Cara Seru Belajar Matematika Dasar Menggunakan Mortgage Calculator Money Game

“Aduh, aku nggak suka matematika.”

“Sulit banget sih, pelajaran matematika.”

Siapa yang tidak asing dengan kalimat seperti itu? Kalau sekarang sudah menjadi orang tua, pasti ada keinginan supaya matematika bukanlah momok yang mengerikan. Sejatinya, matematika bukan hanya berkutat pada rumus atau hafalan, kan?

Salah satu ilmu pengetahuan yang perlu dipelajari oleh anak dalam suatu jenjang pendidikan adalah matematika. Matematika tidak hanya memberi manfaat untuk kepentingan akademik saja lho. Di jenjang anak usia dini, belajar matematika juga dibutuhkan untuk perkembangan otak anak dalam hal kemampuan logika dan problem solving.

Pada anak usia dini, pembelajaran matematika dapat dilakukan melalui pengalaman bermain. Secara bertahap diawali dengan mengenal konsep angka melalui benda-benda atau pengalaman peristiwa yang nyata. Tentu saja dengan menyesuaikan kesiapan mental anak dalam mengenal konsep dasar berhitung atau matematika.

Lalu, bagaimana ketika anak sudah naik di jenjang berikutnya seperti sekolah dasar? Anak tetap perlu diberi pemahaman matematika dasar secara konkret dan bertahap. Belajar cara berhitung secara sederhana agar membantu menyelesaikan permasalahan yang membutuhkan hitungan di sekitarnya.

Cara seru belajar matematika dasar dengan mortgage calculator

Tips Belajar Matematika Agar Terasa Menyenangkan

Ada beberapa cara seru belajar matematika menyenangkan untuk anak usia SD, antara lain:

Meluruskan niat dalam belajar matematika

Niat menjadi awalan dalam melakukan suatu hal. Begitu juga dalam membiasakan anak belajar matematika. Bukan sekadar agar mendapatkan nilai bagus, tapi bisa menjadi niat agar anak dapat menambah pengetahuan dan manfaat dari bidang matematika. 

Contohnya saja berhitung dalam hal jual beli. Saat anak dapat menguasai matematika dasar, maka akan membantu perhitungan transaksi jual beli dan keuangan secara sederhana.

Menggunakan alat bantu benda

Anak masih membutuhkan hal yang konkret dalam belajar matematika dasar. Berhubung masih usia sekolah dasar, maka perlu diberi penguatan konsep berhitung secara konkret. Misalnya tentang perkalian, bukan sekadar hafal saja. Anak perlu paham dasar berhitung menggunakan benda-benda nyata di sekitarnya.

Lain waktu, saat anak belajar bangun ruang, maka kita juga bisa simulasikan membuat jaring-jaring bangun ruang atau memberi contoh benda yang sesuai. Hal itu tentu akan lebih membantu anak dalam memahami. Kelak akan berguna dalam keseharian anak.

Menggunakan game

Penggunaan gadget bagi anak usia sekolah dasar memang dibolehkan, tetapi jelas memiliki batasan. Apalagi sebagai orang tua yang sudah melek digital, sebaiknya mengarahkan penggunaan gadget untuk hal yang lebih bermanfaat.

Misalnya saja mengizinkan anak bermain game untuk mengasah kemampuan matematikanya. Memberikan anak kesempatan mengakses teknologi melalui game yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan kreativitasnya. Namun, tetap perlu kontrol kita sebagai orang tua. 

Mortgage Calculator Sebagai Sarana Seru Belajar Matematika Dasar

Ada banyak sarana untuk belajar matematika dasar secara seru dan menyenangkan. Salah satunya memanfaatkan teknologi game yang sudah tersedia. 

Mortgage Calculator merupakan suatu situs yang menyediakan berbagai permainan dengan konsep berhitung dasar menggunakan simulasi bisnis. Berbagai game yang disediakan dapat mengasah anak dalam hal literasi keuangan dan finansial dengan cara menyenangkan serta akses yang gratis. Kita dapat mendampingi anak memainkan berbagai game di https://www.mortgagecalculator.org/money-games/.

