Zona 3 Bunda Sayang: Membacakan Nyaring

Alhamduliah mendapat suntikan semangat dari Bu Roosie Setiawan selaku founder akun instagram @readingbugs. Ya, pasca zoominar itu, rasanya masih terngiang-ngiang kalau minat baca saya sendiri masih rendah, gimana mau menularkan anak agar minat juga? Minimal mencontohkan dengan membuat lingkungan yang berinteraksi dengan buku. Inilah yang menjadi family project di hari kesepuluh di zona kecerdasan emosi dan spiritual.

Membacakan nyaring adalah salah satu hal yang mudah dilihat dan dirasakan oleh anak bahwa orangtuanya juga membaca. Jadilah family project kali ini adalah membacakan buku untuk Hizbi. Saya tawarkan buku bacaan yang ada di meja terdekat. Hizbi mengiyakan dan membuka halaman pilihannya. Lets read aloud.

Persiapan family project zona 3 bunda sayang hari kesembilan:

1. Mencari tahu cara read aloud

2. Memilihkan buku bacaan

3. Membaca ayat dan terjemahan Al-Quran

Eksekusi membacakan nyaring cukup membuat Hizbi antusias. Hizbi jadi lebih banyak ingin tahu dan bertanya hal-hal yang tidak tertulis di buku. Kalau mengingat pesan dari Bu Roosie, bahwa membacakan nyaring bukanlah menghabiskan membaca satu buku atau satu tema hingga selesai. Tapi membacakan nyaring adalah proses aktivitas membaca yang menyenangkan bagi anak. Jika anak tau dan merasa terpaksa, itu tak termasuk aktivitas read aloud.

Saya coba menjelaskan juga pada Hizbi dengan membacakan ayat dan terjemahan surat Al-Alaq ayat 1-4. Ayat-ayat tersebut sebagai bahan refleksi terutama untuk saya. Tentang membaca dan mempelajari yang Allah ajarkan.

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Alhamdulillah saya 100% senang melihat Hizbi menikmati aktivitas read aloud ini. Sambil membacakan nyaring, saya juga harus membaca buku untuk diri sendiri. Selain itu menambah bahan yang akan dijelaskan jika ada pertanyaan Hizbi terkait buku yang dibacakan. Semoga kebiasaan membaca ini bermanfaat untuk kita kelak. 

Comments

Popular posts