Jurnal Komunikasi Produktif Hari ke-13

Alhamdulillah semakin bertambahnya umur, insyaAllah perkembangan komunikasi Hizbi semakin baik. Tapi masih ada hal yang menjadi PR atau tanggungan untuk terus diperbaiki sambil introspeksi diri. Bisa jadi sikapnya saat ini karena meniru orang terdekat apalagi saya. Mengingat ada pepatah yang mengatakan, children see, children do. 

Jadi mewek nih, kalau refleksi sikap, perkataan atau emosi selama ini. Semakin terus belajar hingga hari ke-13 ini, rasanya seperti nagih untuk introspeksi diri. Mencari momen komunikasi produktif bersama anak dan jadi jurnal perkembangan dirinya dan saya.


Poin Pembelajaran

Hizbi terbangun saat adzan shalat Ashar. Sebetulnya, saya ada di sampingnya sampai adzan selesai. Tapi begitu mau beranjak, Hizbi merengek. Hizbi melarang saya untuk pergi. Saya katakan bahwa pergi untuk berwudhu sebentar dan buang air. 

Hizbi tetep pada pilihannya agar saya menemani. Baiklah, saya coba mempraktikkan komunikasi produktif untuk mengatakan apa yang kita inginkan bukan yang tak diinginkan. Saya berpikir, mungkin Hizbi minta ditemani sebentar, minta lebih dielus-elus, diajak bicara dan dibantu berdoa bangun tidur. Saya ikuti alurnya, mencoba menuruti. Bicara-bicara sebentar sambil menawarkan setelah shalat untuk makan roti bakar teflon.

MasyaAllah, kalau tak menuruti emosi dan keinginan sendiri, hasilnya memang lurus. Saya izin kembali ke belakang sambil mengajak Hizbi untuk bergantian buang air. Dengan senang hati dan menurut. Tak ada teriak-teriak, tangisan dan sejenisnya. Semoga Allah melembutkan hati saya untuk lebih peka dan memahami Hizbi.


Tantangan Berkomunikasi

Tantangan untuk hari ini adalah tetap sabar dan tidak terbawa emosi. Lumayan, butuh waktu yang tak sebentar agar Hizbi tak merasa terciderai egonya. Hizbi merasa dihargai pendapatnya. Alhamdulillah apresiasi diri dengan bintang 5 untuk proses komunikasi produktif hari ini.


InsyaAllah menanti momen besok untuk belajar selanjutnya. Masih kurang dua hari lagi menyelesaikan misi di zona 1. Semoga semangat belajar ini tetap terjaga seterusnya.



#harike-13

#tantangan15hari

#zona1komprod

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia



Post a Comment

0 Comments