Review Buku Ngeblog dari Nol, Jaga Konsistensi Blogging

Awal tahun lalu aku memutuskan untuk lebih belajar menekuni blog. Mencari aktivitas baru di masa pandemi. Memulai ngeblog dari nol, modalnya adalah mempunyai tulisan di blog sejak zaman kuliah. Hehe.

Padahal tulisan zaman kuliah isinya cuma beberapa paragraf atau catatan kuliah. Hehe. Tapi merasa sayang saja kalau blog dibiarkan begitu saja. Sehingga aku nekat membeli domain blog agar terpacu untuk belajar.

Lalu ikut beberapa kelas blog dan mencari informasi lain di internet. Semakin belajar, ternyata bertambah banyak hal baru yang terus berkembang tentang blog. Tetapi aku merasa ada yang kurang saat belajar dari internet karena hanya sepotong-potong.

Teringat pesan Magika Hamidah di kelas bunda cekatan Institut Ibu Profesional, saat mencari informasi belajar sebaiknya dari sumber yang valid. Salah satu sumber valid adalah narasumber ahli atau buku teks. Aku sudah menemukan beberapa e-book tentang blog di Ipusnas, hanya saja kurang betah membaca di layar ponsel pintar.

buku bagus untuk ngeblog dari nol

Nah, saat buku sosmed IG atau FB (aku lupa), ada info open pre order buku tentang blog. Buku yang akan memandu belajar blogging untuk pemula. Apalagi ada bonusnya, berupa blog planner. Wah, aku tertarik untuk memesan dong.

Penasaran bukunya apa, teman? Langsung saja ya, aku sedikit review tentang bukunya.

Spesifikasi Buku Ngeblog dari Nol

Ini dia, judul bukunya. Buku panduan ngeblog dengan dominan warna putih dan kombinasi merah yang langsung menarik perhatian begitu aku membuka bungkusnya. Buku ini karya ketua IIDN dan dua punggawa lainnya. IIDN adalah komunitas ibu-ibu doyan nulis.

Detail spesifikasi bukunya sebagai berikut:

  • Sub judul: Panduan lengkap belajar blogging untuk pemula
  • Penulis: Widyanti Yuliandari, Alfa Kurnia, Nunu Amir
  • Cetakan: Pertama, September 2021
  • Penerbit: Wonderland Publisher
  • Jumlah halaman: 181

Buku ini praktis dibawa-bawa. Tidak terlalu besar dan tebal. Pas gitu. Aku sempat membawa di tas, dari Madiun ke Surabaya karena belum selesai membaca waktu itu. Oke saja, diselipkan di dalam tas, berkumpul dengan buku anak yang dibawa. Hehe.

Isi Buku

Buku ini isinya sangat padat dan rasanya penting semua untuk pemula sepertiku. Buku yang terdiri dari delapan bab, dilengkapi dengan beberapa tambahan bab lain. Bab tambahannya seperti prakata, daftar isi, profil penulis, tentang komunitas ibuibu doyan nulis, antologi yang pernah diterbitkan dan lampiran contoh, topik tulisan. Wow, tambah penasaran dengan isinya, kan. Coba sedikit aku jabarkan.

Delapan isi bab buku Ngeblog dari Nol, antara lain:

  1. Why blogging?
  2. Step by step membuat blog
  3. Membangun konten blog untuk blogger pemula
  4. Tips ngeblog untuk pemula
  5. Berbagi cerita, jatuh bangun blogger pemula
  6. Blog berbayar atau gratisan?
  7. Memilih hosting andal
  8. Memilih niche blog

Buatku yang perjalanan blog baru setahun, membaca buku ini, tetap mendapat ilmu dan insight baru. Apalagi tentang hal mendasar seperti membangun konten blog dan tipsnya. Rasanya mendapat suntikan motivasi lagi.

daftar isinya buku panduan blog untuk pemula

Cuplikan tips ngeblog untuk pemula

Pembahasan tentang tips ngeblog bagi pemula ini nampol banget di aku. Hal itu jadi salah satu pemantik untuk terus merawat konsistensi menekuni dunia blogging. Kenyataannya, ngeblog bukan sekadar menulis, ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan dan diperbaiki agar performa blog tetap baik. 

Blog akan baik pada pemiliknya, ketika sang pemilik telah berbuat cukup baik juga kepadanya.

Mbak Widyanti Yuliandari menuliskan beberapa hal penting merawat konsistensi saat ngeblog dari nol, dalam buku ini. Apa saja itu?

1. Mempunyai visi

Sebaiknya kita mempunyai visi atau tujuan jelas saat memutuskan sebagai bloger. Bagaimana gambaran blog dan diri kita sebagai bloger di masa yang akan datang?

2. Membuat rencana

Ketika kita membayangkan diri kita dan blog di masa yang akan datang, maka kita butuh rencana. Sebaiknya membuat rencana atau rancangan yang SMART (specific, measurable, achievable, realistic, timeable).

3. Asyik menikmati blogging

Keasyikan itu adalah ruh dari setiap aktivitas yang disenangi ya, sepertinya? Ketika kita menikmati aktivitas ngeblog, tentu akan berdampak pada jangka panjang.

4. Menyadari tahapan tiap proses

Tidak ada sesuatu yang instan di dunia ini. Makanan instan juga butuh proses dimasak dulu supaya bisa dihidangkan. Begitu juga dengan blog, ada tahapan untuk sampai di proses bloger berpengalaman. 

