Rileks Melatih Melepas dan Memakai Pakaian (Kemandirian Anak Hari ke-3)

Target temuan di hari ketiga tantangan kemandirian anak, masih sama seperti dua hari sebelumnya. Mengajak Hizbi untuk menikmati proses melepas dan memakai pakaian di usianya 3 tahun ini. Pakaiannya yaitu kaos, celana dan celana dalam. Proses itu juga sejalan dengan memilih pakaiannya sendiri dan beberes handuk pasca mandi.

Alasan kuat untuk melatih kemandirian itu, agar Hizbi lebih percaya diri dan terampil dari hal-hal yang sederhana. Proses ini juga bagian dari fitrah perkembangan kemandiriannya. Karena Hizbi tak mungkin berlama-lama bergantung pada kami sebagai orangtuanya. 


Strategi Melatih Kemandirian

1. Rileks. Proses ini cukup menguras emosi juga ternyata, jadi harus santai dan no baper supaya hasilnya juga tak terlalu mengecewakan.

2. Sounding. Saya dan suami masih belum bosan mengingatkan Hizbi agar mau menggunakan tangan untuk melepas dan memakai pakaian lengkap.

3. Memberi contoh. Saya terutama suami memberikan contoh melepas dan memakai pakaian.

4. Mendampingi dan memberi semangat.

5. Jika berhasil, kami beri tepuk tangan dan pujian yang membangun.

6. Jika belum berhasil, terus melatih pelan-pelan.


Kesuksesan dan Tantangan Hari Ini

Alhamdulillah menemukan metode yang membuat Hizbi tergerak untuk mencoba melepas dan memakai pakaian. Jadi bisa dibilang, dengan seizin Allah saya melihat binar mata saat Hizbi melakukannya. Saya juga lebih rileks, tak terlalu berekspektasi lebih dan insyaAllah selalu belajar melihat kondisi dan situasi hatinya. Tantangan tadi adalah sabar dengan proses adaptasinya, tak terlalu intervensi karena waktunya lebih lama dibanding saya yang membantunya langsung. InsyaAllah sambil melatih konsistensi kami.


Rasaku Hari Ini

Qadarallah masih diizinkan untuk merasa bahagia atas pembelajaran hari ini dalam melatih kemandirian Hizbi. Hizbi juga tak merasa terburu atau tertekan saat melakukan. InsyaAllah Hizbi merasa menikmati juga prosesnya tadi, seakan sambil bermain. Apakah ingin memakai pakaian dengan duduk atau sambil melatih keseimbangan berdiri satu kaki. Saatnya berganti tantangan untuk besok.


-April Fatmasari-

IP regional Surabaya Madura



#harike3

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia






Post a Comment

0 Comments