Servis Motor di Planet Ban Hasilkan Performa Mesin Seperti Baru

Sibuknya aktivitas harian, terkadang lupa untuk merawat kendaraan. Begitu merasakan performa motor yang menurun, barulah tersadar bahwa motor perlu dibawa ke bengkel. Adakah yang mengalami hal tersebut?

Apalagi saya menggunakan motor matic yang perawatannya sedikit kompleks jika dibandingkan motor bebek. Ketika mengendarai motor matic yang jarang dilakukan perawatan rutin, ternyata tidak nyaman. Terlebih seringkali digunakan untuk jarak tempuh yang jauh antar kota, ada rasa was-was jika tiba-tiba terjadi sesuatu saat berkendara.

Jangan sampai, mendadak mogok di jalan atau kesulitan starter tangan. Dari situlah saya mulai menyadari bahwa motor ibarat peliharaan. Perlu memperhatikan kondisinya dengan melakukan perawatan dan pengecekan atau servis motor secara berkala.

servis motor di planet ban

Perawatan Motor Matic yang Tepat

Di jalanan, motor matic terlihat banyak dikendarai. Teman-teman ada yang pengguna motor matic juga? Biasanya alasan menggunakan motor matic adalah mudah digunakan dan praktis. 

Kita tinggal mengatur gas menggunakan tarikan tangan saja dan langsung wat wet. Kemudahan itu akan tetap nyaman dirasakan jika penggunaan dan perawatannya tepat. 

Terkadang kita terlena dengan kemudahan mengendarai motor matic, hingga lupa merawat secara mudah. Padahal, kita bisa melakukan langkah-langkah mudah merawat motor matic, apa saja itu?

Selalu panaskan motor sebelum digunakan

Pada umumnya, semua jenis motor (tidak hanya matic) perlu dipanaskan. Tujuannya untuk menjaga kualitas mesin motor supaya tetap awet. Usai mesin motor dipanaskan, sirkulasi olinya menjadi lancar. Cukup memanaskan selama 3-5 menit saja, motor siap digunakan. 

perawatan motor matic agar mesin awet

Kondisikan kecepatan motor secara stabil

Kemudahan menggunakan motor matic, terkadang membuat lupa dalam menggunakannya. Contohnya saja melakukan pengegasan secara tiba-tiba. Mungkin juga mendadak menurunkan kecepatan saat menggunakan motor berkecepatan tinggi. Hal itu berpotensi menimbulkan kerusakan komponen pada mesin.

Cek kondisi bahan bakar

Sebaiknya tidak membiarkan motor hingga kehabisan bahan bakar. Pastikan melakukan pengisian terlebih dahulu, sebelum bahan bakar benar-benar habis. Kalau bahan bakar habis, kita yang repot. Saat kehabisan bahan bakar, kita pasti mencari penjual bahan bakar. Mau motor ditinggal atau didorong? 

Lakukan servis motor secara rutin

Servis secara berkala pada motor matic perlu dilakukan. Tujuannya untuk menjaga performa mesin motor. 

8 Hal Penting yang Harus Dicek Saat Servis Motor

Bagi kaum wanita seperti saya, terkadang malas saja membawa motor untuk diservis. Padahal itu penting untuk menjaga menjaga performa mesin motor. 

Mekanik bengkel akan melakukan pengecekan, apakah motor perlu servis kategori berat atau ringan. Kategori berat, seperti penggantian komponen dalam mesin (ganti seal, turun mesin atau lainnya). Sedangkan kategori ringan, seperti ganti oli motor matic, busi, kampas rem, suspensi atau lainnya. 

Nah, ada 8 bagian penting yang harus dicek saat servis. Apa saja bagian itu? 

1. Oli mesin

Penggunaan oli mesin fungsinya untuk pelumas setiap komponen mesin motor dan pelindung mesin. Saat servis motor perlu adanya pergantian oli mesin secara berkala. Tujuannya agar melindungi performa kendaraan. 

Kapan waktu tepat untuk mengganti oli mesin? Biasanya pabrikan merekomendasikan ganti oli setelah jarak tempuh ratarata 2500 km. Untuk biayanya berdasarkan merk oli ditambah jasa penggantian.

Namun, pabrikan atau retailer otomotif ada yang merekomendasikan penggantian oli setelah jarak tempuh 5000 km. Wah, itu 2 kali lebih lama dari oli biasa ya. Oli tersebut diklaim sebagai oli dengan kandungan ester yang termasuk dalam base oil tingkat tertinggi.

oli mesin bagian penting untuk dicek saat servis motor

2. Oli gardan

Oli gardan adalah oli khusus kendaraan motor matic. Fungsinya sebagai cairan pelumas komponen transmisi otomatis agar kinerja pada area CVT tidak mudah rusak dan lebih optimal. Tentu saja wajib hukumnya bagi pengguna motor matic untuk rutin mengganti oli gardan. Sebagai tanda pengingat waktunya adalah 2 kali penggantian oli mesin, baru ganti 1 kali oli gardan.

