Manfaat Internet untuk Aktualisasi Ibu Rumah Tangga

Hati berdebar menyambut kelahiran anak pertama setelah setahun menikah. Dengan kesadaran diri, saya mengambil keputusan untuk sepenuhnya mendidik anak sebagai ibu rumah tangga. Saya merasa siap menerima konsekuensi kelebihan atau kekurangan dari pilihan itu.

Memutuskan resign usai persalinan, tidak berjalan mulus dan indah sesuai bayangan saya. Rasa sedih berkepanjangan, kekhawatiran atau ketakutan, bercampur menjadi satu. Saya menarik diri untuk tidak banyak berinteraksi baik secara tatap muka atau di dunia maya. Tentu saja, saya merasa ada hal yang tidak beres dalam diri. 

manfaat internet dukung aktualisasi ibu rumah tangga

Namun, Allah masih mendatangkan dukungan tidak terduga dari lingkaran terdekat, hingga tenaga professional. Bangkit dari perasaan tidak menentu usai persalinan, bukan hal yang mudah. Saya menyadari terkena suatu sindrom yang terjadi setelah proses persalinan hingga mengalami kekhawatiran selama berbulan-bulan. 

Saat itu ada tekad untuk mengubah keadaan ketidakberdayaan. Suatu keinginan atau kebutuhan dalam diri sepertinya harus dipenuhi. 

Pemenuhan Kebutuhan Aktualisasi Ibu Rumah Tangga

Keinginan seseorang dalam menggunakan semua kemampuan yang dapat dilakukan untuk mencapai segala hal yang diinginkan disebut aktualisasi diri. Aktualisasi diri ini adalah suatu proses untuk mengoptimalkan potensi diri. Apakah ibu rumah tangga perlu mengoptimalkan potensinya? Tentu saja. 

Berawal dari rumah, ibu sebagai pusatnya peradaban. Ibu menjadi sekolah pertama bagi anak. Jika ibu mempersiapkan anak dengan baik, sama halnya dengan menyiapkan bangsa yang baik sejak awal. Jika potensinya tersalurkan dengan optimal, secara tidak langsung akan berdampak dengan aktivitas di rumah. 

Di era digital, proses aktualisasi diri dalam menjalani peran ibu rumah tangga, dapat dimaksimalkan dengan memanfaatkan media internet. Sudah bukan saatnya, profesi ibu rumah tangga dipandang sebelah mata. Saatnya ibu rumah tangga bangkit dengan memaksimalkan segala potensi yang dimiliki.

Menurut WHO, kesehatan mental merupakan kondisi kesejahteraan yang disadari suatu individu dengan kemampuan mengelola stres kehidupan secara wajar.

Untuk mempersiapkan hal itu, saya menyadari harus mempersiapkan banyak hal. Salah satunya adalah kesiapan dan kesehatan mental. Bagaimana anak mengenal emosi bahagia, jika saya sebagai ibu lebih sering mengedepankan mental ketakutan dan kesedihan?

Untuk mempersiapkan hal itu, saya menyadari harus mempersiapkan banyak hal. Salah satunya adalah kesiapan mental. Bagaimana anak mengenal emosi bahagia, jika saya sebagai ibu lebih sering mengedepankan mental ketakutan dan kesedihan? 

Saya harus bangkit memperbaiki kondisi diri. Saya mempunyai impian dan harapan, Bukan berarti dengan mencurahkan perhatian kepada anak dan suami, saya mengesampingkan kebutuhan diri.

Mengenal Aktualisasi Diri

Menurut seorang psikolog, Abraham Maslow, teori aktulasasi diri atau self actualization merupakan puncak dari pemenuhan kebutuhan seseorang. Berdasarkan teori Hierarchy of Needs dari Maslow, dijelaskan bahwa kebutuhan manusia terdiri dari 5 tingkatan dalam bentuk piramida. 

teori kebutuhan maslow aktualisasi diri

Kebutuhan paling dasar yang perlu dipenuhi manusia adalah kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Lalu dilanjutkan dengan kebutuhan terhadap rasa aman dan kebutuhan menjalin interaksi dengan cinta. Dilanjutkan tahap keempat yaitu kebutuhan terhadap sikap saling menghargai atau menghormati. Diakhiri dengan tahapan aktualisasi diri yang menjadi kebutuhan paling tinggi.

Tahapan puncak tersebut menjadikan seseorang ingin mengembangkan potensi yang dimiliki secara maksimal. Melampaui tahapan kebutuhan dipuji atau dihargai orang lain, demi mewujudkan tujuan yang lebih besar. Mempunyai keinginan untuk terus berusaha dalam menyalurkan potensi dan memberi kontribusi kepada sesama.

