Percantik Konten Blog dengan 5 Aplikasi Desain untuk Pemula

Ruh utama dari sebuah blog adalah isi tulisan. Bukan berarti kita tidak memerhatikan detail dari blog itu sendiri. Salah satunya hal yang perlu diperhatikan adalah tampilan. 

Tampilan blog ini berkaitan dengan desain, ilustrasi, fotografis, infografis bahkan videografis. Semua itu dapat dihasilkan dari aplikasi desain untuk pemula sekali pun. Apalagi pembaca seperti saya yang terkadang mudah teralihkan jika membaca tulisan panjang. MasyaAllah, tantangan deh.

aplikasi desain untuk pemula dapat percantik konten blog

Namun, tantangan membaca tulisan panjang itu tidak berlaku jika sudah diniatkan dan tampilannya menarik sih. Rasanya nyaman saat scroll dam melihat desain yang sangat informatif dan eye catching. Adakah yang merasa begitu juga? Mungkin hal itu dirasakan bagi yang dominan dengan visual.

Tidak dipungkiri, sebagai bloger pasti belajar hal lain selain teknik menulis. Salah satu manfaat menjadi seorang blogger adalah memelajari sesuatu yang baru. Setidaknya sedikit paham pengetahuan dasar tentang desain sebagai garnish konten tulisan. Tulisan yang sudah cakep dibuat berdasarkan rencana outline akan menambah pembaca betah berlama-lama.

Bagaimana Memilih Aplikasi Desain di Smartphone?

Aplikasi desain banyak tersebar dengan berbagai pilihan. Kita perlu memilih yang tepat guna dan bisa maksimal saat memakainya di smartphone. Hal yang perlu diperhatikan antara lain:

Spesifikasi atau kondisi smartphone

Penyimpanan memori di smartphone kita, apakah masih memadai? Kita perlu melakukan pengecekan pada handphone. Aplikasi yang akan kita install di smartphone nantinya, tentunya ingin dapat berfungsi dengan baik.

Aplikasi yang sesuai kebutuhan

Sebelum memutuskan jenis aplikasi, kita mencari tahu dulu fungsinya. Jika hanya membutuhkan edit foto, maka tidak perlu aplikasi yang fungsinya terlalu kompleks. Bisa-bisa kita bingung sendiri.

Mencari aplikasi yang mudah digunakan

Ketika desain menjadi salah satu kebutuhan penting, maka mau tidak mau kita perlu bisa mendesain atau tahu seni gambar minimal sederhana saja. Kita perlu mencari tahu atau meminta rekomendasi teman lainnya tentang aplikasi yang mudah diutak-atik.

aplikasi desain buat konten blog menjadi lebih nyaman dibaca

Apa Rekomendasi Aplikasi Desain untuk Pemula?

Terkadang kita butuh sat set sat set yang berhubungan dengan aktivitas ngeblog. Jika tidak dapat dikerjakan menggunakan laptop, kita memanfaatkan dengan smartphone. Begitu juga saat akan menambahkan desain ilustrasi pada konten tulisan. Ada beberapa aplikasi desain yang dapat dipelajari secara otodidak oleh pemula dan dapat digunakan di smartphone. 

Beberapa aplikasi tersebut, antara lain:

Canva

Ada yang belum mengenal Canva? Aplikasi yang tergolong baru ini, menjadi favorit penggunanya. Kita dapat memanfaatkan untuk desain atau edit foto. Canva menyediakan ragam pilihan template yang dapat digunakan dan diubah sesuai keinginan, menjadi desain baru. 

Kita dapat mengaksesnya secara gratis ataupun berbayar. Desain dan ilustrasi di blog ini, banyak memanfaatkan aplikasi Canva. Alhamdulillah, aplikasi tersebut memudahkan pemula dalam mendesain. Selain digunakan di smartphone, bisa kita akses menggunakan laptop atau komputer.