3. Busi

Busi merupakan salah satu sparepart fundamental yang memengaruhi jalannya motor. Fungsi dari busi adalah mengubah aliran tegangan listrik yang disalurkan ignition coil menjadi percikan api. Hal itu yang menjadikan mesin dapat menyala.

Busi motor harus dicek saat servis dan dilakukan penggantian secara berkala. Jika busi tidak berfungsi dengan baik, akibatnya adalah motor menjadi sulit dinyalakan. Hal itu menjadi ribet jika dialami pengendara motor matic.

4. Kampas rem

Kampas rem merupakan salah satu komponen yang memberikan kenyamanan dan keselamatan pengendara dalam sistem pengereman. Kampas rem harus dicek secara berkala saat servis motor. Jika kampas rem tipis, maka sistem rem akan kurang pakem. Hal tersebut dapat membahayakan saat berkendara.

5. Filter udara

Filter udara yang menunjang performa motor berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ruang pembakaran. Penyaringan itu untuk mencegah kotoran masuk dan menyumbat sistem injeksi serta karburator. Saat servis, biasanya akan dicek oleh mekanik, apakah perlu diganti atau tidak.

6. Aki

Accu atau aki motor berfungsi untuk menyalakan kendaraan, daya pada mesin, sensor, lampu dan klakson. Nah, tegangan aki yang ideal saat kondisi mati adalah 12,3-12,6 volt. Sedangkan tegangan aki saat mesin menyala adalah kisaran 13,7-14,2 volt. 

Saat servis perlu dilakukan pengecekan, apakah tegangan aki masih ideal, tidak terjadi kebocoran atau berkarat. Jika kondisi aki sudah tidak layak, maka harus segera diganti.

7. Ban

Pengecekan kondisi ban motor juga perlu dilakukan secara berkala. Apalagi setiap akan menggunakan sepeda motor, sekadar mengecek bannya kempes atau tidak. Saat servis pun, mekanik akan melakukan pengecekan ban secara menyeluruh, seperti tekanan udara dalam ban, kondisi ban luar dan sebagainya.

8. Tune up motor

Tune up motor merupakan proses yang dilakukan untuk mengembalikan performa motor sesuai kondisi standar. Semua komponen yang berkaitan dengan performa motor, dilakukan pemeriksaan. Biasanya memeriksa tekanan ban, kondisi lampu, karburator, rem, tegangan rantai atau pun klakson.

Namun, terkadang saat tune up disertai ganti oli mesin, oli gardan atau sparepart lainnya. Penggantian itu tidak asal saja. Mekanik pasti menginformasikan terlebih dahulu. Jika kita setuju, barulah dilakukan perbaikan hingga penggantian oleh mekanik. 

servis motor planet ban mesinnya seperti baru

Rekomendasi Bengkel Servis Motor 

Saat ingin tune up atau servis motor, kita pasti berusaha mencari tempat servis yang terbaik. Nah, saya punya rekomendasi bengkel servis motor untuk mendapatkan perawatan motor dengan rasa mesin baru atau yang dikenal sistem servis terpadu. Dimanakah itu? Teman-teman bisa servis motor di Planet Ban! 

Tujuan Planet Ban melakukan sistem servis terpadu adalah meningkatkan performa dan ketahanan mesin motor secara cepat dengan biaya yang hemat. Biasanya difokuskan pada pengecekan dan perbaikan bagian vital mesin yang tersembunyi dan jarang diservis (dicek atau disetel).

Teman-teman bisa banget mencari bengkel Planet Ban di sekitar domisili. Di Ponorogo sendiri ada 3 bengkel Planet Ban, sekitar jalan Soekarno Hatta, MT. Haryono dan arah menuju uteran Madiun.

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan Bengkel Lain

Saya rekomendasikan bengkel Planet Ban karena teman-teman akan mendapatkan manfaat seperti berikut ini:

  • Oli yang digunakan berteknologi tinggi, sehingga dapat meningkatkan performa motor dan lebih memberikan perlindungan mesin supaya lebih awet.
  • Dipadukan dengan sparepart asli. Hasilnya adalah tarikan mesin motor menjadi lebih enteng, nyaman digunakan dan tahan lama.
  • Penggantian oli cukup setiap mencapai 5000 km jarak tempuhnya. Hal itu tidak membuat kita mengeluarkan biaya terlalu sering ke bengkel.

Selain itu, masih ada bedanya lagi nih. Biasanya saat servis di tempat lain, masih tertinggal kotoran, debu atau sisa pembakaran pada bagian mesin, seperti pada blok CVT. Hal itu membuat motor menjadi terasa berat.

