Tempat Kuliner Legendaris di Ponorogo

Adakah teman-teman yang pernah ke Ponorogo? Ponorogo merupakan salah satu kabupaten yang berada di ujung barat Jawa Timur, berbatasan dengan Jawa Tengah. 

Ponorogo terkenal dengan kesenian reog yang unik dan mempunyai banyak spot wisata alam yang memanjakan mata. Beberapa tempat wisata seperti Telaga Ngebel, Puncak Pringgitan, Tumpak Pare dan masih ada yang lain. Ponorogo juga terkenal dengan pondok pesantren Darussalam Gontor, salah satu pesantren terbaik di Indonesia yang bisa dikunjungi juga. 

Setelah lelah menyusuri tempat wisata, biasanya urusan pemadam kelaparan sudah tidak dpat ditunda. Saatnya berburu wisata kuliner.

Jangan khawatir, Ponorogo mempunyai aneka pilihan kuliner yang khas, enak, menarik, dan harganya terjangkau. Jika teman-teman berkesempatan berkunjung ke Ponorogo, tidak ada salahnya untuk menikmati kuliner yang tersedia dan berderet di tepi jalan.

tempat kuliner legendaris ponorogo ada sate soto borang dawet jabung

Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Tempat Makan Saat Traveling 

Saat traveling memang ada yang kurang jika tidak mencoba kuliner khas di sekitar destinasi wisata. Namun, terkadang ada perasaan khawatir saat berburu kuliner. Alasannya bermacam-macam, mulai dari khawatir menunya tidak sesuai, harga yang terlalu mahal, dan masih ada pertimbangan lainnya.

Misalnya nih, temen-teman ada yang baru ke Ponorogo dan ingin aman dalam berburu kuliner. Maka, cobalah tips berikut dalam memilih tempat makan saat berwisata ke Ponorogo, antara lain:

Mencari referensi di internet

Di era teknologi saat ini, cara cepat dan mudah untuk menemukan tempat makan saat traveling adalah mencari referensi di internet. Biasanya tempat makan yang terkenal akan ada yang merekomendasikan di internet. 

Kita tinggal mengetikkan kata kunci di mesin pencarian seperti Google, maka Google akan menampilkan artikel yang memuat rekomendasi tempat makan lokal yang enak. Sebaiknya melakukan pencarian referensinya lebih dari satu,  agar dapat menemukan rekomendasi tempat makan yang paling banyak dicari. 

Dengan membaca ulasan di internet, cukup membantu kita dalam mempertimbangkan lokasi kuliner yang akan dituju. 

Bertanya pada warga lokal

Selain mencari referensi melalui internet, kita bisa juga langsung bertanya ke warga lokal, lho. Cara ini cukup efektif.

Saat bertanya pada warga lokal, biasanya mereka akan tahu rekomendasi tempat makan enak. Tentu saja dikarenakan warga lokal lebih mengenal daerahnya dan mereka akan senang dengan wisatawan yang meramaikan kotanya. 

Memperhatikan lokasi tempat makan

Salah satu pertimbangan yang perlu diperhatikan saat memilih tempat makan adalah lokasinya. Kita perlu mempertimbangkan waktu serta jarak tempuh dari lokasi wisata yang dikunjungi. Apalagi jika kita tidak berlama-lama di kota tersebut. 

Jadi, misalkan kita mencari tempat makan di area kota besar dan cenderung macet, sebaiknya menghindari rush hour (jam pulang dan pergi kantor). Sehingga kita perlu memastikan tempat makan yang dituju itu mudah ditemukan dalam waktu singkat. Kita tidak perlu membuang waktu percuma di jalan, hanya demi urusan perut, kecuali memang punya waktu yang longgar sih. 

Mencoba kuliner yang khas

Tidak ada salahnya lho, kita memanfaat kesempatan untuk mencoba kuliner khas kota yang dikunjungi. Saat mencoba kuliner khas, kita akan tahu keunikan dari kota wisata yang dikunjungi. Selain itu, dengan incip kuliner khas kota, akan memberikan pengalaman tersendiri bagi kita. Bisa juga jadi bahan tulisan di blog kan. 

tips memilih tempat makan saat traveling ponorogo

Melihat kondisi pengunjung

Ketika sudah menemukan lokasi tempat makan yang dekat atau tepat, kita perlu lihat juga situasi kondisi pengunjung. Jika terlalu ramai, pasti membutuhkan waktu yang lama untuk mengantri. Namun, bisa sebagai tanda bahwa tempat makan tersebut menjanjikan. Meskipun mungkin belum tentu juga cocok dengan selera kita. 

