Rekomendasi Buku Islami untuk Anak bertema Tauhid

13 komentar

Saya sempat merasa kaget melihat influencer di Instagram sedang mereview buku yang disisipi paham yang dimurkai Allah. Ada halaman dalam buku tersebut yang menceritakan bahwa anak memiliki dua ayah. Naudzubillah, kaget banget sewaktu lihat sekilas isi bukunya.

Beberapa tahun ini memang sering diadakan bazar besar-besaran untuk buku lokal atau import di berbagai kota di Indonesia dengan harga murah. Belum lagi, adanya open pre order buku-buku import yang katanya harganya juga murah. Nah, orang tua yang ingin menumbuhkan kecintaan literasi membaca pada anak, tentu tidak akan melewatkan momen tersebut. 

Melihat buku murah berbahasa Inggris, pasti membuat berbinar bagi yang merasa membutuhkan. Apalagi harga buku yang ramah di kantong, memang menggiurkan. Jadinya langsung kalap deh, akibatnya kurang teliti melihat isi yang disampaikan buku.

rekomendasi buku islami untuk anak bertema tauhid

Kita memang harus selektif memilih buku anak, terutama untuk anak balita. Anak-anak mungkin bisa memilih, tapi tidak secara obyektif. Maka orang tua lebih banyak berperan sebelum memberikan pilihan ke anak.

Sebagai orang tua yang memiliki visi misi pengasuhan keluarga, tentu berhati-hati juga dalam menyediakan buku-buku anak di rumah. Seperti yang kita tahu, bahwa buku adalah jendela ilmu. 

Dengan membaca buku, maka akan menambah ilmu pengetahuan. Selain itu, buku dapat menjadi sarana menumbuhkan keimanan, kecintaan anak pada Allah, dan agama Islam, bagi keluarga muslim. 

Dari buku juga, ilmu parenting islami pun bisa diterapkan untuk anak-anak. Saat ini bermunculan komunitas atau lembaga parenting yang perhatian juga dengan literasi di masing-masing rumah. Misalnya saja pondok parenting di Malang, seperti Sekolah Parenting Harum. Sebagai orang tua pasti berharap, anak-anak menjadi generasi yang berakhlak mulia dan tidak minim literasi. 

Keluarga kami pun menyediakan buku-buku anak dengan bermacam tema di rumah. Pernah juga sih, sedikit kecolongan. Membeli buku yang di dalamnya terselip kata-kata kasar yang tertulis gamblang di buku anak. Itu jadi pelajaran berharga buat kami.

7 Rekomendasi Buku Islami untuk Anak

Ketika ada kesempatan dan luang dalam membeli buku anak, salah satu temanya adalah buku islami. Nah, ada beberapa buku yang menurut saya bisa menjadi rekomendasi, antara lain:

Allah Ciptakan Tubuhku

Buku ini dicetak dalam 2 jenis, ada yang hard cover dan matte paper. Saya memiliki yang sampulnya matte paper. Sebetulnya tidak lolos QC cetak, tetapi tidak mempengaruhi makna keseluruhan buku kok. Secara harga lebih terjangkau yaa. 

buku anak berjudul Allah ciptakan tubuhku

Nah, menurut saya, buku ini adalah sarana menumbuhkan kecintaan anak pada Allah melalui ciptaan-Nya, yaitu tubuh. Anak diajak mengenal fase perkembangan tubuh mulai dari dalam kandungan hingga organ-organ lain tumbuh sempurna, melakukan aktivitas sehari-hari. Kita dapat mengajak anak bersyukur atas nikmat tubuh yang sudah Allah berikan dan harus menjaganya. 

Buku karya Amalia Kartika Sari ini, full color khas anak-anak, sangat menarik. Penggunaan bahasanya juga sederhana dan mudah dimengerti. 

Allah Selalu Ada Untukku

Ini buku seri lain karya Amalia Kartika Sari. Bukunya hardcover, isinya matte paper full color dan ilustrasinya masih khas seperti seri Allah Ciptakan Tubuhku. Namun, di buku ini ilustrasinya faceless dan tetap menggemaskan. 

buku anak berjudul Allah selalu ada untukku

Menurut saya, buku ini bisa menjadi perantara anak dalam menggambarkan kebesaran dan kekuasaan Allah. Menanamkan tauhid secara sederhana bahwa Allah itu sayang dengan memberikan segala nikmat yang tidak dapat dihitung jari. 