Ada beberapa kategori game. Tiap kategori masih ada banyak pilihan game yang bisa dimainkan. Kategorinya, antara lain:

  • Real estate games
  • Money games
  • Cryptocurrency games
  • Farming simulation games
  • Grocery store games
  • Restaurant simulation games
  • Business simulation games
  • Software development games
  • Office politics games
  • Environmental games
  • Other fun games

Ada beberapa game yang sudah dicoba dan terbukti menyenangkan, antara lain:

Supermarket numbers

Game ini mengasah keterampilan berhitung dasar. Anak-anak dapat melihat angka golnya di sudut kiri. Lalu, tugasnya adalah klik angka-angka agar bernilai sama dengan golnya.

supermarket number game aritmatika

Ada 10 level yang bisa dimainkan dengan tantangan tersendiri. Default dari angka tersebut jika tidak ada simbol numeriknya adalah penjumlahan. 

Cash back

Pada game cash back ini, anak-anak berperan sebagai kasir yang mempunyai tugas untuk menerima pembelian pelanggan. Anak-anak menghitung jumlah kembalian uang harus diberikan kepada pembeli. 

Ada 3 level game yaitu easy, medium, dan hard. Selain itu bisa diatur juga tampilan jenis soal dan jawabannya. Kalau tidak ditampilkan, maka tantangannya adalah menghitung sendiri nominalnya. Jadi benar-benar berlatih berhitung. 

game cash back melatih kemampuan berhitung anak

Mendapatkan sales terbanyak dengan waktu yang ditentukan adalah tujuan dari game ini. Perlu berpikir cepat dan gerak tangan yang lincah menjadi penentunya 

Burger shop

Burger shop merupakan game simulasi restoran. Anak-anak harus cepat dalam melayani pesanan pengunjung restoran persis seperti yang diminta. Hal itu dapat melatih gambaran tentang manajemen restoran. 

burger shop adalah game simulasi bisnis pemilik restoran burger

Anak belajar mulai dari mengetahui pesanan pelanggan, merencanakan resep burger, menyiapkan pesanan, menyajikan, memesan bahan yang habis hingga pelanggan yang merasa puas dengan layanan restoran. Jika pelanggana kecewa, maka akan langsung meninggalkan restoran. saat pelanggan puas, maka akan memberikan tips yang menambah skor anak-anak sebagai penjual.

Wind and solar

Game ini termasuk dalam kategori environmental games. Game yang mengenalkan tentang lingkungan alam yang bisa memberikan manfaat bagi kehidupan. Selain itu, game ini juga membantu anak dalam meningkatkan kemampuan matematika dasarnya. 

wind solar adalah game pengenalan lingkungan dan matematika dasar

Anak jadi menganalisa dan menyesuaikan penempatan kincir angin serta panel surya yang tepat. Perlu ketelitian dan kecepatan dalam memainkannya. Tujuan dari game ini adalah mendapatkan produksi (skor nilai) energi yang maksimal dalam waktu yang telah ditentukan. 

Code panda

Game code panda termasuk kategori software development games. Game ini untuk melatih anak dalam mengatur arah pergerakan yang harus dilakukan panda untuk mencapai bambu yang ingin dimakan.

 

codepanda adalah software development game mortgage calculator

Ada 32 level yang bisa dimainkan. Anak-anak menyusun arah yang sudah tersedia di sudut kiri dengan petunjuk jumlah arah yang telah ditetapkan. Jika sudah sesuai, maka panda dapat digerakkan dengan menekan tombol play untuk mencapai bambu yang diinginkan.

Penutup

Perlu cara seru belajar matematika dasar pada anak usia dini atau sekolah dasar. Orang tua bisa memanfaatkan perkembangan teknologi game seperti mortgage calculator sebagai sarana bermain dan belajar secara menyenangkan. Harapannya, anak lebih mudah memahami konsepnya dan tidak menjadikan matematika sebagai momok yang mengerikan. Tertarik untuk mencoba?

April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar