FGD Unit Usaha

Sebetulnya sudah inget kalau Jumat malem, harus stand by di WAG soalnya jadwal FGD mankeu dan unit usaha. Tapi baru inget jam setengah 8an, alhamdulillah juga anak kooperatif ndak lama persiapan tidurnya.

Sebetulnya pilih unit usaha tapi karena diskusinya bebarengan, mungkin resumenya juga kecantol sama mankeu. Di tim ini, kudu rajin dan teliti untuk jurnaling. Jelasnya tentang pencatatan uang, pemesanan sampai distribusinya. Selain itu kudu pinter nangkep peluang yang bisa mendatangkan uang. Kreatif, kira-kira dari potensi member selama oprec bersama TnC bisa menghasilkan produk apa nantinya, dengan target 1 produk tiap bulan.



Tidak sesimpel yang dibayangkan karena harus ada tim onlinenya juga yang pegang sosial medianya. Selain itu tim marketing yang gencar2nya memasarkan berdasarkan target agar kas regional sendiri, ndak hanya mengandalkan surplus dari event saja. Unit usaha, mankeu, bendahara kota saling beririsan, masih terkait tentang dana pengembangan awal, kas dan pendapatan yang diberikan ke SC pusat.

Kalau tentang penjualan produk supaya laris, memang harus melihat dari potensi member dan kira2 peluang pasar alias kebutuhan member. Untuk produksinya juga dibuat tidak mematok target banyak agar tidak terlalu habis biaya produksi. Sehingga seringnya dibuat sistem pre order agar pesanan sesuai jumlah produksinya.

Jadi inget waktu wawancara ditanya, "Nanti bisa handle sendiri ya?"

Dengan entengnya saya jawab, "Belum kebayang mbak."

Ternyata memang alurnya untuk di divisi ini jelas dan pasti semacam i win u win. Semoga saya tambah paham tapi belum tahu juga hasilnya nanti seperti apa.

#enrichment #forumgroupdiscussion #openrecruitment #pengurus

Comments

Popular posts