Bahagia Melepas dan Memakai Pakaian (Kemandirian Anak)

Saat ini, Hizbi berusia 3 tahun. Sudah memasuki toodler nih. Banyak eksplorasi sekitar dan mulai menunjukkan kemauannya sendiri. Tapi kemauan itu, perlu dilatih menjadi kemandirian yang positif. Tantangan temuan kemandirian yang ingin dilatih adalah melepas dan memakai baju sendiri. 

Apa strong why ingin melatih hal itu? Semakin bertambah umur, Hizbi perlu percaya diri dengan kemampuannya. Melepas dan memakai pakaian sendiri adalah salah satu ketrampilan hidup yang perlu dilatih sejak dini, selain itu untuk melatih motoriknya. 

Baca juga: Merawat bakat anak

InsyaAllah akan bermanfaat untuk kemandiriannya kelak. Tak mungkin, terus bergantung pada kami sebagai orang tua. Baju yang dikenakan sehari-hari adalah kaos, celana dan celana dalam. Tiga hal itu yang menjadi fokus terlebih dahulu. Jika bajunya berkancing, masih dibantu sedikit-sedikit.


Strategi Melatih Kemandirian

1. Sounding

Saya dan suami masih belum bosan untuk mengingatkan Hizbi agar legowo menggunakan tangannya untuk melepas dan memakai pakaian lengkap.

2. Memberi contoh

Saya terutama suami memberikan contoh melepas dan memakai set pakaian lengkap.

3. Membaca Buku

Cukup efektif untuk Hizbi saat memasukkan nilai dengan membaca buku. Biasanya Hizbi akan mengingat-ingat, sambil berkata, "Oh, seperti yang di buku itu ya."

Kesuksesan dan Tantangan Hari Ini

Alhamdulillah praktik bermain memakai dan melepas baju hari ini, terbilang berhasil. Meski praktik pertama pasca mandi, sempat menolak dan berujung mewek yang merajuk untuk melepas baju sendiri. Tapi saat memakai baju, saya mencoba mengajaknya untuk bermain. Jadilah Hizbi menikmati dan senang mencobanya. Begitu juga saat Hizbi meminta tolong melepas baju koko atau kaosnya sepulang dari masjid. Alhamdulillah Hizbi mau melakukan, meski sempat agak terburu.

Tantangan dari kesuksesan itu adalah terus bersabar mendampingi. Jangan sampai terbawa emosi saat anak mulai menolak, merajuk bahkan menangis. Betul-betul harus berenergi positif atau minimal netral. Hihi.

Rasaku Hari Ini

Hmm naik turun, ada sedihnya dikiit tapi juga bahagia karena ternyata perasaan Hizbi juga cepat berubah. Lelaki 3 tahun itu sempat bingung dan mewek tapi sekejab langsung lupa. Berubah jadi bahagia dan semangat. MasyaAllah fitrahnya anak, perlu belajar darinya.


#harike1

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia





Post a Comment

0 Comments