Read Aloud dan Role Play | Zona 5 Hari ke-4


Read aloud ketiga di tantangan hari keempat ini durasinya lebih panjang sedikit dari sebelumnya. Buku yang akan dibaca Hizbi adalah salah satu favoritnya. Buku cerita anak seri Kendaraan Penyelamat. Sejak sarapan pagi sudah berulang kali di baca. Benar-benar tak bosan.

Sebelumnya, saat read aloud, kami duduk lesehan di bawah jadinya lebih leluasa. Tapi berhubung hari ini berencana read aloud dan role play, dibuat setting duduk menggunakan kursi. Kursi untuk apa? Untuk duduk seperti di kendaraan. Hihi. Barang-barang ibarat di ilustrasi cerita juga dipersiapkan untuk mendukung role play, meski nggak mirip banget. 


Ada beberapa catatan dari jejak read aloud hari ini. Sedikit berbeda dari hari sebelumnya, alhamdulillah. Beberapa poin penting hari ini, antara lain:

1. Role Play

Hizbi mengatur setting tempat yang digunakan sebagai read aloud. Saya ikuti imajinasinya selama masih wajar. Hehe. Selain itu, menyiapkan selang air dan handy talkie dari kardus. Saat ada sesi naik-naik di dalam cerita, Hizbi juga meniru naik meja, menyemprot dengan selang, memanggil mobil dan lainnya. Sesi read aloud kali ini lebih interaktif dan seru.

2. Rekaman Video Read Aloud

Lagi-lagi, awalnya Hizbi tak mau dibuat rekaman video. Tapi ternyata saat mulai read aloud dan role play, berjalan natural. Hizbi berekspresi dan eksplorasi sendiri. Ada beberapa adegan yang saya potong.

3. Apresiasi

Awalnya berencana memberi apresiasi dalam bentuk bendera literasi. Tapi hari ini Hizbi menolak. Baiklah tak apa.

Referensi buku yang dibaca hari ini, diterbitkan oleh penerbit Bestari. Judul bukunya yaitu Billy dan Mobil Pemadam Kebakaran. Buku yang cocok untuk Hizbi di kelompok usia 0-6 tahun. Media digital untuk mengubah video adalah video editor sedangkan edit gambarnya menggunakan canva.

Read aloud dan role play, perpaduan yang membuat aktivitas read aloud jadi lebih menyenangkan. Meski agak sedikit ribet menyiapkan tapi Hizbi benar-benar menikmati proses hari ini. Alhamdulillah, semoga besok berjalan lancar.


Comments

Popular posts