Ibu Rumah Tangga Belajar Ngeblog dari Nol

Saya mencoba kembali ke ingatan masa lalu, adakah keinginan menjadi seorang bloger? Rasanya belum ada bayangan saat itu. Namun, takdir membawa saya untuk menikmati proses menjadi seorang ibu rumah tangga belajar ngeblog dari nol. Saya bersyukur menempuh perjalanan sebagai bloger.

ibu rumah tangga belajar ngeblog dari nol

Di kesempatan berharga pekan lalu (29/07), saya membagikan kebahagiaan memulai blog dalam rangka parade selebrasi bunda cekatan batch #3. Sharing di grup Whatsapp yang saya adakan, dalam rangka mengikat ilmu yang sudah saya pelajari dan praktikkan. 

Sebagai bloger, saya belum merasa sukses nih. Namun saya bahagia mendapatkan kesempatan mengembangkan diri dari yang belum tahu menjadi sedikit tahu dan mulai menghasilkan uang dari blog.

Parade Selebrasi Bunda Cekatan Batch #3

Keseruan parade selebrasi tersebut sebagai gerbang awal setelah belajar cekatan sejak bulan Desember 2021 bersama Institut Ibu Profesional. Sesuai peta belajar, saya memfokuskan diri di bidang literasi dalam hal blogging. Rasanya nano-nano dan kurang maksimal sih, mengikuti kelas bunda cekatan, bersamaan dengan kelas blog suatu komunitas.

Lagi-lagi, saya hanya perlu bersyukur dengan hal-hal yang sudah dilalui itu. Setidaknya, saya menjadi mempunyai cerita dan pengalaman memulai blog yang bisa saya bagikan.

Bukan berarti saya sudah sangat profesional dan telah menjadi full time blogger. Duh ngeri kalau membandingkan dengan para mastah. Eh, kan enggak boleh membandingkan dengan orang lain.

Saya membuat sharing di grup Whatsapp dengan judul Ngeblog ala Ibu Rumah Tangga. Secuil tips dan trik berikut adalah rangkuman untuk para perempuan terutama ibu rumah tangga yang sedang belajar ngeblog dari nol. 

Semoga ada manfaat untuk dua puluhan teman-teman yang ikut bergabung. Begitu juga dengan lainnya, saya rangkumkan dalam tulisan berikut. Semoga nggak eneg dengan teori seputar blog yaa.

sharing tips belajar blog untuk pemula

Berkenalan dengan Blog 

Blog merupakan kependekan dari weblog, mulai popluer sekitar tahun 1999. Dari tahun itu sampai sekarang, blog mengalami perkembangan. Saat ini, blog bukan hanya berisi deretan tulisan, tetapi dapat diselingi ilustrasi, foto, video atau menyisipkan link menuju Podcast. Perubahan blog itu mengikuti karakteristik pembaca yang terkadang mudah teralihkan ketika membaca tulisan yang panjang di blog.

Beberapa Platform Blog yang bisa kita manfaatkan, antara lain:

  1. Blogger (blogspot)
  2. WordPress
  3. Tumblr
  4. Medium
  5. Kompasiana
  6. Tumblr

Platform paling umum yang digunakan adalah Blogger (blogspot) dan WordPress karena kita bisa lebih leluasa mengelola atau mengutak-atik, bukan hanya mengisi dengan tulisan saja. Blog yang saya pakai ini adalah blogspot. Awal mula membuat karena tugas kuliah. Jadi selalu teringat kenangan pada zamannya deh.

Lalu, mana yang akan menjadi pilihan? Kembali lagi pada kebutuhan dan kondisi teman-teman. Sebagian besar bloger pemula, menggunakan Blogspot karena lebih mudah dalam membuatnya. Namun, jika kita mempunyai keinginan untuk lebih mengutak atik blog, bisa menggunakan platform WordPress. 

Dari segi biaya, Blogspot lebih ramah di kantong, karena hanya membeli domain saja. Sedangkan WordPress, perlu membeli domain dan hosting. Domain adalah nama alamat blog, misalkan aprilsafa.com. Hosting adalah tempat penyimpanan data dan file sehingga dapat diakses semua orang. 

