Jadi Serba Bisa Desain dengan Bantuan Canva

Kemudahan teknologi sekarang ini banyak membantu banyak hal. Salah satunya teknologi yang memfasilitasi untuk belajar desain grafis. Itu tuh, Canva. Salah satu software desain grafis yang membuat kita jadi serba bisa desain dengan bantuan Canva.

Canva merupakan platform desain grafis yang multi guna. Memudahkan kita untuk membuat konten visual grafis atau video yang bisa diakses secara gratis. Bisa akses melalui website atau mengunduh aplikasinya. 

Canva semakin populer karena bisa mencukupi kebutuhan desain grafis dalam pengelolaan media sosial, seperti Facebook, Instagram, Pinterest atau lainnya. Canva juga dapat digunakan untuk membangun sebuah website atau blog, membuat media pembelajaran, membuat desain keperluan UMKM atau bisnis, hingga memanfaatkan fitur AI (artificial intelligence) untuk menciptakan desain. Canva memang seseru itu. 

Bagi saya, Canva sangat memudahkan untuk membuat desain konten, karena beberapa kali berada di divisi publikasi atau humas suatu komunitas. Saya juga memanfaatkan Canva untuk desain tampilan di blog. 

Kemungkinan teman-teman blogger saya seperti blogger Malang, blogger Surabaya atau lainnya, ada yang memanfaatkan Canva juga. Namun, ada juga blogger yang menggunakan aplikasi desain selain Canva. Senyamannya kita saja dalam memanfaatkan berbagai aplikasi desain yaa. 

serba bisa desain dengan bantuan canva

Fitur Canva

Dengan deretan kegunaan yang menjanjikan, tentu didukung dengan segudang tools dan fitur yang memanjakan kita sebagai pengguna. Fitur-fiturnya mudah dipelajari dan digunakan siapapun. Beberapa fitur Canva, antara lain:

Template desain

Template desain merupakan fitur utama dari Canva. Canva menyediakan lebih dari 750.000 template siap pakai. Bahkan hampir setiap hari terdapat template baru.

Kita bisa memanfaatkan template tersebut lho. Sebaiknya kita mengubah template supaya tidak persis plek ketiplek yaa.

Adanya template bisa kita buat sebagai referensi, tanpa membuka web lain di Google, seperti Pinterest. Tentu saja menjadi lebih praktis dan mudah dalam membuat desain. 

Ilustrasi dan icon

Ketika mengubah template atau membuat desain baru, Canva menyediakan elemen untuk mendukung desain yang kita buat. Elemen seperti ilustrasi dan icon, tersedia lebih dari 900. Jika mencari ilustrasi 3D, seperti animasi, Canva juga sudah menyediakan. Kita bisa eksplor mencari ilustrasi dan icon sesuai kebutuhan. 

PDF editor

Canva bisa membantu kita untuk menyusun resume, CV, proposal, letterhead, dan berbagai dokumen lainnya. Di Canva kita dapat import file PDF lalu dijadikan tampilan desain online

Kita bisa mengubah file PDF dengan tambahan elemen-elemen lainnya

Canva live

Canva juga menyediakan platform video conference untuk mengadakan presentasi online. Presentasi jadi lebih interaktif karena audience dapat mengirim respon atau komentar secara langsung. 

Text customization

Canva bukan hanya fokus pada desain,  tetapi dapat membuat dokumen atau file tekstual lainnya. Fitur teks membantu pembuat dokumen menjadi lebih optimal. 

Kita bisa memilih menu text di sebelah kiri halaman editor, lalu memilih jenis font, warna, dan ukurannya. Kita bisa juga memberi tambahan animasi untuk menghasilkan dokumen yang lebih dinamis. 

Canva teams

Canva mempunyai fitur untuk menambahkan tim dalam membuat desain. Jika butuh kerja sama  dan komunikasi saat proses desain, fitur Canva teams bisa digunakan. Kita bisa mengundang orang lain dan mengatur akses editornya agar berkolaborasi ciptakan desain. 

Foto dan audio

Saat membuat desain dan membutuhkan elemen foto dan audio secara umum, Canva sudah menyediakan. Kita tinggal mengakses secara gratis. 

