Kandungan Salep Bepanthen untuk Meredakan Ruam Popok

Notifikasi grup Whatsapp mendadak ramai. Saya bergabung dengan salah satu komunitas yang berisikan alumni atau istri alumni dari kampus tempat kuliah. Obrolan di grup tersebut cukup beragam dan terkadang dari satu chat seseorang, bisa mendapat respon hingga ratusan. Salah satu obrolan yang sempat ramai adalah seputar ruam popok pada bayi dan salep untuk meredakan iritasi kulitnya.

salep bepanthen meredakan ruam popok

Jika mengingat kembali pada masa anak belum proses toilet training, saya memang memakaikan popok sekali pakai (pospak) pada anak. Anak memakai popok kain sekitar satu bulanan setelah lahir,lalu pospak mulai menemani hari-hari kami. Pembelian pospak anak, lumayan merogoh pengeluaran tiap bulannya. Sehingga beberapa kali saya mengganti merk pospak yang ramah di pos pengeluaran bulanan.

Alhamdulillah dalam beberapa kali pergantian merk pospak itu, tidak berpengaruh pada kulit anak. Namun, saat anak usia sekitar 6 bulanan, tiba-tiba sekitar paha dan pantatnya berwarna kemerahan. Saya agak terkejut dan heran. Berusaha mengingat sebabnya. 

Kasus itu pernah menjadi obrolan di grup Whatsapp para ibu-ibu produktif. Saya bertanya kembali dan coba mencari tahu tentang munculnya ruam pada pantat dan paha anak. 

Tentang Ruam Popok

Ruam popok atau diaper rush adalah kondisi peradangan kulit dan iritasi yang disebabkan penggunaan popok. Tanda kulit anak terutama bayi yang terkena ruam adalah adanya kemerahan pada sekitar area pantat, lipatan paha serta kelamin. Selain kemerahan, tanda lain dari ruam adalah kulit yang sedikit membengkak dan terasa hangat saat disentuh.

Penyebab ruam

Kondisi ruam pada anak memang umum terjadi, tetapi bukan berarti kita menyepelakan. Ketika anak mengalami ruam, kita perlu mencari tahu penyebabnya. Ruam bukan hanya terjadi pada pemakaian popok sekali pakai saja, lho. Popok kain juga dapat memicu ruam. Selain itu, ruam dapat terjadi karena adanya alergi.

Terjadinya ruam popok biasanya karena iritasi pemakaian popok terlalu lama hingga urin atau feses penuh. Terkadang, kulit yang sudah teriritasi menjadi infeksi pada area tersebut. Infeksi yang terjadi biasanya dikarenakan jamur. Kadang kelupaan untuk ganti kalau pospak sudah penuh. Ternyata itu bisa menyakiti anak.

meredakan ruam popok

Ruam bisa terjadi juga saat memakai popok kain. Misal karena pencuciannya kurang bersih, kulit anak yang sensitif dengan bahan kain popok atau jenis detergen yang digunakan untuk mencuci popok kain. 

Sedangkan, ketika anak tidak menggunakan popok, tetapi mengalami ruam, bisa jadi disebabkan oleh alergi. Menurut IDAI, jika ruam terjadi di area kulit yang tidak bersentuhan dengan popok, maka bisa disebabkan alergi seperti dermatitis atopi. Penyebabnya dapat dikarenakan oleh makanan yang dikonsumsi anak.

Mencegah dan Meredakan Ruam Popok

Ruam popok dapat mengakibatkan ketidaknyamanan pada anak. Terutama anak bayi yang belum dapat bicara, pasti akan rewel saat area tersebut disentuh. Suka ikutan sedih deh, kalau anak rewel karena sakit. 

Sebelum kejadian ruam popok dialami anak bayi, ada baiknya kita rutin mengganti pospak setelah 4 jam pemakaian. Kita bisa langsung mengganti setelah anak buang air besar atau jika dirasa pospaknya sudah sangat menggembung. Kalau perlu, kita pasang alarm biar tidak terlewat atau mager, yuk. 

Sesekali kita biarkan anak tanpa menggunakan pospak. Memakaikan pospak yang ketat juga dapat memicu ruam pada area pantat, paha dan kelaminnya. 

Lalu, jika ruam pada area pantat anak sudah sangat memerah dan melebar, ada beberapa yang dapat dilakukan untuk meredakannya, antara lain:

Mengurangi atau menghentikan sementara penggunaan pospak 

Sementara saja, kok. Saya juga pernah merasakan betapa riwehnya bayi yang masih sering buang air tanpa pospak. Namun, jika dirasa tidak dapat menghentikan penggunaan pospak, kita harus lebih sering menggantinya dengan rentang waktu yang lebih singkat.

Melakukan perawatan kulit secara rutin

Setiap anak selesai mandi atau sebelum berganti pospak, kita perlu memastikan area sekitar pospak telah kering dan tidak lembap. Bisa juga mengoleskan salep yang telah direkomendasikan untuk ruam popok.

Berkonsultasi ke dokter

Jika dua langkah di atas sudah dilakukan, tetapi belum meringankan iritasi kulit bayi karena ruam popok, sebaiknya kita berkonsultasi atau periksakan ke dokter.