Cara membuatnya cukup mudah, teman-teman. Kita tinggal mengakses blogger.com atau wordpress.com dengan menggunakan email. Tutorialnya ada banyak di internet yang bisa dipelajari. Semoga di kesempatan lain, saya bisa membuat tulisan tentang langkah membuat blog gratis untuk pemula.

Manfaat Blogging

Ketika sudah membuat blog, mengisi konten, lalu dikelola, maka itu disebut dengan blogging. Orang yang membuat konten untuk diterbitkan di blog adalah bloger. Aktivitas blogging mempunyai beberapa manfaat, antara lain:

Menyalurkan hobi

Jika kita mempunyai hobi menulis, maka blog adalah salah satu media yang tepat. Kita bisa menuliskan jumlah kata hingga ribuan. Apalagi blog juga bisa digunakan sebagai sarana interaktif dengan pembaca, melalui komentar.

Menuliskan opini, pikiran, pengalaman

Ibu-ibu yang mempunyai kebutuhan menyalurkan puluhan ribu kata, bisa banget memanfaatkan blog sebagai media tampung pemikiran kita. Blog juga bisa kita gunakan untuk mengikat ilmu yang sudah dipelajari. 

Selain itu, bisa digunakan sebagai jurnal atau diary pencatatan pengalaman berharga. Misal tentang memilihkan sekolah anak, perkembangan anak, pengalaman berurusan dengan birokrasi dan sebagainya.

Melatih kemampuan menulis

Saat seorang bloger menulis di blog, sebaiknya perlu membaca kembali tulisan, sebelum posting. Tujuannya untuk melakukan evaluasi. Kabarnya, semakin sering berlatih menulis, insyaAllah tulisan yang dihasilkan juga akan semakin baik. Dengan berlatih menulis secara teratur, secara tidak langsung, belajar menulis dengan struktur kalimat yang tepat.

Mempelajari hal baru

Saat ibu rumah tangga belajar ngeblog dari nol, otomatis akan belajar hal baru selain menulis. Biasanya memegang peralatan rumah tangga. Namun, ketika ngeblog, mulai belajar cara membuat blog, mengutak-atik template, membuat infografis, pengambilan foto hingga belajar menyajikan tulisan yang bermanfaat dan menarik.

Mendapatkan penghasilan

Salah satu keuntungan blogging adalah mendapatkan penghasilan tambahan. Ada banyak jalannya, mulai dari kolaborasi dengan brand atau sponsored post, content placement, google Adsense, menjuarai lomba atau lainnya. 

Seru sekali mendapatkan banyak manfaat dari aktivitas ngeblog. Manfaat itu akan terasa ketika kita sudah memulai, meskipun masih sebagai pemula.

Tips Ibu Rumah Tangga Belajar Ngeblog dari Nol

Sebetulnya tips ini bukan hanya berlaku untuk pemula, tetapi yang sudah memulai bisa menjadikan pegangan agar tetap menjaga semangat ngeblog. Sampai sekarang, saya merasa masih butuh tips ngeblog, supaya semangat yang turun, bisa naik lagi.

Menguatkan niat

Seperti yang kita ketahui, bahwa niat adalah hal terpenting dalam segala hal. Ibu rumah tangga yang belajar ngeblog, perlu menguatkan niat. Kalau perlu tempel di tempat yang sering terlihat, jika kita memang ingin terjun ke dunia blogging.

Misalkan ingin mempunyai amal jariyah karena berbagi ilmu bermanfaat melalu tulisan. Terkesan klise sekali, tapi jika kita membayangkan berapa orang yang akan membaca dan tergerak melakukan kebaikan jika kita menuliskan hal baik.

Memiliki tujuan

 

Pentingnya menentukan tujuan agar upaya kita lebih fokus, terarah dan lebih hemat energi.  

