Mindfulness

Tertarik banget waktu ada materi tentang mindfulnes. Kalau sepemahaman saya, mindfulnes tentang kehadiran yang utuh terhadap sesuatu. Materi yang langsung disampaikan sama mbak Ayu, sebagai pengingat nih kalau nantinya dalam berkomunitas juga hadir utuh, dalam urusan rumah tangga pikirannya ya sebaiknya fokus, membersamai anak juga secara sadar penuh.



Meski memang wanita diciptakan Allah kelebihan untuk bisa multi tasking. Itu adalah hal normal, jika mau dihindari ya memang sudah begitu adanya. Multi tasking cukup efektif untuk pekerjan yang sifatnya rutinits dan tidak butuh kemampuan berpikir lebih. Namun bisa diusahakan dengan mengaturnya agar hadir secara utuh.

Konsep mindfulness bisa lebih baik digunakan untuk mensiasati banyak kegiatan keseharian bahkan sekedar buka wag. Kenapa harus bisa be present, hadir utuh di segala keadaan? Karena akan melatih otak juga untuk berpikir kreatif dalam pemecahan masalah. Jadi ketika ada aktivitas yg di luar rencana, otak ibaratnya nggak kehilangan 'kendali'. Be mindful di segala situasi memang susah, perlahan pasti bisa, rutin mencoba.

Nah untuk memulai hadir utuhnya gimana? Ternyata kalau yang saya pahami, setiap dari kita harus meluangkan waktu sendiri. Iya sendiri secara fisik tapi ada yang maha mengawasi kan ya? Jadi intinya, perlu memberi jeda diri sendiri untuk rileks, takafur. Di materi dijelaskan untuk melakukan meditasi setiap hari di waktu  yang ditentukan sendiri selama 10-15 menit. Jadi inget juga di kelas online healing bagian dari Sekolah Rumah Tangga, tentang materi sadar napas. Konsepnya sama, menyadari setiap napas yang dihirup sambil dilepaskan dengan tambahan berdzikir. InsyaAllah itu menenangkan. Selain itu bisa melakukan journaling, dengan membuat jurnal kebahagiaan dan mindful. Agar bisa membantu diri tetap on track dan menerima apa adanya.

Harapannya ketika melakukan mindfulness agar menjaga pikiran tetap positif, fokus hasilnya emosi jadi lebih bisa terkontrol. Karena sadar kalau kesalahannya diawali dengan ndak fokus. Ketika emosi lebih terkontrol tentu mood harian juga mengikuti. InsyaAllaah. Semoga itu semua bukan sekedar teori untuk saya. Bismillaaah.
#enrichment #forumgroupdiscussion #openrecruitment #pengurus #mindfulness


Comments

Popular posts