Taman Pintar Yogyakarta, Wisata Edukasi Keluarga

Menjelang Ramadan dan Idulfitri, tandanya musim liburan akan tiba. Bagi teman-teman yang sudah punya destinasi wisata, pasti sudah melakukan rencana A, B, C, dst. Apalagi kalau punya anak dan masih bayi. Tujuannya, agar dapat menikmati tempat liburan favorit yang telah direncanakan. 

Saya dan suami belum ada rencana tempat liburan saat lebaran atau libur sekolah. Nanti deh sambil jalan, kalau ke rumah orang tua atau saudara. 

Biasanya kami memilih destinasi wisata edukasi. Belum siap kalau harus petualang semacam camping gitu karena harus dipersiapkan secara matang. 

menejelajahi keseruan taman pintar yogyakarta

Pengalaman Libur Lebaran Tahun Lalu

Sudah mau lebaran lagi tahun ini (semoga Allah izinkan kita bertemu Ramadan dan Idulfitri), tapi saya baru mau menuliskan pengalaman libur lebaran tahun lalu, nih. Tidak apa-apa yaa. Mending terlambat, daripada tidak jadi posting, kan. Eh, ngeles banget deh, saya.

Jadi ceritanya, tahun lalu jadwal Idulfitri hari pertama di rumah orang tua saya, di Surabaya. Namun, saya tidak lama di sana. Tidak sempat silaturahmi dan bertemu dengan teman-teman blogger Surabaya. Saya hanya berkunjung ke rumah saudara-saudara yang ada di Surabaya. 

Setelah itu, besoknya kami segera berangkat ke luar kota untuk mengunjungi saudara lainnya. Kami pergi ke kota gudeg. Ya, kota Yogyakarta. 

Katanya Yogyakarta adalah kota kenangan bagi orang yang pernah mengunjungi. Di sana, kami juga banyak silaturahmi ke saudara. Selain itu, mengunjungi beberapa destinasi rekreasi edukasi keluarga.

Yogyakarta bukan hanya terkenal dengan wisata alam dan sajian kuliner khasnya. Namun, Yogyakarta juga memiliki spot wisata edukasi yang seru untuk dikunjungi bersama keluarga.

adab bepergian untuk ajarkan hikmah perjalanan pada anak

Dari beberapa rekomendasi, sebelum memutuskan tempat wisatanya, kami pertimbangkan beberapa hal berikut:

  1. Lokasi. Kami mencari tempat rekreasi yang masih dapat dijangkau dari tempat kami bermalam. Kami menginap di rumah saudara dan tidak terlalu lama juga berada di Yogyakarta. 
  2. Biaya. Biaya masuk dan biaya akomodasi menjadi salah satu pertimbangan. Kami ke Jogja bersama orang tua dan keluarga kakak saya.
  3. Tujuan. Kami memilih tempat wisata yang memiliki tujuan untuk edukasi, selain rekreasi. Supaya ada hikmah perjalanan bagi anak saat berkunjung.

Taman Pintar Yogyakarta, Tempat Liburan Favorit Keluarga

Dari judul tempat wisatanya, sudah membuat saya penasaran. Apa sih hal yang membuat tempatnya bernama Taman Pintar? 

Mungkinkah setelah berada di dalam kami menjadi bertambah pengetahuan dan pintar? Bagi saya, hal itu menarik untuk dikunjungi agar rasa penasaran saya terjawab.

Taman Pintar lokasinya tidak terlalu jauh dari Malioboro dan Masjid Gedhe Kauman. Alamatnya berada di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3, kawasan Benteng Vredeburg, Ngupasan, Gondomanan,  Kota Yogyakarta. 

Sekilas tentang Taman Pintar

Taman Pintar Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata yang memadukan konsep rekreasi dan edukasi dalam satu lokasi. Cocok memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak-anak. 

Adanya taman Pintar untuk menunjang pembelajaran sains siswa yang disediakan oleh pemerintah kota Yogyakarta. Selain itu, sebagai sarana anak untuk mencintai sains dan mendukung kurikulum pendidikan, dikemas dalam bentuk seperti laboratorium. Sehingga dapat dikunjungi oleh anak-anak usia pra sekolah hingga sekolah menengah.

