerjakan. Terkadang, ada amanah komunitas yang butuh perhatian, mengendorkan rencana membuat postingan tulisan. Parahnya.... Padahal sudah diniatkan untuk menjadi mom blogger, tetapi karena kurang tepat dalam perencanaan, hasilnya menjadi tidak maksimal. 
Pentingnya membuat blog plan untuk blogger

Aku sudah merencanakan untuk merancang blog plan. Tetapi, rencana hanyalah rencana. Kurang greget, menentukan target tulisan. Jadilah beberapa bulan kemarin hanya tayang 3 tulisan di setiap bulannya. Hiks. 
Di tengah kondisi stagnan saat blogging, alhamdulillah dipertemukan dengan kelas gratis BRT Network. Ternyata ada materi tentang blog plan yang disampaikan oleh Mbak Marita Ningtyas. MasyaAllah, sesuai dengan yang aku butuhkan saat ini. Aku buat sedikit rangkuman di tulisan ini untuk semakin mengikat ilmu yang diberikan beliau.

Apa sih itu Blog Plan?

Kalau secara arti kata, blog plan adalah perencaan blog. Sesederhana itu ya, tetapi membuat blog plan-nya, tidak bisa sederhana menurutku. Hehe. Mengapa begitu? Karena saat membuat blog, sebaiknya sudah ada gambaran rencana arah proses blogging. Misalnya seperti tujuan, apa tujuan dari membuat blog? Ya mungkin benar untuk menyebarkan manfaat melalui tulisan, tetapi jika sudah mendapatkan itu, apa tidak ingin naik level lagi. Ibarat manusia, pasti ingin jadi lebih baik. Kemudian, merencanakan niche atau topik yang ingin dituliskan dalam blog, apakah parenting, teknologi, lifestyle dan lainnya. 
Hal yang jangan sampai dilewatkan untuk direncanakan adalah jadwal posting. Ini pengaruh sekali untuk keberlangsungan blog supaya nampak hidup. Tidak harus posting setiap hari, tetapi kalau sanggup, top deh. Melalui blog plan yang dibuat, secara tidak langsung kita bisa menyiapkan ide jauh sebelumnya. Selain itu, di dalam blog plan yang dibuat, bisa sekaligus menyiapkan outline agar tulisan lebih terarah dan tidak terlalu melebar bahasannya. 

Mengapa Membuat Blog Plan dapat Tingkatkan Semangat Nge-blog?

Seperti saat kita akan bepergian, pasti membutuhkan rencana. Begitu juga dengan blogging, pasti ada manfaatnya saat membuat blog plan. Apa saja itu?

1. Membantu konsisten posting

Saat sudah mempunyai jadwal yang direncanakan, otomatis kita berusaha untuk melakukannya. Adanya blog plan dapat membuat keteraturan dalam jadwal posting, misal sepekan 2 kali update.

2. Membantu update konten dengan seimbang

Jika niche blog beragam, bisa merencanakan update sesuai jenis niche dalam sepekan. Misal Senin parenting, Rabu kesehatan, Jumat keuangan dan sebagainya. Apalagi jika konsisten melakukan, akan ditunggu-tunggu oleh pembaca.

3. Menandai hari spesial

Adanya tanggal merah atau perayaan, ternyata bisa jadi topik tulisan yang hangat untuk dibaca oleh pembaca.

4. Menyimpan beragam ide

Seharusnya tidak ada alasan ide buntu saat menulis karena sudah menyimpan semisal blog plan dalam sebulan. Sepertinya aku perlu melihat-lihat lagi topik challenge menulis yang bisa dijadikan ide fresh lagi.

5. Menghemat waktu

Ini manfaat yang terasa banget saat ide tulisan sudah direncanakan dalam sebulan ya. Tinggal mencari referensi dan menuliskannya. 

Bagaimana Cara Merancang Blog Plan?

Sebetulnya ini kembali ke pribadi masing-masing sambil evaluasi kondisi blog dan kesibukan kita ya. Nah, jika berdasarkan jenis blog, ada beberapa macam nih, seperti:

1. Yearly atau tahunan 

perlu membuat blog plan supaya on the track

Bulan Desember ini, waktu yang tepat juga untuk evaluasi proses blogging setahun dan perencanaan selanjutnya. Misalnya jumlah pengunjung, nilai domain authority, upgrade skill blog dan sebagainya.

