Read Aloud Seru Setiap Saat | Zona 5 Hari ke-5

Ada yang beda dari aktivitas read aloud hari ini. Sama-sama read aloud sih tapi coba media lain. Hari ini read aloud menggunakan media digital dari akun instagram @serusetiapsaat. Dari judulnya terlihat seru ya? Memanfaatkan literasi digital seru setiap saat yang merupakan kumpulan ebook. E-booknya bukan hanya cerita fiksi tapi ada nonfiksi, kisah teladan/tokoh islam. 

Hizbi awalnya penasaran juga, diajak baca tapi kok Bundanya ini buka gawai. Hihi. Sekalian mengenalkan ke Hizbi kalo ada bahan bacaan menarik yang bisa dibaca di gawai. Hizbi tertarik banget dari ilustrasinya, nggak biasa. Hizbi ingin membuat kreasi juga, terinspirasi dari ilustrasi itu. Jadilah kami bebikinan dulu, setelah selesai, baru read aloud seru dari ebook.

Baca juga: Read aloud tingkatkan kompetensi emosi

Rekam jejak read aloud di hari kelima tantangan zona 5, antara lain:

1. Kreasi bookish play

Buku yang dijadikan read aloud tentang air dengan ilustrasi awan. Kami pun bebikinan membuat kreasi awan dari kapas, tempel di kertas lalu diwarnai dengan cat air. Hizbi tertarik dan antusias membuatnya.

2. Rekaman read aloud

Read aloud hari ini tidak direkam karena gawai dipakai baca. Jumlah halaman ebook read aloud seru setiap saat hanya 6 lembar. Cepat bangetlah selesai baca ebook pilihan Hizbi.

3. Apresiasi

Mengapresiasi Hizbi dengan membuat kreasi bersama lagi pasca read aloud. 

Media referensi read aloud hari ini adalah ebook yang didownload dari akun website www.serusetiapsaat.com. Judul bukunya adalah air. Penulis dan ilustrasinya langsung dari ide anak perempuan berusia 6 tahun bernama Alisha Amira Fahima. Selain itu, saya mengedit gambar menggunakan Canva. Alhamdulillah Hizbi menikmati read aloud seru dari ebook seru setiap saat. Singkat tapi cocok untuk usia Hizbi yang masih 3 tahun, supaya tak berlama-lama menatap layar gawai.

Post a Comment

2 Comments

  1. Assalamu'alaikum Hizbi 😊
    Terima kasih sudah membaca bukunya Alisha 🙏
    Salam kenal dari Alisha ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam

      MasyaAllah, salam kenal Kak Alisha. Terima kasih sudah membuatkan ceritanya 😍

      Delete