Dulunya, Taman Pintar merupakan bekas pusat perbelanjaan. Lalu, direlokasi pada tahun 2004 menjadi beberapa tahap pembangunan. Setelah tahap pembangunan selesai, Taman Pintar Yogyakarta diresmikan oleh presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono pada Desember 2008.

wahana edukasi teknologi  di taman pintar yogyakarta

Wahana bermain

Taman Pintar mempunyai arena bermain dan edukasi dengan terbagi dalam 35 zona. Selain itu, terdapat 3.500 alat peraga permainan yang edukatif. 

Wahana pendidikan Taman Pintar, dilengkapi  dengan teknologi interaktif digital dan pemetaan video. Fasilitas modern tersebut diharapkan menumbuhkan imajinasi dan ketertarikan anak pada teknologi. Beberapa wahana seru di Taman Pintar, antara lain:

  1. Wahana bahari
  2. Playground
  3. Kampung kerajinan
  4. Planetarium
  5. Science theater
  6. Zona perpustakaan 
  7. Gedung paud
  8. Gedung oval
  9. Gedung kotak

Banyak banget wahananya kan. Semuanya menarik untuk dicoba. Dari sembilan wahana tersebut, kami menjelajahi tiga saja. Kami tidak bermain di wahana bahari, kampung kerajinan, gedung paud, science theater, zona perpustakaan dan planetarium.

Tiga wahana yang kami jelajahi, cukup membuat kami capek. Namun, seru banget karena tidak terasa kami menghabiskan waktu sekitar 2 jam lebih. 

Apalagi saat kami eksplorasi di gedung oval dan gedung kotak. Di gedung oval, ada banyak alat peraga yang berkaitan dengan sains. Ada sekitar 8 zona di dalamnya, antara lain aquarium air tawar, kehidupan purba, terowongan ilusi, dome area, generator Van De Graaf, zona tata surya, generator pedal serta zona cuaca, iklim, dan gempa bumi.

Di gedung kotak juga menyajikan wahana yang tidak kalah seru. Tiket masuknya menjadi satu dengan gedung oval. Ada sekitar 17 wahana di dalamnya, antara lain lorong ilusi, teknologi populer, jejak nutrisi, sahabat pemberani KPK, Indonesiaku, SNI, olahraga, menara Eiffel, panas bumi geothermal, TEPI TV, air untuk kebaikan hidup, dino adventure and teater 4D, galeri pusaka, memorabilia, nuklir, KPU dan hand on science. 

Keliling di dua gedung itu sudah puas banget, alhamdulillah. Saya saja merasa mendapatkan banyak inspirasi dan wawasan baru. Benar-benar bermanfaat semua wahananya. Namun, sepertinya ada yang ter-skip karena sudah mau masuk waktu dzuhur. Kami segera mengakhiri eksplorasi seru di gedung kotak. 

tempat liburan favorit taman pintar yogyakarta

Sebelum masuk di dua wahana gedung oval dan kotak, kami bermain-main di playground. Di area playground, wahana permainannya menarik dan dirancang sebagai permainan edukasi sains yang seru. 

Playground yang terbuka, lumayan panas menyengat kalau bermain di atas pukul 9. Namun, semakin siang pun Taman Pintar mulai dibanjiri pengunjung. 

Fasilitas

Taman Pintar menyediakan fasilitas yang lengkap untuk pengunjung. Bukan hanya wahana saja yang lengkap, karena fasilitasnya ada musholla, toilet, food court, dan tempat parkir yang cukup luas. 

Selain itu, disediakan fasilitas khusus seperti ruangan untuk disewa, pusat informasi layanan pengunjung, dan ada juga lift khusus pengunjung berkebutuhan khusus. 

Harga dan jam operasional

Taman Pintar dibuka setiap hari mulai pukul 08.30 sampai 16.00. Saat masuk ke Taman Pintar memang gratis tapi untuk menikmati setiap wahana, harga tiketnya cukup beragam. Mungkin saja harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu. 

Waktu itu, saya membayar tiket untuk wahana gedung oval dan kotak Rp 20.000 (dewasa) dan Rp 12.000 (anak-anak). Detail harga tiket tiap wahana, bisa langsung cek ke laman tamanpintar.co.id.

Penutup

Perlu perencanaan yang matang sebelum memutuskan tujuan liburan, apalagi jika mengajak anak. Taman Pintar Yogyakarta bisa menjadi salah satu destinasi tempat wisata liburan favorit keluarga, lho. Jika sedang di Yogyakarta, perlu menyempatkan mampir untuk merasakan keseruan menjelajahi wahana di sana. 

April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar