3 Sajian Resep Masakan Rumahan, Mudah dan Praktis

Sebelum menikah, kemampuan memasak saya kalau pakai skala 0-10, ada di angka 2. Parah yaa. Jarang nyentuh dapur, tapi bukan berarti tidak pernah juga. Cukup tahu saja saat itu. 

Apalagi posisi ibu saya yang bekerja. Kalau masak, beliau pilih menu yang praktis dan mudah. Tujuannya biar sat set sat set, tidak pakai ribet. Seringnya beli makanan di luar juga.

Nah, begitu sudah menikah, mau tidak mau harus uprek di dapur dong. Jadinya, saat sudah menikah, andalannya masak yang gampang-gampang aja. 

resep masakan rumahan praktis dan mudah

Jika saya mau masak menu yang tidak biasa alias istimewa, otomatis harus belajar dulu. Cari resep masakan keluarga di internet sama resep dari buku masakan. Tenang, buku resepnya tidak beli kok, tapi kado nikahan dari sahabat. Paham banget dia, skill masak saya di bawah rata rata.

Dalam perjalanan pernikahan saya, apalagi setelah menjadi ibu rumah tangga, alhamdulillah lumayan ada peningkatan untuk resep masakan keluarga. Untuk masak kue, baking atau sejenisnya itu, saya masih angkat tangan. Namun, semoga bisa belajar di kemudian hari. 

Manfaat Memasak Sendiri di Rumah

Apa saya pernah beli makanan di luar? Iya jelas dong. Kalau lagi ingin cari suasana makan di luar, ya tinggal beli saja. Apalagi kalau mager atau terpaksa beli karena suatu hal. 

Namun menurut saya, tetap saja memasak sendiri menjadi prioritas.  Mungkin ada teman-teman yang beda prioritasnya dengan saya ya? Tidak masalah. 

Saya banyak belajar dari teman-teman yang memang hobi memasak. Malah ada yang mengatakan bahwa memasak sebagai sarana healing. Alhamdulillah, saya merasakan manfaat dari memasak sendiri, antara lain:

Menghemat biaya pengeluaran

Kalau kita pintar-pintar mengatur keuangan belanja, manfaat ini bisa didapatkan. Misalnya melakukan food preparation, jadi lebih teratur dalam penyediaan dan pembelian bahan makanan. Namun, jika kurang perencanaan memasak juga, tetap bisa boncos sih. 

Mengetahui kebutuhan makanan yang dikonsumsi

Saat membeli makanan di luar, terkadang kita tidak tahu pasti persiapan dalam penyajikan dan bahan-bahan yang digunakan oleh penjual. Kadang juga masakan di luar kurang memenuhi selera kita. Saat memasak sendiri, kita jadi bisa lebih mengetahui bahan-bahan dan takaran yang akan digunakan. 

manfaat memasak sendiri di rumah

Sarana mempererat hubungan dengan keluarga

Memasak bisa menjadi sarana mengeratkan hubungan antar anggota keluarga. Terkadang saat saya memasak, suami ikut membantu. Di lain waktu, anak juga ikut nimbrung sibuk dengan bahan-bahan di sebelah saya yang sedang memasak. Menurut saya, hal itu dapat menciptakan pengalaman dan pelajaran berharga bagi anak. 

Melatih kreativitas dan kepercayaan diri

Saat baru belajar memasak, biasanya kita berbekal tutorial. Namun, setelah beberapa kali mencoba, kita bisa lebih berani kreasikan sendiri sesuai selera tanpa berpatokan pada resep atau tutorial. 

Membangun rutinitas

Saat memasak sendiri, kita akan belajar membangun rutinitas dalam harian. Kita jadi memperhitungkan waktu untuk memasak dan membagi waktu dengan aktivitas lainnya. 

Supaya aktivitas memasak menjadi menyenangkan dan mendapatkan manfaatnya, kita bisa mulai dengan praktik resep yang mudah. Hal itu akan memicu untuk lebih berani dan percaya diri dalam ekplorasi resep lainnya. 

