Memasak Praktis dengan Food Preparation untuk Seminggu

Saya baru full terjun ke dapur pasca menikah. Sempat tinggal bersama ibu mertua yang banyak membantu dan membimbing serba serbi di dapur karena beliau ibu rumah tangga. Beda dengan ibu saya yang masih bekerja saat itu, sekitar tujuh tahun lalu. Kalau ibu, cari yang praktis sajalah. Ketika bersama ibu mertua, secara tidak langsung beliau mengajarkan tentang food preparation untuk seminggu atau beberapa hari.

memasak praktis dengan food preparation untuk seminggu

Saya baru ngeh istilah itu ketika bergabung dengan grup para ibu-ibu. Salam takzim untuk ibu mertua deh. Kalau mencari info tentang food preparation di internet, banyak sekali referensinya. Tinggal kita pilah sesuai kebutuhan. Alhamdulillah, saya sendiri merasa lebih praktis dengan menerapkan itu. Apalagi suami juga jarang mengajak ekplorasi kuliner, lebih senang menikmati masakan di rumah.

Apakah saya konsisten melakukan food preparation? MasyaAllah, masih jauh dari konsisten sih. Namun, saya merasa senang melakukannya. Melakukan hal yang bisa dikerjakan untuk meringkas durasi memasak ketika weekdays. 

Berkenalan dengan Food Preparation

Menurut saya, memasak itu lumayan membutuhkan waktu. Apalagi ketika pagi hari, saat dulu masih bekerja atau saat ini, anak sudah mulai masuk sekolah. Rasanya kalau pagi itu,berkejaran dengan waktu. Mengenal food preparation ini, menjadi salah satu solusi dalam menyiapkan masakan supaya tidak memakan waktu lama.

Istilah food preparation dapat berarti proses menyiapkan bahan makanan dalam kurun waktu tertentu, sebelum dimasak. Biasanya melakukan stok bahan makanan sepekan sekali, agar ketika hari aktif tidak terlalu ribet menyiapkan masakan. Saya sendiri melakukan hal itu, terkadang sepekan dua kali karena agak lebih longgar. 

Sebelum berbelanja sudah terbayang menu masakan beberapa hari ke depan. Jadi lebih fokus dalam belanja karena sesuai dengan yang diperlukan. Selain itu, lebih bisa menahan diri untuk berbelanja bahan yang kurang dibutuhkan.

Manfaat Melakukan Food Preparation 

Menurut saya, food preparation ini sangat membantu bagi para ibu bekerja. Mungkin memang membutuhkan waktu lebih jika menyiapkan, tetapi di hari lainnya jadi lebih singkat dalam mengeksekusi bahan makanan. Walaupun begitu, saya yang sudah tidak bekerja di ranah publik pun, enjoy melakukan dan merasakan manfaatnya. 

Ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan ketika melakukan food preparation, antara lain:

Membantu ide variasi makanan

Ketika berencana menyiapkan makanan halal dan thoyib untuk keluarga selama beberapa waktu ke depan, kita pasti memikirkan jenis menunya. Hal itu membuat menu masakan keluarga menjadi lebih bervariasi. Kebingungan memasak menu untuk keluarga, setidaknya sedikit lebih berkurang. Kadang malam hari suka bingung sendiri, besok pagi mau masak apa. Adakah teman-teman yang begitu juga?

Menghemat keuangan belanja

Ketika kita sudah merancanakan food preparation untuk seminggu, tentu sudah ada bayangan bahan-bahan yang akan dibeli. Membuat variasi menu harian, bukan berarti bahan memasak harus beda setiap hari kan? Kita bisa memanfaatkan bahan yang sudah dibeli sekalian untuk dua menu yang berbeda. Tentu itu lebih menghemat. Apalagi saat berbelanja sekalian dalam jumlah banyak, harganya pasti berbeda dan jatuhnya lebih murah. Kita jadi bisa mengelola keuangan bulanan.

Memangkas waktu persiapan memasak pada hari H

Hal yang perlu diketahui dalam food preparation, kita ribet di awal dulu atau setelah membeli bahan. Kita perlu menginvestasikan waktu menyiapkan bahan sebelum memasak, seperti mencuci, mengupas, memotong atau sedikit mengolahnya. Ketika hari H, kita bisa langsung ekseskusi memasak, tidak berlama-lama menyiapkan.

manfaat food preparation untuk pemula


Membuat hidup lebih terencana dan sehat

Ketika sudah terpikirkan jenis menu yang akan dimasak, secara tidak langsung kita sudah membuat secuil hidup lebih terencana. Selain itu, kita sudah merencanakan hidup lebih sehat karena menyiapkan dan memasak sendiri. Kita lebih tahu bahan-bahan yang digunakan untuk memasak.

Saat melakukan food preparation dengan tepat, kita juga lebih menghemat bahan karena ternyata lebih awet atau tahan lama di kulkas. Tentunya kita perlu mengetahui tips dan trik dalam food preparation.