-Widyanti Yuliandari, dalam webinar Blogging Goals for Newbie

Misal saat ini masih menggunakan blog gratisan, maka kita tentukan misal tahun depan sudah membeli domain. Tidak ada lagi alamat blog dengan embel embel blogspot.com atau wordpress.com. Perlu membuat target, hal yang perlu dipersiapkan untuk membeli domian berbayar. Misal berlatih konsisten menulis 3 hari sekali, hari pertama mencari ide, hari kedua menulis draft, hari ketiga publish.

Kita petakan tujuan blog, disesuaikan dengan kondisi dan waktu yang rasional dapat diraih. Namun, jangan hanya terpatok dengan hasil, sedangkan kita merasa terpaksa saat membuat konten di blog. Kita perlu mencintai aktivitas mengisi konten di blog.

Menentukan niche blog

Niche blog secara sederhana disebut target pembaca berdasarkan topik blog. Ada banyak rekomendasi niche blog. Kita bisa memilih berdasarkan hal yang kita sukai atau kuasai. Misal sebagai pemula, bisa saja memilih lifestyle blog.

Menyisihkan waktu untuk ngeblog

Sama dengan hal lainnya, jika kita ingin menguasai suatu bidang, kita perlu menyisihkan waktu setiap hari untuk memupuk semangat. Misalnya mencicil tulisan, membuat ilustrasi gambar, membaca atau lainnya. 

Yakin deh, rasanya selalu ada aktivitas ibu rumah tangga yang dikerjakan di rumah. Ibu rumah tangga perlu mengatur waktu agar dapat meluangkan untuk ngeblog.

Memulai menulis dan membagikan

Ruh dari blog adalah tulisan, maka kita bisa memulai menulis dari hal ha yang dekat dengan keseharian yang membuat kita bahagia. Bisa juga berdasarkan niche yang sudah dipilih. Jika senang dengan kuliner, kita bisa membuat tulisan tentang makanan korea di Malang. Setelah menulis, bisa kita bagikan di media sosial. 

berkomunitas untuk mengembangkan blogger pemula

Bergabung dengan komunitas

Dengan berjejaring atau bergabung di komunitas, kita tidak akan merasa sendirian. Setidaknya kita sedikit terbantu dengan aura semangat teman sekomunitas saat update artikel blognya. Insyaallah ada banyak manfaat yang kita dapatkan di komunitas, salah satunya adalah peluang ngeblog. Ada banyak komunitas yang bisa kita ikuti, seperti Kumpulan Emak Blogger, Blogger Perempuan Network, ISB Community, BRT Network, Mom Blogger Community, Connecting Mama dan lainnya. 

Belajar dengan mentor

Kita memang bisa belajar secara mandiri, tetapi belajar dengan mentor akan lebih terarah. Saat ini banyak kelas blog yang bertebaran, ada yang gratis sampai berbayar. Kita bisa memanfaatkan itu semua dengan mencari info melalui jejaring.

Tips di atas mungkin hanya sedikit cara dari beragam panduan yang bertebaran di internet, lho. Tinggal kita praktikkan agar tidak berat saat memulai ngeblog.

Kiat agar Berkembang dalam Ngeblog

Kembali mengingatkan tujuan dari blogging, apakah menjadi fun blogger atau mencapai profesional blogger? Jika kita ingin berencana menjadi seorang blogger sejati, ada hal penting yang perlu diperhatikan agar terus berkembang, antara lain:

Membuat perencanaan blog

Perencanaan blog berkaitan dengan tujuan yang ingin kita capai. Menyusun langkah atau blog plan konkrit yang bisa dicapai. Kita bisa menyusunnya dengan menggunakan metode SMART (specific, measurable, achievable, relevant and time bound)

Konsisten

Membangun sebuah blog itu butuh proses, tidak bisa instan. Komitmen dan konsisten menjadi kunci penting untuk terus berkembang. Ini berlaku dalam hal apapun yang kita pelajari, kan?

Setiap diri kita pasti ingin bertumbuh dan berkembang. Begitu juga ketika kita menekuni blogging, ada rasa ingin upgrade level.

Kesimpulan

Parade selebrasi bunda cekatan batch #3 sebagai sarana flashback dan pengingat diri. Nyatanya, blogging adalah aktivitas yang membutuhkan proses tidak singkat. 

