Sinar Mas Land Wujudkan Konsep Pembangunan Livable City

12 komentar

Tinggal di sekitar kawasan ibu kota, biasanya memiliki ritme harian yang padat. Terkadang ada yang membutuhkan waktu tempuh lama antara rumah dan kantor. Rutinitas berangkat, bekerja, dan pulang terasa cukup melelahkan. 

Kembali pulang ke rumah adalah hal ternyaman untuk melepas penat. Walaupun, hari-hari harus berhadapan dengan rutinitas kemacetan, layanan kota yang kurang efektif ataupun kualitas lingkungan yang kurang baik. 

Sehingga, bagi keluarga muda yang ingin memiliki rumah atau berinvestasi properti, perlu mempertimbangkan hunian dengan konsep kota layak huni (livable city). Sebuah konsep terintegrasi yang menaikan kualitas hidup masyarakat yang bertempat tinggal di kawasan kota.

sinar mas land wujudkan konsep pembangunan livable city

Tentang Konsep Livable City

Livable city menjadi gambaran suatu kebutuhan dasar masyarakat perkotaan yang nyaman sebagai tempat tinggal dan tempat beraktivitas dari berbagai aspek. Mendapatkan kemudahan dalam mengakses sarana prasarana seperti fasilitas perkotaan, tata ruang, termasuk air bersih, sanitasi, dan lainnya. Selain itu juga nyaman dalam mendapatkan akses non fisik, seperti hubungan sosial, berkomunitas yang aman, aktivitas ekonomi, maupun budaya.

Adanya konsep pembangunan yang lebih mendukung arah modern dengan memperhatikan gaya hidup berkelanjutan (sustainable), kehidupan di kota jadi lebih nyaman. Apalagi konsep pembangunannya juga peduli dengan kondisi bumi dan lingkungan agar tetap lestari, tentu mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan.

Siapa yang tidak ingin menikmati seperti itu? Saya sendiri sih ingin dan kemungkinan teman-teman juga ada yang menginginkannya. Mengingat kehidupan di kota-kota besar yang terkadang terasa kurang kondusif atau tidak nyaman. 

Livable city merupakan sebuah konsep pembangunan kota yang terintegrasi secara harmonis, terpadu, dan berkelanjutan. Mewujudkan kota-kota yang lebih efisien, ramah lingkungan, aman, dan inklusif. 

Tujuan pembangunan konsep livable city

Saat mengembangkan konsep livable city, tentu memiliki tujuan, antara lain:

Meningkatkan kualitas hidup

Konsep livable city menawarkan peningkatan kualitas hidup yang lebih baik bagi masyarakatnya. Adanya kemudahan dalam mengakses fasilitas rekreasi atau hiburan, olahraga, pendidikan, ataupun layanan kesehatan yang berkualitas.

Sistem keamanan lebih terjaga

Fasilitas keamanan yang baik juga menjadi prioritas pembangunan berkonsep livable city. Agar tercipta rasa aman dan keselamatan masyarakat di lingkungannya sendiri.

Mengurangi dampak buruk lingkungan

Pembangunan livable city juga memperhatikan konsep berkelanjutan yang ramah lingkungan. Berbagai sarana yang terintegrasi dan pemanfaatan lahan terbuka hijau dapat meningkatkan kualitas udara.

Meningkatkan mobilitas

Dengan ketersediaan infrastruktur transportasi yang baik, terintegrasi dengan sara penunjang lainnya, tentu menjadi lebih efisien dalam menjangkau berbagai fasilitas yang dibutuhkan. Hal itu membantu mengurangi kemacetan dalam perjalanan.

Inklusivitas sosial

Inklusivitas termasuk tujuan dari konsep livable city. Semua masyarakat dapat melakukan terlibat dalam aktivitas sosial tanpa terkecuali. Begitu juga dalam aksesibilitas fasilitas yang telah tersedia, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat tanpa memandang status sosial, ekonomi, termasuk penyandang disabilitas.

Pembangunan Livable City di Indonesia

Konsep livable city telah diterapkan di negara-negara besar. Indonesia sebagai negara berkembang juga memiliki potensi untuk menerapkan pembangunan berkonsep livable city yang berkelanjutan. 

Konsep pembangunan perkotaan perlu mempertimbangkan kelayakan huni bagi masyarakat yang tinggal di sana. Apalagi jika memperhatikan berbagai tujuan positif dari pembangunan berkonsep livable city.

Sinar mas land sebagai salah satu pengembang properti di Indonesia

Para pengembang properti bisa menjadikan hal tersebut sebagai peluang, salah satunya adalah Sinar Mas Land. Perusahaan pengembang properti terbesar dengan proyek beragam di Indonesia. Sinar Mas Land telah berpengalaman lebih dari 40 tahun. Komitmennya dalam bidang pengembang properti telah meraih berbagai prestasi dan penghargaan, seperti 290 penghargaan properti terbaik, 219 penghargaan proyek pengembang terbaik, dan masih ada lainnya.

Sinar Mas Land pun mendukung pemerintah Indonesia dalam menerapkan prinsip ESG (environmental, social, governance) pada pembangunan berkelanjutan. Melakukan integrasi dan implementasi prinsip-prinsip pelestarian lingkungan, tata kelola baik, serta tanggung jawab sosial. Dengan begitu, memberikan dampak positif seperti penghematan penggunaan listrik, biaya operasional, peningkatan kesehatan, serta produktivitas. 

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City

Dalam proyek yang dikembangkan Sinar Mas Land, memiliki perhatian pada peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan konsep livable city. Konsep yang menyediakan akses setara dengan kebutuhan hidup, mulai dari hunian layak, kualitas hidup meningkat, mobilitas efisien, layanan pendidikan, serta lingkungan kerja.