2. Monthly atau bulanan

Melakukan breakdown perencanaan setahun menjadi lebih detail dalam sebulan. Dalam rencana bulanan, bisa membantu menentukan jumlah artikel yang diposting, tema besar dalam bulan tersebut dan lainnya.

3. Weekly atau mingguan

Melakukan perencanaan lebih detail dari sebulan. Bisa untuk menuliskan referensi, rencanakan kategori dan lainnya, jadinya lebih terlihat rapi.

4. Dialy atau harian

Kalau kata Mbak Marita, bisa disebut sebagai perencanaan outline. Outline ini kalau di pelajaran bahasa Indonesia saat sekolah dulu, disebut kerangka tulisan. Isinya apa saja? Sesuai kebutuhan sih, tetapi bisa juga berisi tema, judul, tanggal terbit, latar belakang, tujuan, narasumber, referensi. 
Dialy blog plan untuk rencana blog harian

Tiap-tiap orang pasti punya ciri khas sendiri dalam membuat blog plan. Aku sempat bertanya cara pembuatan blog plan ke beberapa teman sekelas BRT Network. Ada Kak Irra Octaviany yang lebih suka membuat blog plan dengan cara manual, to the point dalam menuliskan. Perencanaan blognya sungguh membuatku kagum karena beliau ternak blog lho. Hehe. Aku sempat bertanya dengan Kak Muhammad Patintingan, beliau sempat memvisualisasikan blog plan-nya. Khas lelaki dengan nuansa hitamnya. Tetapi biasanya beliau ini rajin juga membuat perencanaan menggunakan excel. Wah rajin banget ya, pastinya lebih detail juga. 
Ada lagi Kak Lita yang detail membuat blog plan sekaligus tagline. Mantap deh, biar lebih terarah ya. Desain visualisasi dengan warna cerah, menambah semangat juga untuk menulis. Eh, tapi beliau juga masih sering tulis tangan dalam membuat blog plan. Kalau Kak Nurul Afiati mendesain blog plan dengan nuansa warna netral. Tipe merencanakan dengan hati-hati dan keren dalam membuat goals blognya. 

Penutup

Tidak ada aturan yang baku atau kaku dalam membuat blog plan. Tiap blogger mempunyai cara, pemikiran dan tujuan masing-masing dalam blogging. Kita sendiri yang menentukan kenyamanan, apakah merancang secara manual dengan menulis, berkreasi secara digital atau mencetak blog plan digital yang sudah dibuat. InsyaAllah ada tujuan untuk ingin menjadi blogger sejati ya.
Kira-kira, teman-teman sudah ada bayangan dalam membuat blog plan untuk tingkatkan semangat blogging? Yuk buat juga, boleh sharing di sini dong. Saling mendoakan ya, semoga yang direncanakan dapat terealisasi. Aamiin.

April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan praktisi read aloud. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Dapat dihubungi di april.safa@gmail.com

Related Posts

24 komentar

  1. masyaallah 😍 semoga tahun depan terealisasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin yaa rabbal alamin. Makasih Mbak, yuk belajar bareeng

      Hapus
  2. Hai Mbak..ini bagiku inspiring banget lho! Aku ingin nyoba bikin mumpung liburan sekolah jadi aku libur ngajar, perkara entar jalan yowes...namanya juga sedang berusaha gmn biar ngeblog tetep jalan meski sibuk.

    Aku noted ini, Mbak.
    Terbaik deh ❤️❤️

    BalasHapus
  3. Momen akhir tahun, selalu bacain blog plan kawan-kawan. Jadi ikutan semangat. Semoga performa blog kita tahun depan makin kece ya mba, ya minimal mempertahankan capaian terbaik tahun ini.

