Asyiknya Membantu Menggunakan Pisau (Kemandirian Anak Hari ke-10)

Temuan hari ini seputar perdapuran. Hizbi di usia 3 tahun sudah tertarik dengan potong memotong baik menggunakan gunting ataupun pisau. Sejak usia 2 tahun diarahkan menggunakan gunting atau pisau dengan hati-hati. Seperti hari ini, jika saya melakukan food preparation untuk memetik dedaunan, Hizbi akan ikut membantu menggunakan pisau.

Kok sudah mengajarkan anak memegang pisau? Apa tidak ngeri melihatnya? Sempat ada perasaan seperti itu tapi mengingat bahwa ini ada masa eksplorasinya, maka harus diberi contoh untuk mendapat pengalaman positif. Selain itu, menggunakan alat-alat tersebut termasuk melatih motorik halusnya. InsyaAllah bermanfaat untuknya kelak.


Strategi mengarahkan membantu menggunakan pisau

1. Beri contoh penggunaan

2. Berpikir positif

3. Gunakan pisau yang tak terlalu tajam

4. Memberikan benda yang panjang atau besar dan mudah untuk dipotong. Contohnya, tahu, tempe, sosis dan sebagainya.

5. Antisipasi jika membahayakan tapi tidak terlalu panik.


Aliran Rasa Kesuksesan dan Tantangan

Alhamdulillah saya sih senang melihat Hizbi menikmati aktivitasnya. Meski harus tetap diawasi karena kadang malah merusak taplak atau potongannya berhamburan, tidak jelas. Sambil diarahkan dan diberi pengertian untuk membereskannya, walaupun tak sesuai ekspektasi juga. Tabarakallah, masyaAllah.


April Fatmasari

(IP Suramadu)


April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar