Masih Belajar Melepas dan Memakai Pakaian (Kemandirian Anak Hari ke-2)

Target temuan untuk Hizbi yang berusia 3 tahun adalah melepas dan memakai pakaian tanpa bantuan orang lain. Pakaian itu terdiri dari kaos, celana dan celana dalam. Terlambat ya, huhu. Tapi insyaAllah masih ada waktu untuk melatih kemandiriannya di usia ini.

Apa strong why ingin melatih kemandirian itu? Seperti di postingan sebelumnya agar Hizbi percaya bahwa dirinya mampu. Tak bergantung pada kami sebagai orang tua dan bahagia saat bisa melepas dan memakai pakaian sendiri. InsyaAllah akan bermanfaat untuk kemandirian (ketrampilan hidupnya), semoga makin menumbuhkan fitrah perkembangannya.

Strategi Melatih Kemandirian
1. Sounding. Saya dan suami masih belum bosan untuk mengingatkan Hizbi agar mau menggunakan tangannya untuk melepas dan memakai pakaian lengkap.
2. Memberi contoh. Saya terutama suami memberikan contoh melepas dan memakai set pakaian lengkap.
3. Mendampingi dan memberi semangat.
4. Jika berhasil, kami beri tepuk tangan dan pujian yang membangun

Kesuksesan dan Tantangan Hari Ini
Adaptasi dan belajar dari pengalaman hari-hari sebelumnya (sebelum tantangan dimulai) jadi mencoba mencari waktu dan suasana yang tepat agar Hizbi mau berusaha. Kalau suasana hatinya kurang baik, jelasnya merajuk dan menolak untuk melepas dan memakai pakaian sendiri. Tapi alhamdulillah, ada saat-saat Hizbi melakukannya yaitu usai buang air kecil atau sepulang dari masjid. 
Tantangan dari kesuksesan itu adalah terus bersabar mendampingi. Pintar-pintar untuk belajar membaca emosi Hizbi juga

Rasaku Hari Ini
Alhamdulillah lebih slow ya, tak baper-baper lagi. Mencoba lebih legowo apapun hasilnya. Respon dari perasaannya Hizbi ya masih berubah-ubah. Dia akan senang jika ajakan memakai dan melepas pakaian dalam bentuk permainan atau sambil bercanda.

-April Fatmasari-
IP regional Surabaya Madura

#harike2
#tantangan15hari
#zona2kemandirian
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia


Post a comment

0 Comments