Bonus buku

Membeli buku ini, otomatis tiap kita akan mendapatkan bonus. Bonus yang didapat untuk melengkapi buku yang padat gizinya. Alhamdulillah, sebuah blog planner untuk menuliskan rencana harian atau pekanan dalam posting tulisan. 

bloger planner dari buku ngeblog dari nol

Kesan Setelah Membaca 

Buku ini paket komplit untuk siapapun yang ingin menjadi bloger. Selain 3 penulis yang disebutkan tadi, ternyata buku ini memiliki kontributor lainnya lho untuk mengisi suatu bab. Ada beberapa bloger pengalaman nan senior, seperti Lusiana, Deddy Huang, Ditya Pandu, almrh. Wijatnika Ika, Caroline Adenan.

Secara isi ataupun fisik, buku panduan ngeblog untuk pemula ini juara deh. Dari teknis membuat blog sampai contoh menulis konten, tersedia di buku. PR selanjutnya adalah mempraktikkan. 

Bagi pemula yang ingin memulai jalur sebagai bloger, buku Ngbelog dari Nol ini cocok untuk panduan. Bagiku yang masih pemula juga selama setahun ini, buku ini sebagai penyemangat untuk terus berproses menjadi bloger sejati. Nah, segera miliki bukunya dan dapatkan panduan kecenya yaa, teman-teman. 


April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan praktisi read aloud. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

18 komentar

  1. Guru sekolah anakku waktu ini wapri minta dijarin ngeblog, jadi malu aku..mending dikadoin bukun ini aja ya biar belajar sendiri buku ngeblog dari nol

    BalasHapus
  2. menarik nih bukunya, sepertinya aku membutuhkan buku ini deh. pasti banyak hal-hal seputar blog yang terlewat di aku. uhuhu
    apalagi penulisnya kece2 semua uy,

    BalasHapus
  3. Wah, selamat mbak! Hayuk kita konsisten sama-sama belajar ngeblog yah. Emang bukunya mbak Wid dan temen-temen IIDN kece banget

    BalasHapus
  4. Semoga ngeblognnya konsisten ya. Karena banyak bermunculan blogger baru, tapi banyak pula yang tidak lama setelah itu kembali tenggelam.
    Ngeblog memang tidak seperti yang dibayangkan, menulis lalu dapat uang. Ada banyak hal yang harus diperjuangkan di balik semua itu

    BalasHapus
  5. Gara-gara buku ini kalau saya jadi semangat ngeblog lagi. Apalagi masuk wag, makin terpacu untuk rutin ngeblog meski ada bolong2nya karena kesibukan

    BalasHapus
  6. Jadi ingat buku ini dipinjam seorang teman, dan belum dibalikin lagi. Duh siapa ya yang pinjem kok lupa, wkwk. Buat pemula memang oks banget bukunya.

    BalasHapus
  7. Wah, saya belum punya buku ini. Penting untuk jadi panduan bagi newbie seperti saya sepertinya ya. Ternyata memang perlu ya untuk konsisten menulis. Mudah-mudahan kita sama-sama terus semangat belajar ya Mbak..

    BalasHapus
  8. Ngeblog harus menyenangkan dan tetap dengan memiliki timeline yang baik agar blognya sehat dan terawat dengan baik untuk jangka panjang.
    Senang sekali ada buku panduan menulis blog dari nol. Akan sangat bermanfaat sekali panduan dan step by step-nya. Pun untuk blogger yang sudah konsisten menulis.

    BalasHapus
  9. Bagus bukunya. Bab I aja udah bikin penasaran. Why Blogging? Iya, kenapa? Dengan tahu alasannya, jadi lebih termotivasi ya...

    BalasHapus
  10. Wah yuk yuk semangat ngeblog. Saya juga blogger newbie kok. Kalau blog udah TLD lebih semangat lagi. Apalagi kalau jalan blog bisa jadi uang udah kebuka.

    BalasHapus
  11. Wahh bukunya IIDN!
    Yes, buku ini emang penting banget buat blogger
    Banyak ilmu blogging yang menarik

    BalasHapus
  12. Aku punya aku punya bukunyaaa,,, ngeblognya udah mulai rutin apalagi ikutan challenge 30 hari nulis, tapi plannernya nggak banyak diisi itu gimana hahahaha :D

    BalasHapus
  13. Konsisten. Emang bener sih ini tuh hal yang penting banget dalam ngeblog. Makjleb karena saya sendiri pun masih belum konsisten. Semangatnya masih naik turun. Hiks.

    BalasHapus
  14. Menjaga konsistensi ngeblog itu kadang memang susah ya mbak. Kalau mood Kita sedang buruk, malas melanda. Memang perlu ya kak bacaan buku yang memotivasi begini

    BalasHapus
  15. Ndaging semua nih isi bukunya, cocok dijadikan panduan bagi bloger pemula, bahkan bagi bloger lawas yang ingin terus upgrade pengetahuan. Biar makin tau mau dijadikan niche apa nih blognya misalkan mau bikin blog baru lagi.

    BalasHapus
  16. ngeblog sekarang memang tidak bisa asal-asalan lagi kalau ingin menjadikannya sebagai profesi. kayak profesi lain dunia blogger juga selalu berkembang dan aku salut banget sama teman-teman yang selalu mengupgrade dirinya dalam dunia blogging ini

    BalasHapus

Posting Komentar