Inspirasi Tempat Asyik untuk Meningkatkan Mood Menulis

2 komentar

Bagi sebagian orang, menulis adalah me time. Cara seseorang memanfaatkan waktu diri sendiri secara berkualitas dengan mengekspresikan perasaan dalam bentuk tulisan. Agar dapat melakukan hal itu, membutuhkan waktu dan tempat asyik untuk meningkatkan mood menulis yang sempat redup.

Nah, saya yang masih belajar menjalani aktivitas sebagai blogger, terkadang harus menulis karena ada kerja sama dengan pihak lain. Saya merasa tidak harus mencari tempat dan waktu khusus dalam menulis karena diburu dengan waktu serta anak.

inspirasi tempat asyik untuk meningkatkan mood menulis

Namun, ketika dihadapkan dengan topik menulis yang tidak biasa karena permintaan dari pihak yang memberi kerja sama, otomatis saya harus putar otak. Saya masih mengadaptasikan diri untuk menulis topik-topik di luar zona nyaman. Mencari ide dengan berbagai sumber inspirasi harus dilakukan.

Mencari inspirasi menulis dari rumah, memang paling nyaman. Namun, sesekali bolehlah keluar mencari angin segar untuk menangkap ide baru menjadi tulisan. Menentukan tempat yang seru untuk menulis di luar rumah. Siapa tahu bisa menginspirasi teman-teman juga agar lebih meningkatkan mood menulis.

Rekomendasi Tempat Asyik untuk Meningkatkan Mood Menulis Kembali

Ada yang mengatakan saat mengalami kebuntuan menulis, sebaiknya kita bergerak. Iya, bergerak apa saja agar otot tidak kaku dan otak menjadi rileks. Biar sekalian rileks, bisa nih keluar rumah mencari tempat nyaman untuk menulis. Dimana saja sih tempat yang asyik bisa untuk menuangkan ide menjadi tulisan?

Perpustakaan

Perpustakaan adalah tempat yang sudah terkenal dengan beragam koleksi buku yang tersimpan rapi. Tempat yang menjadi tujuan mulai dari orang yang sekadar penasaran hingga orang yang cinta dengan buku. Tempat ini cocok buat yang suka menulis di tempat tenang. Di perpustakaan biasanya tenang kan, ya?

Kalau menurut saya, perpustakaan salah satu tempat favorit untuk menulis apalagi sewaktu kuliah. Misal tidak dapat tempat duduk kursi dan meja, kalau tempatnya bersih dan nyaman, bisa lesehan dengan cari posisi nyaman. Suasana hening perpustakaan dapat membuat lebih konsentrasi dalam menulis.

Nilai plus lagi, ketika lagi stuck menulis, kita bisa punya banyak sumber ide. Perpustakaan menyedia banyak sumber ilmu untuk dapat kita baca dan bisa menjadi inspirasi tulisan. Mungkin juga bertemu dengan sesama pecinta buku. Kita dapat menjadikan sebagai teman diskusi dan mencari inspirasi.

Taman umum

Saat kita tinggal di permukiman kota, terkadang membutuhkan pandangan yang segar atau pemandangan hijau. Ketika belum ada kesempatan untuk pergi jauh menikmati alam, kita bisa memanfaatkan taman kota di daerah sekitar yang tersedia. Taman kota biasanya disebut dengan ruang terbuka hijau. Walaupun udaranya tetap di kota yang sama, tetapi dengan melihat suasana baru, setidaknya dapat mempengaruhi mood menjadi lebih baik.

Kita pilih taman kota yang memang sudah terkenal nyaman. Jangan sampai malah membuat mood jadi jelek karena ada yang yang tidak menyenangkan saat di taman kota. Entah penyebabnya karena kotor, tidak rapi, terlalu ramai atau hal lainnya.

Biasanya nih, taman kota menyediakan berbagai fasilitas umum lain selain area taman. Contohnya saja seperti kursi taman, playground, gazebo, toilet umum, dan lain sebagainya. 