Ada 4 pilar yang menjadi konsep pembangunan Sinar Mas Land dalam mengembangkan livable city, yaitu live, learn, work, dan play.

Adanya dukungan tim manajemen yang kuat, Sinar Mas Land dikenal sebagai pengembang kota mandiri dan layak huni yang paling berhasil. Contohnya saja melalui BSD City development. Selain itu, Sinar Mas Land juga menjadi pelopor pengembangan perumahan klaster (Kota Wisata di Cibubur, Grand Wisata di Bekasi, Legenda Wisata di kawasan Cibubur, dan lainnya). 

4 pilar konsep pembangunan livable city sinar mas land

Beberapa proyek Sinar Mas Land

  • Sinar Mas Land berkomitmen wujudkan pembangunan proyek yang progresif dan tepat waktu dengan Akasa Pure Living di Tower Kamaya. Didesain secara eksklusif untuk seimbangkan konsep hunian dengan alam terbuka dalam apartemen modern. Dilengkapi sederet fasilitas modern, berlokasi strategis, akses transportasi mudah, serta sistem keamanan 24 jam. Hal itu memenuhi kebutuhan tempat tinggal nyaman dan dinamis.
  • Perkembangan bisnis yang dilakukan Sinar Mas Land yaitu usaha perhotelan, konstruksi maupun kota baru di sejumlah daerah. Wilayah yang menjadi fokus pengembangannya antara lain BSD di Tangerang, DP Mall Semarang, sejumlah proyek di Surabaya, Batam, serta lokasi Ibukota Negara (IKN) dengan mengusung konsep eco building.
  • Sinar Mas Land dukung kebijakan pemerintah dalam target Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060. Langkah konkret Sinar Mas Land yaitu menerapkan material ramah lingkungan dengan Energi Baru Terbarukan (EBT). Penerapan panel surya di bangunan komersial, sarana penerangan jalan hingga pemanfaatan layanan Renewable Energy Certificate (REC) dari PT. PLN.
  • Proyek pengembangan mixed use development pertama di BSD City yaitu Upper West direncanakan selesai tahun 2024. Dalam pembangunannya menggabungkan lifestyle ground, SOHO, apartemen, serta loft living secara terintegrasi satu kawasan. Selain itu, mengaplikasikan teknologi tinggi seperti Smart System, Internet of Things (IoT), tetapi masih dapat menikmati kesejukan alami melalui pengelolaan tempat yang hemat energi.

Penutup

Livable city menjadi konsep yang patut dikembangkan, bukan hanya dari segi kenyamanan saja, tetapi juga kebermanfaatan yang berkelanjutan. Peluang suatu kota untuk menjadi lebih berkembang dan maju, bukan hanya sekadar impian.

Sinar Mas Land telah membuktikan berbagai proyeknya dalam mengembangkan konsep livable city yang berkelanjutan di Indonesia. Hal tersebut dapat membantu pemerintah dalam menciptakan lingkungan perkotaan terpadu, layak huni, terintegrasi yang ramah lingkungan, serta memenuhi kebutuhan masyarakat. 

April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

12 komentar

  1. Setiap pembangunan yang dilajukan Sinar Mas Land emang udh pasti keren mbak. Semuanya rata2 komplek kota mandiri yg serba lengkap di satu kawasan

    BalasHapus
  2. Sinar Mas Land emang top markotop.
    Selalu berikan yg terbaik💯🙏
    yang jelas, semua property klo di bawah SML pasti daebakkk

    BalasHapus
  3. Nggak semata membangun rumah ya, tapi juga mempertimbangkan kenyamanan hidup yang berkualitas buat penghuninya.
    Keren sih ini, Sinar mas Land emang selalu berinovasi lebih untuk kenyamanan penghuni dalam memiliki properti atau hunian idaman :)

    BalasHapus
  4. Proyek yang dikembangkan SInar Mas Land selalu berkualitas dan keren. Pantesan konsep pembangunannya adalah mengembangkan livable city, yaitu live, learn, work, dan play. Hunian idaman ini....

    BalasHapus
  5. Konsep Liveable City Sinar Mas Land. memang sangat bagus untuk masa depan dan kelestarian nya

    BalasHapus
  6. Akutu kalau mau ke sekolah anakku lewat tol Cibubur, langsung keliatan tuh perumahan yang dibangun Sinar Mas Land. Memang nyaman banget kalau tinggal di tempat yang aksesnya mudah dan hunian yang nyaman dari segi lingkungan hingga fasilitas.

    BalasHapus
  7. Keren nih konsep livable city Sinarmas Land. Apalagi mendukung target zero emmision lewat energi alternatif ya

    BalasHapus
  8. Ah kece banget sih konsep Liveable dari Sinar Mas Land ini
    Beneran jadi hunian impian banyak orang ya mbak

    BalasHapus
  9. punya hunian dengan konsep livable city kebayang nyamannya setelah cape kerja langsung dapat isi daya setelah dirumah

    BalasHapus
  10. Kalau secara keseluruhan di Indonesia diterapkan livable city pasti teratur sekali ya. Sayangnya baru beberapa pengembangan saja yang menggunakan konsep ini

    BalasHapus
  11. Iya konsep Livable City memang sangat dinantikan siapa saja
    Bahkan saya berharap bisa punya rumah di kawasan yang sudah menerapkan konsep ini

    BalasHapus
  12. Tinggal di ibu kota itu memang sesuatu ya. Pulang kerja sepertinya cuma mau mager di rumah. Dan kalau bisa cari rumah yang dekat dengan fasilitas publik seperti Sinar Mas Land ini.

    BalasHapus

Posting Komentar