Namun, menurut pendapat para pakar psikologi yang lain, bahwa seseorang dapat mencapai aktualisasi diri meskipun ada kebutuhan yang belum terpenuhi. Menurut pakar psikologi tersebut, aktualisasi diri lebih menggambarkan sikap seseorang terhadap perkembangan dan kesehatan dirinya secara positif dibandingkan capaian kesempurnaan atau kesuksesan.

Alasan membutuhkan aktualisasi diri

Dari hasil riset yang dilakukan Maslow, dapat diambil kesimpulan bahwa setiap manusia mempunyai kebutuhan dalam diri untuk tumbuh dan berkembang. Potensi tumbuh dan berkembang itu berdasarkan kekuatan dalam diri atau lingkungan yang mendukung maupun menghambatnya.

Ciri-ciri orang yang memiliki aktualisasi diri

Rasanya terlihat sangat berbeda, orang yang mampu mencapai kebutuhan aktualisasi dirinya. Ada beberapa ciri yang ditunjukan oleh orang yang memiliki aktualisasi diri, antara lain:

  • Bertindak secara realistis, tidak gegabah dalam mengambil keputusan.
  • Mencintai diri sendiri dengan tidak membandingkan pencapaian orang lain.
  • Memiliki jiwa sosial dengan guyub rukun pada sekitarnya.
  • Lebih cenderung bersikap mandiri, tanpa mengenyampingkan kehidupan sosial.
  • Dapat membagi waktu dengan baik.

Manfaat Internet Membantu Aktualisasi Ibu Rumah Tangga

Ketika sadar ada kebutuhan dalam diri yang harus dipenuhi, maka saya flash back mengingat kembali visi misi dan tujuan hidup selama ini. Saya menata kembali niat awal dalam menjalani peran sebagai ibu rumah tangga. 

Alhamdulillah, kemudahan teknologi membuat saya terbantu mengakses segala informasi yang diperlukan. Saya dapat mencari ragam cara aktualisasi diri sebagai ibu rumah tangga yang sesuai dengan kebutuhan diri. Bukan menjadi bayang-bayang atau duplikasi orang lain. Beberapa cara tersebut, antara lain:

Mengenali dan memahami potensi diri

Seseorang dapat memutuskan hal tepat yang akan dilakukan, saat sudah memahami potensi diri. Bagaimana cara mengenali dan memahami potensi diri? Kita bisa mengambil manfaat internet dengan browsing mencari sumber referensi dalam mengenali potensi diri atau bisa mengakses platform temu bakat.

melacak potensi diri

Selain itu, secara sederhana kita dapat melakukan klasifikasi aktivitas di rumah yang membuat bahagia, bisa, dan suka saat mengerjakan. Begitu juga sebaliknya, aktivitas apa yang membuat kita tidak bahagia, tidak bisa dan tidak suka mengerjakannya. Kita lakukan evaluasi untuk menemukan benang merahnya. 

Mungkin saja kita suka bermain dengan anak, hingga menemukan metode baru dalam bermain dan belajar. Mungkin kita menyukai aktivitas mengobrol hingga dapat berjualan online dan menciptakan brand sendiri. Mungkin kita menyenangi aktivitas jalan jalan, eksplorasi wisata Madura, Bali atau lainnya dan membuat konten di sosial media. 

Menempuh pendidikan

Menjadi ibu rumah tangga, bukan berarti penghambat dalam menempuh jenjang pendidikan lagi. Apalagi pendidikan yang ditempuh untuk kebermanfaatan keluarga, terutama anak dan suami. Saat ini, ada banyak lembaga atau yayasan yang mengadakan pendidikan non formal, seperti pendidikan keterampilan.

Ketika kita sudah mengenali kekuatan diri, maka bisa menentukan jenis pendidikan untuk menunjang pengembangan diri. Misalnya saja pendidikan memasak, menjahit, pendidikan anak dengan metode Montessori atau lainnya. 

Kita bisa memilih menempuh pendidikan dengan cara daring atau luring. Jika memilih pendidikan secara daring, tidak perlu khawatir dengan kemampuan kecepatan internetnya Indonesia karena kita bisa menggunakan IndiHome dari Telkom Indonesia. Menurut Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia, IndiHome paling banyak diminati sekitar 67,54% dari total pengguna internet pada tahun 2021.

Bersosial atau berkomunitas

Bergabung dengan komunitas adalah alternatif termudah ibu rumah tangga untuk aktualisasi diri. Saat ini banyak bermunculan komunitas dengan aneka latar belakang dan tujuan. Kita dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan agar dapat terlibat aktif dalam mengaktualisasikan diri. 

Ada banyak komunitas yang tidak menjadikan syarat wilayah tempat tinggal untuk bergabung. Sehingga memudahkan kita untuk mengakses dan berkecimpung di dalamnya sesuai potensi yang kita sukai. Alhamdulillah, saya sudah merasakan manfaatnya. 