Nah, kita cari tempat yang mendukung untuk menulis di taman kota, bisa di bangku taman, gazebo atau di bawah pohon, agak jauh dari keramaian. Kemungkinan suasana yang mendukung dengan semilir angin sepoi akan membantu mengalirkan ide menulis. Mengamati aktivitas di taman kota juga bisa menjadi inspirasi tema tulisan kita.

Cafe

Siapa nih yang punya kebiasaan menulis sambil memenuhi asupan perut? Sepertinya butuh tempat yang nyaman untuk menulis sambil incip makanan atau minuman. 

Biasanya cafe memiliki desain khas masing-masing, mulai dari yang modern estetik hingga tradisional alami. Dari beberapa konsep tersebut, cafe yang memiliki suasana tenang dan santai bisa menjadi pertimbangan untuk dipilih. Para travel blogger Indonesia yang hobi kuliner, biasanya punya strategi dalam memilih cafe nyaman dengan harga menu yang ramah kantong.

Apalagi jika cafe dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang membuat kita nyaman dalam menulis. Contohnya seperti fasilitas wifi gratis, furniture yang nyaman dan menu-menu ringan dengan harga terjangkau. Harga dan menu perlu diperhatikan, sebab cafe bukanlah perpustakaan yang hanya duduk manis saja. Jadi, kita perlu memperhatikan menu yang cocok di kantong sebagai teman menulis. 

Hotel

Jika punya budget berlebih, kita bisa menyewa hotel untuk menumbuhkan mood baru dalam menulis.Suasana kamar hotel yang nyaman, tenang, dan bersih, tentu mendukung mood menulis. Yaa, walaupun harus rela merogoh kocek lebih dalam. 

Menulis di hotel mungkin bisa sebagai bentuk reward diri untuk diri sendiri. Bisa juga karena ada momen menerima proyek menulis dengan mendapat materi (uang) yang besar. Jadiah harus mempersiapkan tulisan dengan baik. Hal itu akan sepadan dengan biaya yang dikeluarkan. 

Tempat liburan

Mungkin ada yang dalam suasana libur sekolah anak, tetapi tawaran menulis tidak libur. Menulis di tempat liburan pun bisa menjadi pilihan. Ya, walaupun terbatas tetapi setidaknya sudah menuangkan poin-poin ide yang bisa dikembangkan di lain waktu.

Jika hobi berpetualang, pasti memiliki banyak pengalaman traveling ke tempat liburan atau lokasi wisata. Saya sendiri merasa bahwa tempat-tempat liburan atau wisata dapat menjadi sarana mencari inspirasi dan meningkatkan mood dalam menulis. 

Selain itu, tempat liburan di alam terbuka seperti pantai atau pegunungan akan memberikan suasana berbeda yang anti mainstream untuk menuangkan ide menjadi tulisan. Suasana yang nyaman dan tenang, sangat cocok bagi blogger pecinta alam yang senang kedamaian. Menulis bisa menjadi lancar, layaknya air sungai jernih yang mengalir. 

Penutup

Ide menulis bisa didapatkan dari mana saja. Begitu juga dengan mood menulis yang perlu dijaga. Berbagai inspirasi tempat asyik untuk meningkatkan mood menulis, bisa kita coba kunjungi. Kalau teman-teman, biasanya lebih suka menulis dimana ketika di luar rumah?

April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. aku juga seriiingggg bgt kena writer's block mbaaa

    klo kyk gt, biasanya aku jalaaannn kaki agak jauh, di atas 1 km deh 😁 lalu semangaattt lagi.

    BalasHapus
  2. Wah, kalau aku paling sering ngetik di meja makan dekat ruang keluarga dan dapur hahaha :D Atau kalau mau lebih keren sesekali ke coffee shop aja sih, bukan resto soalnya rame qkwkwkwkwkw :D Aku lebih suka di dalam ruangan terutama yang ber-AC. Kalau di taman kota kayaknya kurang bisa konsentrasi hihihi. TFS mbak.

    BalasHapus

Posting Komentar