Manfaat Sertifikasi Autodesk Certified User

11 komentar

Berkembangnya zaman dan teknologi, menuntut kita untuk terus belajar meningkatkan kemampuan. Belum lagi, persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif menjadikan standar dan kualitas SDM semakin meningkat. Soft skill dan hard skill menjadi perhatian penting di dalam dunia kerja untuk mengembangkan perusahaan. 

Hard skill tidak cukup nilai dan gelar akademik. Perlu mengasah keterampilan lain yang sesuai dengan bidang yang digeluti, selain gelar akademik. Bagi yang menggeluti bidang teknik seperti arsitek, sipil, mekanik, instrument, pemetaan, konstruksi, desainer, dan sejenisnya, tidak asing dengan keterampilan mengoperasikan perangkat lunak (software) untuk menggambar. Salah satu perangkat lunaknya adalah Autodesk. 

Adakah yang sudah biasa menggunakan, atau malah baru mendengar? Kita akan sedikit membahas tentang software Autodesk dan perlunya menambah kompetensi serta keahlian di bidang terkait, dengan mengikuti Autodesk Certified User.

manfaat sertifikasi autodesk certified user

Sekilas tentang Autodesk

Autodesk merupakan software desain grafis yang diproduksi oleh perusahaan Amerika Serikat bernama Autodesk Inc pada tahun 1982 oleh John Walker. Autodesk digunakan untuk menggambar desain dalam format dua dimensi dan tiga dimensi. 

Produk unggulan pertama Autodesk adalah AutoCAD (Computer Aided Design) digunakan untuk berbagai keperluan industri. Sebagian besar digunakan oleh arsitek, insinyur, perancang struktural atau manufaktur hingga industri media dan hiburan.


Jenis Software Autodesk 

Autodesk memiliki beberapa jenis software yang telah dikeluarkan untuk menunjang produksi manufaktur, bangunan hingga fashion. Apa saja itu?

  1. Autodesk inventor: Software yang memudahkan engineer menggunakan berbagai macam fitur untuk membuat desain mold, dokumentasi, dan simulator berbasis parametik.
  2. Inventor Autodesk Analysis: Software yang digunakan untuk mendesain dan memilih bagian dalam perakitan agar sesuai ketentuan mekanis berdasar toleransi kumulatif.
  3. Autodesk Inventor Nesting: Software yang membantu perbandingan perhitungan bahan baku mentah supaya proses desain dan biaya produk semakin efisien.
  4. Autodesk Inventor CAM: Software yang membantu lakukan simplifikasi bagian proses kerja mesin.
  5. Autodesk Inventor Nastran: Software yang berperan sebagai Finite element analysis supaya pengguna tidak membuka aplikasi simulasi secara terpisah karena terhubung dengan software Autodesk lainnya.
  6. Autodesk Revit: Software ini termasuk dalam tool Building Information Modelling untuk membantu arsitek, designer atau enginee dalam membuat komponen dan desain struktur dalam bentuk 3D maupun 4D
  7. Autodesk AutoCAD: Software yang sangat populer untuk digunakan menggambar desain arsitektur, konstruksi bangunan, serta desain mode 2D dan 3D.
  8. Autodesk 3DS Max:Software desain grafis yang dapat memberikan visualisasi desain, karena berbasis vektor 3D dan animasi.
  9. Autodesk Maya: Software yang digunakan untuk membuat animasi 3D, hingga mengembangkan suatu games.
  10. Autodesk Fusion 360: Software yang digunakan untuk menyelesaikan alur kerja pengembangan suatu platform berbasis cloud pada perangkat komputer. 

kegunaan aplikasi autodesk

Mengenal Autodesk Certified User 

Autodesk Certified User (ACU) adalah program sertifikasi  yang dapat meningkatkan kualifikasi, kualitas, dan keahlian dalam menggunakan software Autodesk. Dengan sertifikasi Autodesk dapat menunjukkan penguasaan dan bukti kompetensi atas alat-alat desain yang inovatif. Sertifikasi ACU dikeluarkan langsung oleh Autodesk, sehingga dapat memberikan personal branding yang lebih kredibel dan dapat diakui di dunia industri.  



Manfaat Sertifikasi Autodesk Certified User 

Ketika terbiasa bergulat dengan software Autodesk, maka kemampuan dalam menggunakan software tersebut adalah aset penting untuk karier. Selain itu, ada manfaat ketika memiliki sertifikasi Autodesk, antara lain:

Mendapatkan pengetahuan baru

Sertifikasi Autodesk untuk profesional, biasanya disertai latihan dan kursus. Dalam kursus tersebut, peserta tidak hanya berlatih secara intensif dengan berbagai tingkat materi, tetapi juga mendapat panduan dan pengetahuan agar dapat menyelesaikan ujian sertifikasi secara maksimal. Ilmu dari sertifikasi tersebut dapat langsung dipraktikkan dalam dunia kerja. 

