Pra Bunsay - Wahana Istana Pasir

Bismillahirrahmanirrahim

Setelah kurang lebih kuliah matrikulasi Ibu Profesional setahun yang lalu, pekan lalu adalah awal kelas selanjutnya. Kelas bunda sayang yang merupakan lanjutan dari matrikulasi. Tapi kali ini dengan suasana dan chapter baru. Rasanya masih adaptasi dengan istilah, platform yang berbeda dari sebelumnya. Mungkin itulah tujuan dari pra bunsay diadakan agar kami menyesuaikan.

Di kelas pra bunsay ada permainan wahana istana pasir sebagai tiket untuk melanjutkan wahana berikutnya. Membangun istana pasir sendiri dengan 3 komponen berikut:

1. Makna Ibu Profesional
Profesional jika merujuk pada KBBI adalah bersangkutan dengan profesi, memerlukan kepandaian khusus dalam menjalankannya. Menurut saya, ibu profesional adalah seorang wanita yang senantiasa belajar meningkatkan kapasistas diri berdasarkan ajaran agama, memahami peran cahayanya dan menerapkan dalam ucapan atau tindakan sebagai seorang individu, istri maupun ibu di dalam keluarga hingga terpancar manfaatnya di lingkungan. Menuliskan ini sebagai sarana mengingatkan diri dan menancapkan makna ibu profesional untuk terus melaju di wahana berikutnya.

2. Peta diri
Dalam membuat peta diri sebagai sarana menyelesaikan wahana di pulau bunda sayang, butuh strong why dengan melihat perjalanan para petualang sebelumnya. Menerapkan 5W untuk melakukan self talk harapan selama berada di pulau cahaya.
Who: Saya
What: Tujuannya ingin belajar menjadi pribadi sebagai istri dan ibu yang lebih baik
Where: Di kelas bunsay untuk penerapan di rumah
When: Mulai saat ini
Why: - ibu adalah muara bahagia keluarga
- ibu adalah pendidik utama sehingga butuh ilmu
- ibu harus belajar sehingga butuh komunitas
- ibu harus bisa memilah fokusnya sehingga butuh rambu-rambu
Sambil meraba dan menetukan langkah-langkah apa yang menjadi pijakan dalam menyelesaikan tantangan di pulau bunda sayang.



3. Analogi diri
Saya menganalogikan diri sebagai mutiara dalam kerang. Meyakini bahwa dalam diri ini ada potensi unik yang Allah siapkan sebagai bekal. Sambil terus mengasah diri agar diberi petunjuk kemudahan menjalankan misi hidup. Saat berhasil menemukannya dapat semakin berkilau cantik jika berkolaborasi dengan mutiara lainnya. 

Semoga Allah meridhoi, game pertama wahana istana pasir ini sebagai awal evaluasi diri. Semoga lebih baik dan konsisten di game berikutnya.

#prabunsay
#bunsay6
#institutibuprofesional

Post a Comment

0 Comments