Ketika ibu rumah tangga belajar ngeblog dari nol dan menjadikan itu sebagai salah satu prioritas, maka manfaat dari blog akan didapatkan. Ibu rumah tangga pun dapat mengembangkan dirinya di rumah melalui blog yang dikelola. Bagaimana menurut teman-teman?

April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan praktisi read aloud. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

12 komentar

  1. Hampir sama ya kak story nya. Awal ngeblog, banyak belajar dari para senior, sekarang pun masih terus belajar cara bikin tulisan yang enak dibaca tu kek mana. Hehe

    BalasHapus
  2. Aku juga dulu setelah nikah belajar ngeblog dari nol dan ga kenal siapapun, alhamdulillah sekarang bisa menghasilkan uang lewat ngeblog hehe yg penting konsisten ya mba

    BalasHapus
  3. Wah Buncek 3 ya mbak? Aku Buncek 2 kemarin hihi (meski aku dah out). Anyway, emang harus konsisten ngeblog untuk sampai di titik "menghasilkan" dan bisa dapet banyak traffic organic hingga bermanfaat untuk banyak pembaca. Dulu aku juga nggak ngerti harus ngapain sama blogku wkwk sampai akhirnya nemu komunitas dan temen2 blogger yang mastah tapi humble. Termasuk bisa baca tulisan mbak nih ^^ hehe jadi silaturahmi.

    BalasHapus
  4. Hoho di dunia perblogan ga hanya mastah, para mbaktah-nya banyak yang keren-keren pencapaiannya..
    Tapi bener sih, yang penting fokus dengan diri sendiri daripada keder duluan membandingkan dengan orang lain.
    Semangat terus ngeblognya mbak

    BalasHapus
  5. Dulu saya ngeblog karena dikasih tau seorang teman, ia pinjami bukunya dan akhirnya saya jadi sering ke warnet buat belajar ngeblog, sampai sekarang.

    BalasHapus
  6. Ngeblog itu banyak suka dukanya juga ya mba, belajarnya ya mesti serius dan konsisten, hasilnya yaa menyenangkan hehe. Yess setuju nulis di blog juga bisa jadi media healing dan terapi juga nih dari pada stres ya kan

    BalasHapus
  7. Aku juga mulai dari nol banget nih tahun lalu Kak, bahkan udah setahun berjalan rasanya masih gini-gini aja, kadang semangat juga masih naik turun huhu. Dulu taunya cuma belajar skill nulis aja, skrg ditambah lagi optimasi web dan SEO, dan pusing banget wkwk. Tips dong Kak biar semangatnya naik teruusss, jadi aku bisa berkembang di tahun2 berikutnya

    BalasHapus
  8. Ini ibu rumah tangga yang keren, punya semangat untuk bangkit. Tidak mudah loh menjadi ibu rumah tangga dengan segala kesibukannya masih sempat belajar. Salut pokonya untuk yang sperti ini.

    BalasHapus
  9. Nge-blog memang menyenangkan ya kak, walaupun banyak PR tak terduga, dari yang namanya ngurusin link, DA, PA, DR, BR, SS sampe PV tapi tetep aja seneng hehe

    BalasHapus
  10. Masih keingat waktu awal ngeblog aku pun jga dari nol bahkan belajar otodidak Mbak. Eh akhirnya menemukan komunitas dan teman2 itu rasanya sesuatu bgt karena kita dapat saling berbagi dan menginspirasi satu sama lainnya, tetap semangatt

    BalasHapus
  11. banyak banget manfaat yang saya dapatkan setelah membuat blog. Selain dapat menuangkan opini pribadi, saya juga mendapatkan banyak teman baru dan yang paling menyenangkan adalah mendapatkan tambahan penghasilan

    BalasHapus
  12. keren nih berbagi ilmu blogging dengan Bunda Cekatan nya mba. hebatnya bisa konsisten, hehehe. emang sih ya ilmu itu perlu banget di share sebagai ladang amal dan reminder untuk kita juga

    BalasHapus

Posting Komentar