    BalasHapus
  4. setuju banget

    dalam hidup, kita selalu membuat planning

    termasuk dalam membuat blog dan nyemplung dunia blogger

    BalasHapus
  5. Terimakasih sharingnya kak, jadi mau bikin juga biar gak naik level, semoga lebih semangat daripada malesnya

    BalasHapus
  6. Aku jujurly nih, jarang banget bikin blog plan hehe, %jangan ditiru ya hehe%
    Saya seneng yang serba fleksibilitas dalam blogging, kecuali kalo dalam hal kerjaan utama adanya plan yang tertulis itu menurut saya penting banget. Untuk blog saya masih fleksibel tapi konsisten. Thanks info di atas kak berguna banget kok untuk blogger di Indonesia.

    BalasHapus
  7. Dengan perencanaan, kita biasanya terdorong untuk jadi lebih disiplin dalam mencapai target. Semoga dengan blog plan ini, semua yang diharapkan dapat terealisasi. Sharing yang sarat manfaat ini ngena banget di aku :D

    BalasHapus
  8. Pas banget momennya... Akhir tahun saatnya evaluasi dan buat plan utk 2022. Semoga bisa istiqomah... Konsistensi adalah koentji

    BalasHapus
  9. Bikin blog plan harusnya membantu kita untuk rajin dan rutin menjadwalkan update blog ya. Tapi meski udah bikin blog plan, aku hanya konsisten di awal aja, Abis itu ambyar deh, hihiii. Makasih ya sharingnya, menjadi reminder agar konsisten ngeblog

    BalasHapus
  10. wahh... keren amat pake blog plan jadi kita tahu mau nulis apa di waktu2 mendatang ya... keren keren.. aku malah tidak pernah memikirkannya selama ini. Keren juga idenya

    BalasHapus
  11. iya ya, penting banget blog plan itu
    biar kita bisa konsisten dan fokus ngeblognya

    BalasHapus
  12. Wuih, keren nih mbak pakai blog plan :) AKu kayaknya ga deh hihihi kaboooorrr! :D Kadang aku ngeblog spontanitas aja sih. Tapi bagus nih patut diikuti cara mbak. Konsisten, fokus dan percaya diri nulis insya allah membawa banyak manfaat untuk kita dan pembaca2 blog :)

    BalasHapus
  13. Blogplan ini bagus yaa jadi kita terarah dan terjadwal untuk memaintain blog milik kita, dan pastinya dengan begitu lambat laun traffic pun akan berdatangan yaa

    BalasHapus
  14. Membuat nlog plan akan menata aktifitas blogging semakin inspiratif dan tertata sesuai jadual dan istiqomah mengisi konten

    BalasHapus
  15. masyaAllah rajinnya mba, jadi tersulut nih untuk bisa bikin blog plan juga aku belum punya dari dulu hehehe

    BalasHapus
  16. Eh bagus juga ya dibikin blog plan, supaya ada semangat. Aku juga suka banyak rencana tapi ujungnya jadi males, ihiy. Kudu niru kak April nih biar makin produktif nulis

    BalasHapus
  17. Yang pasti jika kita membuat blog planner kita serius untuk selalu update artikel ya mbak keren sih jadinya performance blog ikut meningkat

    BalasHapus
  18. Saya juga tipikal yang suka buat perencanaan untuk konten blog,Mba. Pastinya dengan perencanaan akan menambah semangat untuk rutin nuis secara harian maupun mingguan kan.

    BalasHapus
  19. mbaaak, aku baru main ke sini nih hohoho. good luck ya mbak sudah bertahan sejauh ni, seneng deh bisa dikenal di sebelah :*

    BalasHapus
  20. Aaawww..kesentil aku baca ini. Langsung masuk To Do List walaupun nanti dilakukan atau tidak. Doain aja yaaaa ( loh)

    BalasHapus
  21. Nah, memiliki planning yang strategic termasuk dalam hal blogging pada dasarnya penting banget memang, ya, Mba? Sebagai dasar dalam membangun kedisiplinan dan konsistensi juga. Semoga apa yang sudah direncanakan bisa berjalan dengan lancar, ya. Kalo pun ada yang missed, wajar, tinggal sit back, review dan adjust. :) Semangat, kakak! :)

    BalasHapus
  22. saya sering bikin plan dan to do list jadi semua rencana bisa dilaksanakan sesuai timelinenya, tapi yang jadi masalah kadang suka lupa wkwkwkwk.

    BalasHapus
  23. Aku sepertinya butuh jg nih, karena udh makin malas bloging

    BalasHapus

Posting Komentar