Read Aloud Ebook Ransel Ajaib | Zona 5 Hari ke-10

Ebook jadi selingan baca buku cetak selama sepuluh hari ini. Pilihan ebook hari ini dari laman seru setiap saat. Tantangan hari ke 10 ini, membaca buku sama saudaranya lagi. Memang sih, baca ebook jadi duduk diam manis gitu. Visual digital sepertinya mampu jadi magnet perhatian anak. Ini ketiga kalinya Hizbi baca ebook. Semoga nggak bikin kecanduan minta baca lewat gawai. Hihi. 

Kapan hari, sewaktu saya ajak baca buku, Hizbi sempat bilang untuk baca pakai gawai. Tapi saat itu tidak langsung mengiyakan karena sebelumnya sudah baca ebook. Saat hari ini baca ebook, sepertinya juga tak yang terlalu heboh saat melihatnya. Alhamdulillah nambah pengalaman lagi read aloud ebook.


Beberapa catatan read aloud hari ini, antara lain:

1. Bookish Play

Judul bukunya adalah ransel ajaib, jadi mempersiapkan tas punggung yang biasa digunakan Hizbi. Sambil membaca, sambil peragakan memmbawa tas/ransel seperti di cerita. 

2. Rekaman Read Aloud

Tadi tak ada rekaman karena gawainya digunakan untuk read aloud ebook. Meski begitu, proses interaktif tanya jawab, saya usahakan. Hizbi juga sepertinya masih berusaha mencerna cerita yang saya bacakan.

3. Apresiasi

Apresiasi yang direncanakan di awal membuat bendera literasi. Tidak membuat bendera hari ini, hanya ucapan terima kasih sudah mau membaca bersama.

Media referensi membaca di tantangan hari ke-10 ini adalah salah satu ebook yang disediakan laman seru setiap saat. Judulnya adalah Ransel Ajaib, penulis dna ilustratornya adalah seorang anak berusa 6 tahun. Media digital yang saya gunakan untuk mengedit adalah Canva.

Alhamdulillah, read aloud ebook berjudul Ransel Ajaib, berjalan lancar. Penuh antusias dan mengalir dengan interaktif tanya jawab. Ada catatan untuk saya dalam aktivitas melakukan read aloud hari ini. Jadi bahan refleksikan saya untuk hari selanjutnya. Alhamdulillah, MasyaAllah, semoga besok berjalan lancar dan lebih baik.




Post a Comment

0 Comments