Mengecek menu makanan dan harga

Berada di destinasi wisata, biasanya kuliner memiliki harga yang cenderung lebih mahal. Maka, penting bagi kita saat berkunjung ke suatu kota untuk mencari informasi harga melalui internet. Bisa juga bertanya pada warga lokal atau pramusaji,  apalagi jika tidak ada daftar harganya. 

Memastikan tempat makan bersih

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tempat kuliner adalah kebersihannya. Kita akan lebih menikmati makanan di tempat yang bersih dan higienis. Jika tempatnya kotor dan tidak nyaman, maka kita akan kurang bisa menikmati kulinernya meskipun nampaknya enak. 

Rekomendasi Tempat Kuliner Legendaris Ponorogo

Setelah melakukan berbagai pertimbangan di atas, saatnya mencari tempat kuliner yang sesuai dengan selera kita. Di Ponorogo, ada beberapa lokasi kuliner yang direkomendasikan, antara lain:

Sate Ayam Ponorogo H. Tukri Sobikun

Sate ayam adalah salah satu kuliner populer dan legendaris di Ponorogo. Di Ponorogo tersebar penjual sate ayam di berbagai tempat dengan harga jual yang cukup bervariasi.

Sate ayam Ponorogo H. Tukri Sobikun sudah berdiri sejak tahun 1991, menjadi penggagas penjual sate di Ponorogo. Di tempat tersebut, kita bisa melihat deretan foto tokoh terkenal yang pernah berkunjung. Bahkan, Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo, menyempatkan menikmati kuliner di tempat tersebut. 

Potongan sate ayamnya cukup besar dan teksturnya empuk. Bumbu kacangnya cenderung terasa manis dan gurih. Sate ayam Ponorogo akan terasa lebih lengkap jika disajikan bersama lontong. 

  • Alamat: Jalan Lawu gang Sate No. 43 K, Nologaten, Ponorogo
  • Harga: Mulai 30 ribu per 10 tusuk sate
  • Jam operasional: Pukul 06.00 sampai 20.00

Selain itu, tempatnya  bersih. Parkirnya juga cukup luas, sehingga bisa membuat pengunjung betah menikmati sate ayam di sana.

kuliner khas ponorogo sate ayam h tukri sobikun

Soto Borang Ponorogo

Rekomendasi kuliner Ponorogo berikutnya adalah soto borang. Soto borang menjadi kuliner legendaris di Ponorogo, karena sejak tahun 1983. Kuah sotonya cenderung bening, terkenal dengan cita rasanya yang segar dan lezat. 

Jika biasanya soto disajikan dalam mangkuk, soto borang disajikan menggunakan piring. Sotonya terdiri dari irisan daging ayam, tusukan daging ayam, kol, tauge, irisan daun bawang, tomat, bawang goreng, dan ditambah potongan jeruk nipis sebagai pelengkap.

  • Alamat: Jalan Niken Gandini RT. 2 RW. 4, Borang, Ponorogo
  • Cabang: Jalan Jendral Sudirman, dekat alun-alun Ponorogo dan Jalan Gajah Mada No. 36
  • Harga: Mulai 10 ribu dan sundukan mulai 6 ribu
  • Jam operasional: Pukul 07.00 sampai 21.00

Lokasi soto borang yang saya kunjungi di dekat alun-alun, seringkali ramai pengunjung karena tempatnya strategis. Tempatnya bersih dan ada lahan parkir yang memadai.

Dawet Jabung Bu Sumini

Setelah menikmati menu makanan dengan cita rasa khas, saatnya mencicipi minuman manis yang segar-segar. Dawet jabung juga menjadi kuliner khas di Ponorogo. Mudah sekali menjumpai penjual dawet jabung terutama di daerah Jabung, Mlarak.

Warung dawet jabung Bu Sumini menjadi pelopornya. Dawet Jabung mempunyai keunikan dalam penyajiannya yaitu tatakan mangkuk dawetnya. Nah, dalam mangkuk dawet jabung, berisi gempol, cendol, tape, gula, santan, sedikit garam dan es (opsional). 

  • Alamat: Jalan Raya Mlarak, Jabung, Ponorogo
  • Harga: 4 ribu
  • Jam operasional: Pukul 09.00 sampai 16.00

Selain dawet, di sana juga menyediakan aneka camilan seperti gorengan. Tempatnya cukup bersih dan tersedia tempat parkirnya juga. 

Penutup

Nah itu tadi tips memilih tempat kuliner dan beberapa rekomendasi klner khas Ponorogo. Apakah teman-teman siap jelajahi kuliner di Ponorogo?


April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar