Read Aloud Sains dari Alquran | Zona 5 Hari ke-6

Siang tadi, Hizbi tak tidur dan dia semangat ambil dan mau baca buku. Alhamdulillah, kesempatan ini untuk rekam jejak read aloud di hari ke-6. Begitu Hizbi sudah duduk manis memangku buku, saya bersiap-siap dan ambil gawai. Tapi tiba-tiba Hizbi nyeletuk, "Harusnya kalau baca ya baca aja, nggak usah direkam."

Hihi. Hizbi memang bener banget, tapi ini kan demi tugas Bunda juga, eh. Dari beberapa pilihan buku yang dibuka dan dibolak-balik sama Hizbi. Akhirnya terpilih read aloud sains dari Alqruan. Buku yang lebih banyak tulisannya tapi Hizbi senang karena informasinya bagus, ilustrasinya juga ada yang foto dan gambar kartun. Buku tentang sains dari Alquran, meski lebih banyak teksnya daripada gambar.

Read Aloud dengan ayat Alquran. Bisa digunakan ide bermain bersumber dari Alqura

Beberapa catatan dari read aloud hari ini, antara lain:

1. Bookish Play

Berhubung tadi Hizbi minta dibacakan bab laba-laba, saya buatkan seolah rumah jaring laba-laba dari bahan yang ada saja. Gambaran rumah laba-laba yang mudah rusak tapi cepat juga membuatnya lagi. Ternyata bisa juga menjadi ide main yang bersumber dari Alquran. 

2. Proses Read Aloud

Read aloud saya awali baca ayat dan terjemahan Alquran. Setelah itu, membaca teks buku dan menjelaskan gambar. Tak ada rekaman video hari ini. Read aloud sains dari Alquran, membaca 2 bab di buku tersebut.

Media referensi read aloud hari keenam ini adalah Alquran terjemahan dan buku Amazing Cerita-cerita Sains Terbaik dari Alquran. Alhamdulillah Hizbi menikmati dan menyimak ayat maupun ceritanya. Tertarik saat mencari surat ataupun ayat dalam Alquran. Tertarik juga dengan gambar dan penjelasan fakta pengetahuan sains. 



Post a Comment

2 Comments

  1. mbak gimana bahasanya pas reas aloud apa seadanya gitu atau diimprov gitu nggak mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai teks buku Mbak. Mungkin kalo ada pertanyaan dari anak, baru improve...

      Delete