Memperoleh validasi

Dengan sertifikasi resmi dari Autodesk, maka sudah mendapat pengakuan resmi atau validasi kemampuan dari Autodesk. Hal itu bisa sebagai peluang untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan yang memiliki reputasi bagus. Selain itu menjadikan suatu bukti dan nilai plus dalam menguasai berbagai software Autodesk.

Meningkatkan profesionalitas

Ketika mengambil sertifikasi Autodesk dapat membangun reputasi sebagai tenaga profesional karena telah teruji dalam kemampuan teknis hingga fundamental desain dan perencanaan proyek. Selain itu, membantu lebih mudah diterima bekerja di perusahaan impian.

sertifikasi autodesk untuk engineer

Autodesk Certified User bukan hanya ditujukan bagi pekerja profesional saja, tetapi para fresh graduates bahkan siswa atau mahasiswa pun dapat mengambil ujian sertifikasi tersebut. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan kemampuan dan penguasaan software Autodesk. Tujuan lainnya juga dapat membuka peluang baru dengan mencantumkan dalam media sosial, CV ataupun portofolio. 

Pilihan produk software Autodesk yang diujikan pun beragam. Beberapa di antaranya Autodesk AutoCAD Certification, Autodesk Revit Certification, atau lainnya, seperti yang telah disebutkan di atas. 

Penutup

Manfaat sertifikasi Autodesk Certified User akan didapatkan ketika melakukan persiapan dengan belajar, berlatih dan mengambil ujian sertifikasinya. Ketika berhasil menyelesaikan program sertifikasinya, maka telah menunjukkan adanya kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki engineer, designer atau maker mengenai Autodesk. Inilah saatnya upgrade kemampuan diri dan siap memasuki ketatnya persaingan di dunia kerja. 


April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

11 komentar

  1. Baru dengar namanya Autodesk, lebih sering dengar AutoCAD.. ternyata AutoCAD produk unggulannya autodesk yahh..

    BalasHapus
  2. Bagi yang ranah kerjanya ada kaitannya dengan engineer, designer atau maker, wajib banget untuk bisa memahami dan lancar menggunakan software Autodesk. Memang bakalan beda banget kalau terbiasa menggunakan software desain grafis ternama seperti ini. Hasilnya akan lebih detail dan sesuai keinginan.

    BalasHapus
  3. Setuju mba, buat yang bergelut di dunia design di bidang engineer penting nih diakui kemampuannya dengan sertifikat resmi dari Autodesk.
    Aku pernah pakai yang Autocad sangat terbantu dalam mendesign instrument melalui gambar.
    Buat yang butuh diakui secara resmi kemampuannya boleh juga nih dicoba.

    BalasHapus
  4. Recommended banget nih buat engineer, designer atau maker, biar kerjaan lancar dan hasilnya keren . software Autodesk luar biasa yang memenuhi kebutuhan

    BalasHapus
  5. Wah ada sertifikasi ya untuk Autodesk ini. Bisa untuk upgrade skill dan kesempatan untuk dilirik saat cari kerja karena sudah punya sertifikasi resmi

    BalasHapus
  6. Penting banget ya selalu upgrade diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi baru, agar ilmu yang sedang ditekuni relevan dengan perkembangan zaman, apalagi sekarang tools untuk tambah ilmu makin banyak dan mudah, harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

    BalasHapus
  7. Software nya mempermudah kerjaan juga ya mbaaa

    penting bangetttt nih.
    utamanya utk anak teknik

    BalasHapus
  8. Baru tahu ada yang namanya Autodesk Certified User. Terima kasih sudah ulas soal ini. Jadi pengetahuan baru buat saya.

    BalasHapus
  9. Baru tahu informasi ini
    Ternyata ikut webinar sana sini punya manfaat lebih ya. Sertifikatnya bisa dipakai

    BalasHapus
  10. Wah oenting nih ya untuk para enginer ngambil certified Autodesk. Bisa banyak fungsi juga ya kali SDH bisa menguasai, untuk mendesain juga bisa ya ternyata.

    BalasHapus
  11. Buat yang ranah kerjanya ada kaitannya dengan engineer, designer atau maker, wajib banget untuk bisa memahami dan lancar menggunakan software Autodesk ini ya mbak
    Agar bisa meningkatkan performa kerja juga ya

    BalasHapus

Posting Komentar