Fitur AI Canva

Canva terus upgrade, mengintegrasikan fitur AI ke dalam platformnya. Kita bisa memanfaatkan secara gratis juga. Beberapa fitur AI antara lain text to image, magic eraser, magic edit, magic design, magic write, dan masih ada yang lainnya.


Cara menggunakan Canva

Kita bisa menggunakan Canva di layar laptop ataupun smartphone. Caranya tidak jauh berbeda. Berikut ini, saya contohkan cara menggunakan Canva melalui laptop tanpa install aplikasinya

Membuat akun di Canva

Jika melalui browser, kita bisa masuk akun Canva dengan mengakses canva.com, lalu klik tombol sign up.  Kita bisa memilih mendaftar melalui akun Facebook, Google atau e-mail. Setelah membuat akun, kita sudah bisa langsung mengakses halaman awal Canva. 

Canva pun sudah siap kita kreasikan. Kita bisa mengatur jenis bahasa juga, misal menjadi bahasa Indonesia. 

login akun canva

Memilih ukuran dan jenis desain 

Canva menyediakan beragam template sesuai kegunaan. Kita tinggal memilih ukuran dan jenis desain yang sesuai kebutuhan. Ada jenis dokumen, konten media sosial, infografis, undangan, kartu dan lainnya. Di sini saya mencontohkan memilih template untuk Instagram post ukuran 1080x1350 piksel.

halaman beranda canva

Membuat desain

Setelah menemukan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Kita bisa melihat referensi di bagian template. Kita ketikkan kata kunci yang diinginkan, lalu mengubah sesuai selera. 

Saya contohkan ingin membuat desain untuk postingan blog tentang pengalaman pertama anak sekolah. Setelah saya menemukan template yang sesuai, saya ubah isi dan desainnya. 

desain infografis menggunakan canva

Saya menambahkan elemen baru, mengubah warna, huruf, dan tata letaknya. Kita bisa juga menghilang elemen dengan menekan tombol delete di keyboard atau tekan gambar tong sampah pada elemen yang terpilih. Nah, setelah diutak-atik, desain pun selesai dibuat. 

Download atau share desain

Selesai membuat desain, kita bisa download desain langsung. Pilih jenis file yang diunduh sesuai keinginan (misalnya PNG, JPG, PDF standar atau PDF cetak). Jika ingin mendapat koreksi dari teman, kita bisa share link hasil desain tanpa download.

Di Canva, desain yang kita kerjakan otomatis tersimpan dan dapat diakses kembali. Hanya saja, jika bukan Canva pro, maka akses template dan elemennya terbatas. Namun tenang saja, kita masih bisa menggunakan secara maksimal kok.

Penutup

Meskipun masih pemula dalam hal desain, kita bisa memanfaatkan kemudahan fitur yang disediakan Canva untuk membuat desain sendiri. Namun, tidak ada salahnya jga untuk meningkatkan skill desain supaya hasilnya lebih ciamik. Kita jadi bisa serba desain dengan bantuan Canva, siapa tahu sebagai jalan rezeki yaa! 

April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

5 komentar

  1. Aku kadang pakai Canva juga buat kolase foto atau cover artikel di blog, mbak. Memudahkan sekali ya dengan satu aplikasi seperti ini variasinya sangat banyak. Membuat presentasi aku juga pernah bikin, ternyata ga sesulit yang dibayangkan. Tapi aku belum join dengan tim nih hehehe nanti kapan2 deh. TFS ya.

    BalasHapus
  2. eh iya lhoo. aku kemarin utak-atik Canva dan ternyata canggih bener ya. semuanya ada di Canva. sekarang urusan desain nggak perlu minder lagi karena ada template yang sesuai kebutuhan. desain pun jadi lebih sat set

    BalasHapus
  3. aku juga pake Canvaa buat design instagram feed kak, mana sekarang udah bisa buat ngedit video juga yah. serba bisa di sini tuh, sampe bikin dokumen pdf pun ok

    BalasHapus
  4. Di Gandjel Rel Semarang baru saja ada kelas canva untuk para blogger, membantu banget untuk mempercantik artikel dan akun medsos kita ya jadi lebih menarik dan informatif tampilannya

    BalasHapus
  5. Waaah saya penggemar Canva juga, banyak membantu desain karena saya kurang pandai membuat desain dari nol

    BalasHapus

Posting Komentar