Zona 3 Bunda Sayang: Merawat Binatang

Ikan menjadi peliharaan Hizbi sejak beberapa hari yang lalu. Ikan apa yang dipelihara? Ikan lele yang diberi sama penjual ikan di pasar, saat belanja seafood segar. Ini ke sekian kali diberi, sebelum-sebelumnya berakhir mati ikannya. Jadilah saya dan suami mencoba berhati-hati merawat ikan ini.

Sewaktu melihat akun instagram @quranbasedplay, ada ide untuk menyayangi binatang. Yaa, sebelumnya memang sering tak melibatkan Hizbi dalam merawat ikan karena masih bingung juga pemeliharaannya. Khawatir kalau diobok-obok Hizbi. Pernah di rumah tetangga yang punya akuarium kecil, diobok-obok ikannya sampai mabuk. Duuh. Padahal ternyata kalau diberi tahu, di-sounding, diajarkan cara merawat, Hizbi akan menyimak dan meniru. Ini bisa jadi momen yang tepat bagi Hizbi untuk dekat dengan binatang, meskipun hanya ikan. Sekalian mengajarkan Hizbi untuk menumbuhkan fitrahnya dan mengenalkan salah satu sifat Allah, yaitu Ar-Rahman. Alhamdulillah menjadi family project di hari keenam zona 3 bunda sayang. 

Persiapan family project kali ini:

1. Merundingkan bersama

2. Menyanyikan sepenggalan lagu asmaul husna

3. Menjelaskan arti Ar-Rahman

4. Menyiapkan makanan ikan

5. Mengambil air untuk mengganti yang di dalam wadah ikan

Family project hari ke-5, Hizbi menjadi detektif.

Reaksi Hizbi untuk diajak eksekusi senang sekali. Hizbi yang mengajak-ajak Ayahnya untuk segera mengambil makanan ikan dan diberikan ke ikan lele. Suami membuang air yang di dalam wadah dan diganti dengan air baru. Hizbi ikut membantu menuangkan, kemudian memberi makan ikan. Setelah itu, saya beri apresiasi ucapan terima kasih bahwa Hizbi sudah menyayangi binatang. InsyaAllah disayang juga oleh Allah. 

Alhamdulillah family project di zona 3 bunda sayang hari keenam berjalan lancar dan menyenangkan. Apalagi Hizbi juga mempunyai inisiatif dan antusias dalam merawat ikan ini. Perasaan saya alhamdulillah 100% senang sekali. Hizbi saat ini juga mulai memahami bahwa makhluk hidup yang ada di sekitarnya adalah ciptaan Allah. 




Comments

Popular posts