Mengenal Allah

Salah satu seri dari Ushul Tsalatsah for Kids yaitu buku berjudul Mengenal Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Menurut saya, buku karya Arnida Sharah Auli ini mengenalkan tentang Allah dengan bahasa sederhana yang masih mudah dipahami anak.

buku anak berjudul Mengenal Allah

Mengenalkan alam semesta ciptaan Allah, menuliskan sekilas tentang nama-nama Allah yang indah dan sifat-sifat yang sempurna. Diselipkan juga kisah tentang kaum Saba’.

Ilustrasinya kece banget hasil tangan-tangan dingin DK. Wardhani dan Tiffa N. Tanuwigena. Ilustrasi khas dari penerbit Ahlan adalah faceless. Buku ini ilustrasinya seperti gambar manual yang digitalkan.

Allah yang Memberi Rezeki

Salah satu buku yang hemat di kantong dalam menumbuhkan kecintaan anak pada Allah adalah buku berjudul Allah yang Memberi Rezeki. Buku ini cocok untuk anak yang sudah bisa membaca suku kata. Sebagian besar isi halamannya berisi satu kalimat saja. Ada beberapa halaman berupa poin-poin, tetapi tidak panjang.

buku anak berjudul Allah yang memebri rezeki

Isinya sangat sederhana dan dekat dengan keseharian. Menurut saya, buku ini dapat menumbuhkan rasa syukur adanya bermacam-macam rezeki yang dirasakan. Ilustrasinya menarik dan sederhana. Langsung fokus dan membuat anak mudah memahami.

Pensilmu Terjatuh

Salah satu buku dari penerbit Pinisi Samudra Ilmu, selain Allah yang Memberi Rezeki adalah Pensilmu Terjatuh. Menurut saya, buku ini mengajarkan pemahaman bahwa Allah Maha Melihat, melalui cerita pensil terjatuh. 

buku anak berjudul Pensilmu terjatuh

Buku ini menjadi salah satu sarana tauhid bahwa Allah itu Maha Melihat meskipun tidak ada orang lain yang melihat. Harapannya anak memiliki akhlak mulia mulai dari hal sederhana yaitu tidak mengambil barang yang bukan miliknya. Terlihat sepele ya, tapi insyaAllah berdampak baik dan mulia hingga dewasa kelak.

Buku karya Athirah Mustadjab ini mungil, cocok untuk anak-anak. Sampulnya bukan hardcover, harganya juga sangat terjangkau. Ilustrasinya bagus dan full color.

Cocok untuk anak-anak yang sudah dapat membaca per suku kata, karena satu halaman berisi satu kalimat. Pesan yang disampaikan saat anak membaca pun dapat dipahami oleh anak. 

Amazing Cerita-Cerita Sains Terbaik dari Al-Qur’an

Salah satu buku terbitan Al Qudwah Publishing ini adalah kumpulan cerita sains yang bersumber dari Al Qur’an. Seperti kita tahu bahwa Al Qur’an adalah pedoman langsung dari Allah. Menurut saya, adanya buku ini untuk menumbuhkan fitrah keimanan anak. Ilmu kehidupan dalam bidang sains telah tertulis jelas di dalam Al Qur’an.

buku anak berjudul Amazing cerita-cerita sains terbaik dari Al-quran

Allah Maha Mengetahui dan berkuasa dengan segala ciptaanNya yang ada di bumi. MasyaAllah. Isi buku ini disajikan paket lengkap, mulai dari cerita anak, pojok pengetahuan dan petunjuk ayat Al Qur’an. Ilustrasi yang menarik serta foto-foto kejadian sains, semakin membuat buku ini berbobot.