Jika melakukan servis motor di Planet Ban secara berkala, mesin akan dibersihkan hingga seperti baru, lho! Jadi, bagian mesin seperti blok CVT, kepala silinder, throttle body, piston, klep mesin akan bersih dari kotoran, debu atau pun sisa pembakaran. Tarikan pastinya menjadi lebih enteng karena kita seperti mempunyai mesin baru. Apalagi emisi jadi turun sekitar 70%. Kita jadi lebih menghemat BBM dan mesin bersih total.

manfaat servis motor di planet ban

Mantap, kan! Apakah harus merogoh kantong yang dalam untuk servis selengkap itu? Eits, harga servis di Planet Ban masih terjangkau, dengan kisaran berikut:

  • Servis motor injeksi: Rp 20.000
  • Servis thorttle body: Rp 20.000
  • Servis CVT dan rantai: Rp 19.500

Penutup

Motor sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari untuk memudahkan perjalanan jauh atau dekat. Perlu melakukan perawatan agar motor tetap nyaman digunakan dan mesinnya tidak mudah rusak. 

Merawat dengan melakukan servis motor di Planet Ban, bisa menjadi pilihan tepat. Kita akan dapat layanan terbaik untuk hasil mesin rasa baru. Kapan nih terakhir servis motor? 

April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

13 komentar

  1. Beberapa kali baca artike tentang planet ban, saya mupeng sama murah biayanya.
    Sayang ngga ada di kota saya (sampe sauya googling)
    mana ban motor saya udah mulus lagi, coba kalo belanja dan pasang ban disini mungkin biaya bisa terpangkas banyak, nih

    BalasHapus
  2. Service rutin. Ini bener banget. Harus rajin dibawa ke bengkel meski tidak dalam kondisi rusak. Jadi kualitas kerja mesin motor selalu dalam kondisi prima. Apalagi kalau motornya setiap hari digunakan aktif. Pasti butuh perhatian lebih agar nyaman dan aman untuk dikendarai.

    BalasHapus
  3. Langganannya anakku nih
    Karena Planet Ban sangat terjangkau dan layanannya memuaskan
    Jadi kalo pulang ke rumah, pasti langsung bawa sepeda motornya ke Planet Ban

    BalasHapus
  4. Baru tahu kalau di planet ban menerima jasa servis motor... Tahunya cuma per-"ban"-an aja, ternyata....
    Beberapa teman di kantor juga cerita sih kalau di sana montirnya ramah dan profesional, dengan harga yang terjangkau....

    BalasHapus
  5. Per-oli-an untuk motor ini memang perlu diperhatikan, makanya jangan sampe deh telat buat servis motor ya

    BalasHapus
  6. Paling terasa tuh kalau pas musim hujan. Jadi kudu tepat waktu service nya biar ga ngambek. Alhamdulillah, Planet Ban tau banget yang dibutuhin pelanggan. Dari segi biaya pun dari segi fasilitas yang diterima.

    BalasHapus
  7. Saya pengguna motor matic juga mbak, dan seperti kebanyakan kaum wanita, taunya tinggal pakai saja hehehe....
    Murah ya biaya service di Planet ban, duh padahal biaya servis tuh murah gini, jadi kalau motor ngadat karena jarang di servis, itu keterlaluan banget ya mbak

    BalasHapus
  8. Rekomendasi banget ya planet ban ini, udah terkenal dan harga servis nya terjangkau

    BalasHapus
  9. Kendaraan yang kalau terus dirawat memang bakal terasa seperti baru terus, ya. Karena kondisinya sehat terus. Planet Ban udah banyak dipercaya untuk melakukan perawatan motor secara berkala

    BalasHapus
  10. Reminder banget ini untuk saya yang selama cuma asal pakai motor tanpa perhatian ke motor sendiri. Ganti oli secara berkala pun ternyata juga penting :-)

    BalasHapus
  11. Motorku bukan matic tapi aku juga selalu servis motorku rutin supaya penampilanya bagus dan mesinnya performanya masih ok hehe. Planet Ban salah satu bengkel yang bagus ya, biayanya juga enggak terlalu mahal, tapi pelayanannya sejauh ini baik.

    BalasHapus
  12. nah manasin motor nih kadang yang suka lupa, keburu cepet aja apalagi pas antar anak sekolah. Aku juga bingung kalau pas stater tangannya gak bisa HAHA. Auto panik. Untungnya sekarang gak bingung lagi kalau mau service motor karena ada Planet Ban.

    BalasHapus
  13. Ternyata aku kudet, batu tahu planet ban bisa servis motor. Kirain hanya perawatan ban dan ganti oli aja. Ahahah. Biasanya kalo beli ban selalu di planet ban. Lebih terpercaya gitu..

    BalasHapus

Posting Komentar