Bunsay#6 Zona 4 | Bermain Bola (Hari ke-4)

Hari ini terhitung, hari ke-4 di kelas bunsay#6 zona 4. Mau ngapain lagi ya? Baru hari awal-awal saja sudah mikir-mikir banget rencana aktivitas bersama. Terpikirkan dengan bermain olahraga atau bermain bola bareng Hizbi. 

Sebelum main bola, kami bertiga berjemur dulu. Menikmati sinar matahari pagi dalam sepi dan teriknya suasana Gunung Kendil di desa Pilangrejo, Madiun. Lumayan panas sekitar jam setengah sembilan, sambil menjawab pertanyaan-pertanyaan Hizbi yang penuh penasaran.

Sepulangnya berjemur, kami mampir sebentar ke saudara beberapa menit dan langsung pulang. Saat pulang, sebetulnya Hizbi sempat ingin bermain tutup mata seperti buku yang dibaca tapi nggak mau matanya ditutup. Lha gimana? Maunya kayak main sembunyi-sembunyian. Terus bosanlah, saya tawarkan untuk bermain bola. Ternyata Hizbi mau, ya sudah eksekusi main bersama sambil mengamati gaya belajar dan stimulasi kreativitas hari ini.

Saatnya mencatat beberapa hal tentang gaya belajar dan stimulasi kreativitas kelas bunsay#6 zona 4 hari ke-4, seperti berikut:

Proses kreativitas: 

Bermain bola bersama Hizbi. Hizbi menjadi pemain sekaligus wasit, begitu diajak main bola, langsung mencari peluit di tempat penyimpanan mainan.

Tujuan Belajar:

IC (Intelectual Curiosity)

Saling bertanya dan menjawab kenapa bola bisa menggelinding, apakah di dalam bola ada udaranya, kenapa bisa memantul

CA (Creative Imagination)

Hizbi membuat gawang idenya sendiri, katanya gawangnya melayang. 

AD (Art of Discovery)

Hizbi menentukan jalur bermain bola, di antara sela-sela antar pot. Jadinya bermain sambil merunduk-runduk. Selain itu menendang bola sambil berpose atau bergaya, dia yang menentukan.

NA (Noble of Attitude)

Mengingatkan Hizbi saat bermain ada aturan yang harus dipatuhi. Hati-hati saat menendang bola atau bermain.

Refleksi

Ada hal-hal yang mungkin di luar pikiran atau ekspektasi sebagai orang tua. Tapi jika benar-benar mengamati dan hadir penuh saat bermain, banyak yang bisa diambil hikmah tentang gaya belajar dan stimulasi kreativitas di bunsay#6 zona 4 hari ke-4 ini.

Alhamdulillah, bersiap untuk mengamati aktivitas besok. Semoga Allah mudahkan. 

Post a Comment

0 Comments