Jurnal Komunikasi Produktif Hari Ke-4

Menurut beberapa situs parenting, ada beberapa tipe anak. Anak yang mudah adaptasi (grapyak atau bisa sok kenal sok dekat), anak yang butuh waktu beradaptasi dan anak yang punya kemauan sendiri dan butuh ekstra sabar dalam mendampingi beradaptasi. Hizbi termasuk anak yang butuh waktu dalam adaptasi karena begitu sudah nyaman, dia sangat menikmati suasana atau kedekatan dengan seseorang.

Temuan Komunikasi Produktif

Hari ini ada saudara yang datang karena suatu keperluan. Saudara yang disebut Pakdhe itu memang jarang sekali bertemu. Hizbi seperti biasa stay cool kalau ada orang asing. Disapa atau ditanya diam saja atau malah ditinggal. Duh, duh.

Padahal sudah di-sounding terus supaya mau menjawab atau minimal berinteraksi mata di tempat saja tanpa perlu berpindah. Tapi masih zonk, malu-malu. 

Saya: "Kalau diberi, ucapkan apa?"

Hizbi: (senyum-senyum)

Saya: "Lho, ayo bilang, Pakdhe mau pulang tuh. Bilang makasih ya."

Hizbi: (ketawa-ketawa sambil geleng-geleng)

Komunikasi produktif, belum berhasil dengan baik hari ini. Tapi biasanya untuk menambah semangat, sering mengapresiasi sikapnya yang sedikit-sedikit mau berubah. Mengingat-ingat lagi sikapnya yang sudah baik.


Tantangan Komunikasi

Saya seringnya gemes, pasang tampang sok galak dan sedikit pemaksaan. Salah sih tapi Hizbi sedikit berubah mau merespon meski gelengan atau melihat saja. Masih harus bersabar dalam komunikasi produktif ini dan terus mengingatkan dengan jelas.

Perolehan bintang apresiasi hari ini 3 dari 5. Saya dan suami masih harus terus mendampingi dan belajar melatih komunikasi produktif. Latihan dengan bertemu dan berinteraksi dengan lebih banyak orang dengan ragam usia. 


#harike-4

#tantangan15hari

#zona1komprod

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Post a comment

0 Comments