Lakukan 5 Langkah Menjaga Kesehatan Tubuh Untuk Pencegahan Covid-19

Jubir pemerintah untuk Covid-19 saat konferensi pers di gedung BNPB mengatakan bahwa total konfirmasi positif corona atau Covid-19 hingga 24 Maret pukul 12.00 WIB mencapi 686 jiwa. Jumlah yang cukup banyak ya? Angka itu adalah akumulasi sejak awal pemeriksaan spesimen yang tersebar di 24 provinsi Indonesia. Penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 setiap harinya tentu menjadikan kewaspadaan tersendiri di masyarakat. Pemerintah juga menghimbau agar masyarakat melakukan karantina mandiri di rumah saja.


Kamu tim rebahan? Sama, saya juga masih senang jika diminta di rumah saja. Tapi ada baiknya, karantina mandiri di rumah saja dapat dijadikan momen untuk menjaga kesehatan tubuh. Meski aktivitas hanya berputar di dalam rumah, pastikan agar tubuh sentiasa prima. Jangan sampai menjadi pelampiasan bermalas-malasan dengan pola harian yang kacau. Saat aktivitas harian kacau bisa saja menurunkan kekebalan tubuh. Padahal saat kekebalan tubuh menurun, bisa saja bakteri, jamur, virus atau parasit akan menyerang hingga mengakibatkan tubuh tidak sehat.

Lalu bagaimana pola harian yang tepat agar fisik tetap prima saat karantina mandiri dari Covid-19 ini? Ada 5 langkah yang bisa dilakukan seperti:

1. Kelola stress
Selama ditemukannya positif Covid-19 di Indonesia, berapa kali menemukan berita hoaks yang beredar di media sosial? Begitu derasnya informasi yang membuat kepanikan, kecemasan hingga stres memikirkannya. Padahal ketidakstabilan emosi karena panik, cenderung mengarahkan seseorang salah mengambil keputusan. Kadar hormon stres yang tinggi menyebabkan kesehatan tubuh menjadi menurun. Jika merasa stres berlebih, bisa menghubungi tenaga ahli seperti psikolog. Ada baiknya diselingi membaca artikel berfaedah di https://ibuibudoyannulis.com

2. Menerapkan gizi seimbang
Saat mengonsumsi makanan, perlu memerhatikan gizi seimbang, bukan sekedar memenuhi rasa lapar. Panduan untuk gizi seimbang adalah ½ dari piring makan adalah sayur buah yang bervariasi, ¼ dari piring makan berisi protein, ¼ dari piring makan dipenuhi karbohidrat. Selain itu, lengkapi dengan minyak sehat dan minum air mineral yang cukup.


3. Olahraga
Sebagai tim rebahan, apakah sulit memotivasi diri untuk berolahraga? Sebaiknya buat jadwal khusus untuk merutinkan olahraga supaya kesehatan tubuh tetap terjaga. Selain meningkatkan kekebalan tubuh, olahraga bisa menjadi alternatif mengurangi stres. Selama masa #dirumahaja, pilih jenis olahraga yang tetap aman dilakukan di rumah. 

4. Istirahat cukup
Adakah tim rebahan di rumah saja yang kurang istirahat? Jangan sampai karena tuntutan work from home, mengakibatkan lupa istirahat karena terlalu asyik bekerja. Atau malah menggunakan waktu dengam banyak tisur-tiduran? Tentu itu juga kurang baik. Saat cukup tidur dan istirahat, tubuh akan memroduksi antibodi yang mencegah infeksi. Selain itu cukup istirahat dapat mencegah stres yang berlebihan. 

5. Berjemur 
Berjemur dengan sinar matahari pagi, bukan hanya bagus untuk bayi saja tetapi juga bermanfaat untuk berbagai tingkatan usia. Manfaat yang utama adalah merangsang produksi vitamin D dalam tubuh. Seperti yang diketahui vitamin D tidak hanya bermanfaat untuk tulang dan otot tapi juga mencegah beragam penyakit seperti hipertensi, rakitis, diabetes tipe 1 serta 2. Pastikan untuk berjemur di waktu yang tepat dan tidak berlebihan.

Meskipun di rumah saja, butuh langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh dari penularan penyakit terutama virus Covid-19. Terapkan pola hidup sehat  seperti langkah di atas, sebaiknya hindari bahkan hentikan aktivitas merokok karena itu juga salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh. Tetap, perhatikan juga protokol pencegahan Covid-19 saat harus ke luar rumah. 

Sumber:



Post a Comment

0 Comments