3 Ide Resep Masakan Keluarga yang Mudah Dieksekusi

Saya mempunyai beberapa resep yang mudah dieksekusi kalau lagi mager menyiapkan bahan-bahan yang ribet. Resepnya saya sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga, jadi tidak terlalu banyak. Beberapa resep ini, bisa teman-teman praktikan dengan kreativitas sendiri, lho. 

resep tumis brokoli wortel jamur

Resep tumis brokoli wortel jamur

Bahan

  • 1 bonggol brokoli
  • 1 buah wortel
  • 100 gram kubis
  • 5 buah jamur kancing
  • 3 siung bawang putih
  • ½ buah bawang bombay
  • 100 ml air
  • Garam, gula pasir, lada bubuk secukupnya
  • Saus tiram sesuai selera
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat

  1. Cuci bersih brokoli, wortel, kubis, jamur, abawang putih dan bawang bombay. 
  2. Brokoli direndam terlebih dulu dengan air garam. 
  3. Potong-potong bahan tersebut. 
  4. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum
  5. Tumis wortel, jamur dengan tingkat kematangan sesuai selera
  6. Masukkan air
  7. Saat sudah mendidih, masukkan kubis dan terakhir brokoli
  8. Tambahkan garam, gula pasir, lada bubuk dan saus tiram secukupnya
  9. Tes rasa dan sajikan dalam wadah

Catatan

Merendam brokoli dengan air garam agar menghilangkan  ulat yang bersembunyi di bagian bawah daun. Lalu, dibersihkan di bawah air mengalir dengan sedikit digosok.

resep mie goreng sayuran

Resep mie goreng sayuran

Bahan

  • 1 bungkus mie (isi 2 keping)
  • 1 buah wortel dipotong seperti korek
  • 5 lembar kubis diiris kasar
  • 3 lembar daun sawi hijau atau pakcoy
  • 2 batang daun bawang
  • 2 batang daun seledri
  • Air secukupnya (untuk mematangkan sayuran)
  • Kecap manis

Bumbu halus

  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • Garam, lada bubuk, kaldu jamur secukupnya

Cara membuat

  1. Rebus mie hingga matang, beri sedikit minyak agar tidak saling lengket dan tiriskan
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum
  3. Masukkan sayuran lalu tuang air secukupnya hingga menyusut
  4. Masukkan mie, tambahkan garam, lada bubuk, kaldu jamur
  5. Tambahkan daun bawang dan seledri
  6. Aduk hingga rata dan meresap
  7. Tes rasa dan sajikan dalam wadah

resep ayam katsu

Resep ayam katsu

Bahan

  • ¼ dada ayam tanpa tulang
  • 1 butir telur
  • Tepung panir
  • Tepung terigu
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu marinasi

  • 1 siung bawang putih
  • 1 ruas pendek jahe
  • Minyak wijen secukupnya
  • Garam, lada bubuk secukupnya

Cara membuat

  1. Potong ayam dan pipihkan agar bentuknya tipis
  2. Marinasi ayam dengan bumbu 
  3. Diamkan sekitar 10 menit atau lebih lama agar bumbu terserap secara sempurna
  4. Sembari menunggu, siapkan campuran tepung terigu, lada bubuk dan garam
  5. Kemudian, balur ayam dengan adonan tepung terigu 
  6. Celupkan ke dalam telur secara merata
  7. Kemudian dilanjutkan dengan dibaluri tepung roti hingga merata
  8. Jika minyak di penggorengan sudah panas, goreng ayam katsu hingga menguning dengan api sedang
  9. Jika sudah matang, tiriskan dan dapat disajikan

Catatan:

Dapat disajikan dengan tambahan saus teriyaki homemade atau instan.

Tiga resep di atas dapat dikreasikan sendiri sesuai selera yaa. Bisa juga menyesuaikan bahan-bahan yang ada di kulkas

Penutup

Memasak bisa menjadi aktivitas menyenangkan jika dimulai dengan ekperimen resep masakan keluarga yang mudah. Biasanya setelah sukses memasak beberapa menu, insyaAllah akan ketagihan praktik resep lainnya. Selamat memasak dengan bahagia!


April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan praktisi read aloud. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. Wah jadi terinpirasi bikin ayam katsu nih. Mudah aja ternyata caranya. Kalo aku biasnya bikin fried chicken aja ala-ala pak kolonel itu. Lain kali bikin katsu aja deh

    BalasHapus
  2. Mba April aku juga suka masak, jarang bgt order makanan gitu karena masak lebih sehat, hemat dan bahagia btw resepnya ga jauh sama denganku cuma biasanya jamur aku ganti dengan tahu kalo katsu emang aku belum coba hehe

    BalasHapus

Posting Komentar