Tips Food Preparation untuk Seminggu

Tim anti ribet-ribet dalam memasak, mari merapat! Dengan kemampuan memasak yang masih pas-pasan, food preparation ini cukup membantu. Namun, kita tetap perlu mengetahui tipsnya, bukan jadi menyesal karena bahan-bahan malah terbuang percuma. Kita bisa melakukan tips berikut ini:

Memulai food preparation yang sederhana

Hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk memulai food preparation adalah merencanakan menu masakan beberapa waktu ke depan. Dengan begitu, kita akan tahu jenis bahan yang perlu dibeli, lalu menyiapkan bahan mentah untuk dimasak dan diolah dengan menggunakan wadah-wadah terpisah.

Belanja kebutuhan menu untuk beberapa waktu ke depan

Tidak ada salahnya kita memilih bahan cepat saji, tetapi jika berencana hidup lebih sehat, sebaiknya kita mulai mengurangi bahan tersebut. Pilih bahan-bahan yang memberikan manfaat sehat untuk tubuh kita dengan memenuhi kebutuhan protein, mineral, vitamin dalam tubuh.

Memerhatikan waktu dan cara penyimpanan di kulkas

Sebelum food preparation untuk seminggu dan menyimpan banyak bahan di kulkas,kita perlu memilih bahan yang tidak cepat busuk atau basi. Ada banyak cara penyimpanan sayur, daging agar lebih awet di kulkas yang bisa kita ekplorasi informasinya. Pastikan, kita menyimpannya dalam wadah yang tertutup. Ketahanan bahan makanan yang disimpan dalam freezer atau di bagian bawah, tentu saja berbeda.

Menentukan waktu food preparation yang tepat

Food preparation memang dapat meringkas waktu memasak pada hari H. Namun, kita tentu perlu menyiapkan itu semua, pada saat mengawali food preparation. Kita perlu menentukan hari yang longgar dan cara jitu mengatur waktu agar menyiapkannya tidak terburu dan terasa menyenangkan. Bukankah mengerjakan sesuatu yang menyenangkan, kita lebih bisa menikmatinya?

Lalu dalam menyiapkan food preparation, kita tidak perlu terpatok dengan menyiapkan tempat penyimpanan aesthetic. Inginnya lebih hemat, ternyata malah keluar banyak biaya, jadi tidak menikmati esensi memasaknya. Kita bisa memanfaatkan wadah yang sudah dimiliki dan masih dapat digunakan untuk menyimpan dengan baik. 

Kesimpulan

Food preparation untuk seminggu dapat kita rasakan manfaatnya, jika tepat dalam melakukannya. Memang terasa keribetannya dalam satu hari, tetapi hari-hari lain akan lebih ringkas. Bagaimana menurut teman-teman? Apakah sudah pernah melakukannya?

April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan praktisi read aloud. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Dapat dihubungi di april.safa@gmail.com

Related Posts

7 komentar

  1. Food prep ini butuh konsistensi banget. Aku pernah ngejalanin hanya bertahan sebentar aja. 😄 aku tinggal kerja dan dapur kembali di pegang ibu, buyar semua preparation nya 😄😄😄

    BalasHapus
  2. Suka kagum banget lihat food preparation orang-orang, sering lihat di TL IG. Daku pasukan beli sayur tiap hari di tukang sayur dan cari ide buat masak hari itu jadi tertohok bagus sih menghemat waktu masak jadinya ya

    BalasHapus
  3. Bermanfaat sekali ini , karena memasak itu cepet, tapi prepare dan bersih 2 setelahnya yang kadang butuh waktu lumayan. Tips yang bermanfaat . terimakasih..

    BalasHapus
  4. Pas msh tinggal di rantau aku jg begini mbak. Menu masakan dicatat utk seminggu ke depan. Jd belanja ga siap krn pasti dimasak. Tp balik ke kotak sndiri,bareng sama ibu jd beda cerita lg. Hehehe

    BalasHapus
  5. Lagi pengen nyoba food prep juga nih. Biar ga gupuh tiap hari dan masakannya bisa berkembang haha

    BalasHapus
  6. Bener, food preparation emang penting banget. Kadang, aku yang ngekos pun ngelakuin hal ini, tapi wadahnya kecil-kecil karena buat makan sendiri hahaha

    BalasHapus
  7. Mbaaaa, dulukan aku belum pakai ya food prep gini. Pokoknya asisten belanja apa aja yg kliatan menarik di pasar 🤣. Untungnya gara2 pandemi, aku ngelarang asisten ke pasar, dan mau ga mau bikin menu seminggu , lalu bahan2 yg mau dibeli lewat online. Dan jadinya lebih rapi Krn di food prep juga. Kulkas ga berantakan. Yg terpenting ga mubazir JD busuk Krn ga tau mau dibikin apa. Nyesel bgt baru tau food prep pas awal pandemi 😂.

    Dulu sebelum tau, banyak bgt bahan makanan yg JD busuk dan kebuang

    BalasHapus

Posting Komentar