Angka-Angka dalam Al-Qur’an

Mengenalkan literasi numerik pada anak dapat menggunakan buku Angka-Angka dalam Al Qur’an. Menurut saya, buku ini dapat menumbuhkan keimanan dan rasa cinta anak pada Al Qur’an. Ternyata Al Qur’an firman Allah itu menarik.

buku anak berjudul Angka-angka dalam Al-quran

Boardbook tertiban pustaka RMA, karya Julia Sarah Rangkuti dan ilustratornya adalah DK Wardhani. Perpaduan keduanya sangatlah pas. 

Melalui buku ini diharapkan anak tahu ada banyak perintah Allah yang berkaitan dengan angka melalui ayat-ayat Al Qur’an. Saat membeli boardbook ini, kita akan mendapatkan ebook tentang berbagai kisah angka dalam Al Qur’an.

Penutup

Nah, itulah beberapa rekomendasi buku islam untuk anak versi saya. Pasti teman-teman mempunyai rekomendasi buku islam untuk anak yang lain. Dalam menghadirkan buku anak pun tidak harus membeli baru, kita dapat meminjam atau membeli buku second. Semangat membacakan buku anak yaa!

April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

13 komentar

  1. Serem ya. Kita harus benar-benar memperhatikan soal pilihan buku untuk anak. Bukan nggak mungkin terselip hal yang nggak seharusnya anak baca. Kayak anak punya 2 ayah atau terselip kata kasar.

    BalasHapus
  2. Kak makasih rekomendasinya, bisa buat referensi kado ataupun keponakan aku nih

    BalasHapus
  3. Wah rekomendasi buku islami tuk anak2nya menarik nih. Catat dulu ah. Buat rekomendasi kado buat keponakanku. Makasi udah share kak April.

    BalasHapus
  4. Semuanya bagus dan memiliki manfaat masing-masing sesuai dengan tema dan ilmu yang dibawanya. Tinggal kita nih orang tua atau orang dewasa yang membimbing nya bagaimana cara supaya anak paham dan mengamalkan nya ya

    BalasHapus
  5. Buku adalah salah satu instrumen yang bisa mempengruhi karakter. Apalagi kalau buku diperkenalkan sejak usia dini. Unuk buku-bbuku rohani juga bisa membentuk keimanan lebih baik lagi..

    BalasHapus
  6. Bagus2 kak bukunya, isinya semua bagus untuk dikenalkan sama anak dari usia dini

    BalasHapus
  7. Wah makasih kak rekomendasinya, pingin nih ngadoin temen yg anaknya masih kecil. Kebetulan aku sudah ada beberapa :) penting bgt sih tema tauhid ini, semacam landasan untuk anak dari usia dini

    BalasHapus
  8. Pasti seneng rasanya jika anak-anak udah gemar membaca buku karena bisa membawa kebiasaan baik ini hingga dewasa. Orang yang rajin baca buku tentu cara pikir dan pandangnya luas. Btw dengan buku islami seperti ini, anak-anak akan paham akan kuasa ilahi. Apalagi jika sampul dan halaman-halamannya menarik.

    BalasHapus
  9. Terima kasih rekomendasi buku anaknya ya, Mba. Jadi pengen juga buat bacaan anak saya di rumah. Bagus buat menerapkan tauhid pada anak lewat membaca buku seperti ini

    BalasHapus
  10. Rasanya saya ada seri dari Allah Selalu Ada Untukku tapi judul yang berbeda. Makasi rekomendasinya ya Kak. Memang penting memilihkan bacaan yang baik dan tepat untuk anak sekarang ini, terutama belajar Tauhid sejak dini.

    BalasHapus
  11. recomendasi yang menarik nih, saya termasuk orang yang selalu mencari sumber2 bacaan dan inspirasi buku yang bisa dibeli untuk nutrisi pengetahuan anak, termasuk bahan bacaan islami untuk anak. makasih ya recomendasinya

    BalasHapus
  12. Keren ini! Biar si kecil nanti pertumbuhannya jadi lebih baik dan terarah, terutama dalam hal keagamaan dan karakter

    BalasHapus
  13. Aku ada beberapa yang ka April sebutkan.
    Senang sekali bisa mengajarkan ananda tauhid. Karena dari sini, pijakan awal dibentuk dan semoga anak-anak bisa mengenal Rabb-Nya secara benar dan kaffah.
    Barakallahu fiik~

    BalasHapus

Posting Komentar