Bunsay#6 Zona 4 | Siapa Namamu? (Hari ke-6)

Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang benar orang-orang yang benar!" (Terjemah QS. Al Baqarah ayat 31).

Ayat tersebut menjadi pembuka aktivitas belajar (bermain) bersama Hizbi. Di bunsay#6 zona 4 hari ke-6 ini, terinspirasi dari ibuk Uli dengan akun instagram @yulialatifah), saat berbagi kegiatan anaknya di story. Semacam pengenalan pre writing skill untuk anak usia dini. Di aktivitas ini, Hizbi lumayan bisa duduk manis agak lama karena saya libatkan persiapannya. Bukan hanya menyodorkan aktivitas saja untuk dikerjakan. Ada banyak yang bisa diamati dan disyukuri dari gaya belajar & stimulasi kreativitas Hizbi.

Aktivitas siapa namamu?, mengenal kembali tentang huruf-huruf yang merangkai nama Hizbi. Awalnya saya lakukan read aloud untuk ayatnya. Saya ulang-ulangi kata asma, saya sambungkan dengan kata asmaul husna yang Hizbi pahami. Asma berarti nama. Kemudian saya buat huruf "h" sebagai kata awal namanya untuk dibuat kolase dan membuat pola nama Hizbi dengan garis putus-putus sebagai aktivitas pre writing skill.

Bunsay#6 zona 4 hari ke-6, ada beberapa catatan dari yang saya amati, antara lain:
Proses kreativitas: 
Bermain siapa namamu? Dimulai dengan menyobek-nyobek kertas, mengelem, menempel dalam bentuk kolase dan menarik garis huruf. Sambil melakukan aktivitas saya membacakan nyaring ayat dan terjemahan. Saat saya membaca Alquran, Hizbi memilih membaca buku seolah-olah sebuah Alquran.
Tujuan Belajar:
IC (Intelectual Curiosity)
Saling bertanya, siapa yang memberikan nama ke Hizbi. Bahkan sebelum lahir, Allah sudah tau nama Hizbi. Hizbi malah bertanya saat di perut saya.
CA (Creative Imagination)
Sobekan kertas kecil untuk kolase, awalnya malah dibuat sebagai salju-saljuan oleh Hizbi bukan untuk ditempel.
AD (Art of Discovery)
Hizbi menempel kolase bukan langsung mencampur warna kertasnya. Tapi memilih warna merah dulu, disebar baru kemudian warna hijau. Meski tidak penuh, akhirnya saya juga yang merapikan dan sedikit menyelesaikan. 
NA (Noble of Attitude)
Mengingatkan Hizbi agar merapikan kertas-kertas yang berserakan setelah belajar (bermain) supaya mudah jika ingin mencari lagi. Alhamdulillah mau membantu sedikit-sedikit. 
Refleksi
Ada banyak hal yang bisa dipelajari bersama, terutama belajar (bermain) langsung dengan inspirasi dari ayat-ayat Alquran.

Alhamdulillah, bunsay#6 zona 4 kali ini mengingatkan saya untuk kembali tadabbur ayat Alquran. Semoga proses mengamati gaya belajar & stimulasi kreativitas hari esok lebih baik.

Post a Comment

0 Comments