Meredakan Ruam dengan Salep Bepanthen

Ketika ingin merawat kulit anak yang masih bayi agar ruamnya tidak semakin parah, maka langkah pertolongan pertamanya adalah memberikan salep atau krim. Salah satunya adalah salep Bepanthen yang memiliki kandungan vitamin B5. Tahukah teman-teman, jika vitamin B5 dikenal memiliki manfaat baik untuk kulit? Sehingga vitamin B5 atau dekspanthenol ini dimanfaatkan untuk pembuatan skincare orang dewasa.

bepanthen meringankan iritasi kulit

Vitamin B5 yang dapat meredakan ruam popok pada anak, memiliki beberapa fakta menarik. Beberapa keistimewaan dari vitamin B5 pada salep Bepanthen ini, antara lain:

Vitamin B5 tidak dibentuk tubuh dengan sendirinya

Vitamin D adalah salah satu vitamin yang dapat dibentuk sendiri oleh tubuh (sintesis). Tubuh mampu menjamin kebutuhan senyawa tersebut, terpenuhi setiap hari. Berbeda dengan vitamin B5 yang memerlukan bantuan dekspanthenol dari luar tubuh.

Anak yang mengalami ruam popok, perlu merasakan kegunaan salep Bepanthen dengan kandungan vitamin B5. Kandungan vitamin tersebut dikenal cepat menyerap ke dalam sel kulit yang rusak, sehingga cepat atasi peradangan. Selain itu, kulit anak akan melakukan regenerasi dengan cepat. 

Melembapkan kulit dan tingkatkan skin barrier

Manfaat vitamin B5 selain meredakan ruam adalah melembapkan kulit. Saat anak mengalami iritasi pada kulit yang bersentuhan dengan popok, vitamin B5 akan membantu kulitnya segera pulih dan tidak semakin parah kondisinya.

Selain itu, vitamin B5 dapat meningkatkan skin barrier kulit anak. Skin barrier merupakan lapisan terluar kulit yang melindungi kulit agar tetap sehat. Ketika ada gesekan atau sesuatu yang melukai kulit, tidak merusak hingga lebih dalam. Kulit anak, tidak akan mudah terkikis, saat skin barrier kuat.  

Aman digunakan setiap hari

Ketika anak mengalami ruam popok, maka perawatannya tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Seperti yang kita tahu, segala sesuatu butuh proses. Seperti namanya mie instan, kita perlu proses memasak, eh. Maka, untuk meredakan ruam popok bayi, butuh telaten, agar kulitnya dapat segera pulih. Salah satu rekomendasi salep yang mengandung vitamin B5 dan aman diaplikasikan setiap hari adalah Bepanthen. 

Kandungan bahanbahan alami termasuk vitamin B5, menjadikan kegunaan salep Bepanthen bukan hanya untuk meringankan iritasi kulit akibat ruam popok. Salep tersebut juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri pada puting yang lecet, saat anak masih menyusui. 

Cara penggunaannya mudah, tinggal membersihkan area kulit yang terasa nyeri atau terlihat ruam. Tujuannya, agar kandungan salep dapat meresap sempurna pada kulit.


Kesimpulan

Saat penggunaan pospak, terkadang menimbulkan iritasi kulit pada anak. Salah satunya langkah perawatan di rumah adalah menyediakan salep Bepanthen untuk meredakan ruam popok pada bayi. Bagaimana menurut, teman-teman?


April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan praktisi read aloud. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Dapat dihubungi di april.safa@gmail.com

Related Posts

8 komentar

  1. Wah, baru tahu info ini. Iya sih, popok kadang suka bikin ruam di sekitaran paha, ya? Kasian deh kalau udah begitu. Bayi pasti jadi rewel karena gatal dan tidak nyaman. Mau coba salep Bepanthen, ah.

    BalasHapus
  2. Wah, kemarin baru saja dialami cucuku. Sekitar pangkal pahanya ada ruam dan bikin dia nangis terus. Mungkin kepedisan kali yah? Akhirnya pemakaian popok dihentikan sementara. Saya mau sarankan salep ini ke anaku biar kalau terjadi ruam lagi sudah ada solusinya.

    BalasHapus
  3. Yesss, ini salep andakanku loh mba waktu si bungsu masih bayi. Soalnya dia tuh aktif banget, jadi yaaa ku pakaikan pospak sampe usia setahun. Alhamdulillah, kulitnya bersih nggak ada bekas ruam pospak..

    BalasHapus
  4. Baby kalau udah kena ruam popok kasihan banget sih ya...Rewel dan uring-uringan. Syukurlah sekarang ada salep Bepanthen, bikin adem dan meredakan gangguan kulit.

    BalasHapus
  5. Saya juga mengalami masa-masa anak terkena ruam popok. Haduh, benar-benar gak tega ya mbak, mereka nangis karena rasa sakit. Sekarang sudah ada salep Bepanthen, jadi gak perlu khawatir lagi ya, si kecil mengalami ruam popok. Bisa langsung oles. Bahannya juga aman untuk kulit anak.

    BalasHapus
  6. Iya betul, ruam popok emang salah satu yang bikin bayi gak nyaman. Dulu pas anak-anak masih bayi sebisa mungkin kami meminimalisir penggunaan pospak. Pakai saat ada acara keluar aja. Informasi tentang salep Bepanthen ini baru saya tahu. Terima kasih sudah menuliskannya, Mbak.

    BalasHapus
  7. Kalau tindakan awal sih biasanya saya terjadwal mengganti pospak. Kan kadang suka sayang kalau anak belum BAK masih lanjut aja pakai pospaknya. Padahal kan ketika berkeringat bisa memicu iritasi. Bagus memang kalau sedia PPPK jika terjadi ruam seperti salep bepanthen ini

    BalasHapus
  8. Ruam pada bayi sering membuat bayi menjadi nggak nyaman dan rewel terus, ya mbak.
    Eh tapi boleh dicoba nih, salep Bepanthen buat ponakan yang barusan punya baby.
    Kandungan bahannya alami, insyaAlloh aman buat si baby.

    BalasHapus

Posting Komentar