Picsart

Aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk edit foto, video dan desain grafis. Ini salah satu aplikasi komplit yang pernah yang saya gunakan. Saat kita perlu membubuhkan hasil jepretan kamera pada konten tulisan, aplikasi ini membantu edit foto agar hasilnya ciamik. Bukan hanya mengedit, Picsart juga menawarkan beragam efek untuk percantik foto kita.

Medibang paint

Aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk melukis secara digital atau membuat komik. Medibang paint mempunyai tampilan yang user friendly sehingga ramah digunakan untuk pemula semacam saya. Ketika kita ingin menciptakan ciri khas ilustrasi dalam konten tulisan, aplikasi ini dapat kita manfaatkan.

Selalu kagum dengan hasil karya teman-teman yang berseliweran di media sosial menggunakan aplikasi ini. Benar-benar seperti lukisan tangan.

Ibis paint x

Aplikasi ini yang dapat kita gunakan untuk edit dan desain. Aplikasi ini melatih ketrampilan menggambar, melukis secara digital, membuat ilustrasi, doodle atau menghasilkan karya lainnya. Serunya aplikasi ini, mempunyai fitur simpan dalam bentuk video. Kita bisa mengabadikan setiap momen karya yang dihasilkan dengan melihat hasil videonya. 

Pixlr

Aplikasi edit foto, video dan desain grafis. Aplikasi yang terkenal editing foto terbaik ini juga dapat diulik untuk menghasilkan desain yang tepat di dalam konten blog. Pixlr menyediakan ragam template yang dapat kita gunakan. Misi dari Pixlr untuk berdayakan setiap orang yang menggunakan dalam hal membuat, mengubah atau membagikan gambar. Pixlr juga dapat kita akses menggunakan laptop atau komputer.

Lima aplikasi di atas hanyalah beberapa dari banyaknya aplikasi desain yang ada. Aplikasi tersebut lebih dari cukup sebagai media visual percantik konten tulisan di blog. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan kita dalam menggunakannya. 

Apalagi, kelima aplikasi itu dapat kita gunakan secara gratis, seperlunya. Jika ingin upgrade, kita bisa berlangganan secara berbayar.

Kesimpulan

Saat ini banyak bertebaran tutorial atau langkah-langkah praktis menggunakan beberapa aplikasi di atas. Kita bisa memanfaatkan agar sedikit tahu untuk menambah desain dalam konten tulisan. Banyak mencari referensi desain dan terus berlatih adalah kunci agar desain yang dihasilkan dapat nyaman dipandang. 

Dari 5 aplikasi desain untuk pemula di atas, teman-teman sudah pernah mencoba menggunakan yang mana? Bagaimana menurut teman-teman?


April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan praktisi read aloud. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Dapat dihubungi di april.safa@gmail.com

Related Posts

6 komentar

  1. Aku baru dua yang diulik. Canva dan PicsArt. Belum nyoba nih Medibang Paint. Bagus-bagus hasilnya. Jadi pengen belajar nih...Bagus mana yah sama Ibis Paint X?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama bagusnya, Mbak. Tergantung kenyamanan kita untuk menguasai yang mana. Hehe

      Tapi sekarang banyak banget kelas tutorial Medibang, mungkin bisa dicoba untuk kulik aplikasinya

      Hapus
  2. Dari 5 aplikasi ini, saya baru pakai canva & picsart, Mbak .Itu pun saya pakai picsart dulu banget. Sekarang pasti sudah banyak fitur baru di picsart ya. Musti belajar otak-atik lagi ni.

    BalasHapus
  3. Wah terima kasih ya mbak. Saya pemakai Canva berbayar, tapi penasaran untuk coba yang lainnya. Picsart saya sudah instal tapi nggak ngerti cara pakainya sampai sekarang. Mungkin saya kurang kreatif ya...hahaha.

    BalasHapus
  4. Sejauh ini saya baru pake canva. Lebih gampang dan banyak pilihan template cantik untuk desain yang diinginkan.

    BalasHapus
  5. waahh.. dari semua yg disebutkan dalam artikelnya mba april, sy baru pake canva doang..hehe..
    btw, bakal jajal juga nih aplikasi yg disebutkan.. makasih infonya mba..

    BalasHapus

Posting Komentar