Salah satunya adalah bergabung dengan komunitas blogger. Di dalamnya, selain aktivitas sharing, terkadang diadakan workshop atau webinar untuk meningkatkan keterampilan sebagai blogger. Banyak blogger dengan berbagai niche blog berkumpul, ada yang travel blogger, beauty blogger, dan lainnya. Senang sekali bisa mendapat insight baru dari tulisan mereka.

Ketika mengikuti webinar, tentu membutuhkan kecepatan internet agar tidak terlempar keluar saat asyik menyimak materi. IndiHome membantu akses internet cepat dan tanpa batas selama saya berada di Surabaya ataupun Madiun. Setelah kepindahan saya ke Ponorogo, semoga tidak menjadi penghalang dalam mengakses internet bersama IndiHome.

IndiHome itu internetnya Indonesia

Selain itu, dengan berkomunitas, saya merasakan dapat menjadi diri sendiri. Saya mendapatkan tempat untuk berani menjadi diri sendiri dan menunjukkan jati diri. Ada salah satu komunitas yang memberikan saya kesempatan menjadi mentor teman sebaya. Ketika sudah melaluinya, ada kelegaan dalam diri. Saya merasa butuh untuk melakukannya lagi kepada lainnya.

IndiHome Membantu Perempuan Menjadi Produktif dan Beraktivitas Tanpa Batas

Sebagai penyedia layanan internet yang berkecepatan tinggi dan stabil, IndiHome turut aktif dengan program yang melibatkan partisipasi masyarakat. Empowering society merupakan salah satu tujuan IndiHome untuk terus bermanfaat tanpa batas dengan mengusung creativity, charity dan connectivity. Salah satu contohnya adalah mewujudkan pemerataan akses internet tidak hanya di Pulau Jawa, tetapi juga di luar Pulau Jawa, termasuk Papua.

Melalui program empowering society, IndiHome dari Telkom Indonesia hadir di Papua dengan program Wonderful Papua. Salah satunya, memberi dukungan kepada para perempuan hebat di Bumi Cenderawasih untuk menggerakan ekonomi dan industri kreatif. 

Selain itu, IndiHome juga hadir di Aceh memberi dukungan kepada perempuan hebat penggagas masyarakat desa Gampong Nusa. Perempuan tersebut adalah Rubama, bersama perempuan hebat lainnya, mampu mengubah sampah menjadi hasil kerajinan tangan. Hasil produknya untuk pemberdayaan masyarkat maupun komunitas di Aceh.

Saat ini, IndiHome hadir untuk membantu ibu rumah tangga menjadi produktif dan beraktivitas tanpa batas di rumah dengan pilihan kecepatan internet unlimited hingga 300 Mbps. Hal itu, tentu mendukung kebutuhan ibu rumah tangga agar tetap memenuhi kebutuhan aktualisasi diri.

Penutup

Dengan kemudahan teknologi, kita dapat merasakan manfaat internet untuk aktualisasi sebagai ibu rumah tangga. Niat, kemauan dan komitmen akan membantu memudahkan kita untuk menjalani peran penting dalam keluarga dengan bahagia. Bagaimana menurut teman-teman?
April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan praktisi read aloud. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Dapat dihubungi di april.safa@gmail.com

Related Posts

7 komentar

  1. Memang membutuskan menjadi ibu rumah tangga setelah lama kerja kantoran tuh keputusan yang berat. Perempuan juga perlu aktualisasi diri. Untung ada IndiHome yang mendukung emak-emak dari rumah.

    BalasHapus
  2. Iya resign dan jadi ibu rumah tangga full time itu keputusan cukup berat dan memang harus cari kesibukan agar tidak bosan dan monoton, dulu aku langsung beli laptop pas resign dan terjun jadi penulis hehe

    BalasHapus
  3. Untung ada jaringan internet lancar seperti Indihome jadi ibu rumah tangga juga bisa berkarya walaupun di rumah ya

    BalasHapus
  4. internet sudah jadi bagian dalam hidup kita yaa, termasuk untuk keperluan aktualisasi diri seperti belajar, bekerja, macem-maceem. btw saya juga pakai indihome, alhamdulillah lancaar buat ngurus kerjaan

    BalasHapus
  5. Internet menjadi bagian hidup para ibu di masa kini.

    BalasHapus
  6. Indihome sudah menjadi teman saya sehari2 dirumah hahahaha, mulai dari menjadi content creator sampai nulis blog, ataupun drakoran. Dan lancar aja sih serta banyak membantu

    BalasHapus
  7. Tanpa internet kita tak bisa ketemu disini dan saling mengenal ya, Mbak .. setuju banget deh .

    BalasHapus

Posting Komentar