Jurnal Komunikasi Produktif Hari ke-7

Hampir sepanjang hari sampai menjelang siang, membatin hal apa dadi materi zona 1 yang akan dipraktikkan. MasyaAllah, ternyata ada satu kejadian yang membuat saya dan Hizbi belajar negosiasi. Saya belajar mempraktikkan komunikasi produktif. Hizbi belajar mengelola keinginan dan perasaannya. 

Temuan Pembelajaran

Usai saya dan Hizbi bermain, kami ke toko tempat mertua berjualan. Saya minta Hizbi untuk mencuci tangan dulu sebelum dia merajuk minum susu kemasan. Hizbi tak mau, dia ingin langsung minum. Akhirnya saya temani dia mengambil susu di kulkas tapi boleh diminum kalau sudah cuci tangan. Alhamdulillah misi sukses.

Setelah minum susu, Hizbi minta jajan semacam kerupuk kentang. Saya mengizinkan, dia ditemani Akungnya mengambil jajan pilihan. Akung sempat mengulangi pertanyaan beberapa kali untuk meyakinkan, "Cuma ambil satu jajan saja?"

"Iya, kata Hizbi mantap.

Tapi saat Akungnya menata minuman, dia tertarik untuk melihat-lihat jajanan yang terpajang. Padahal saya sudah memberinya kue pia basah. Dia menunjuk-nunjuk gambar sambil bertanya. Saya jawab satu per satu. Sampai akhirnya berhenti di satu gambar snack.

"Mau rumput laut ini," katanya.

"Ini bukan rumput laut seperti yang pernah dibeli (nori). Ini jajan kerupuk rasa rumput laut," saya berusaha menjelaskan.

"Mau yang ini," kata Hizbi sambil mengambil dari rak.

"Lho ini nggak ada rumput lautnya, cuma gambar saja. Beda bukan seperti beli di ****mart," saya jelaskan sedikit gemas juga.

"Nanti bilang Ayah dulu ya, kalau mau beli. Sekarang jajan kentangnya dihabiskan dulu. Belum habis kan?" saya coba merendahkan volumenya.

Matanya yang hampir berkaca, rengekan yang hampir keluar dari mulutnya tak jadi terdengar. Dengan yakin, Hizbi mengangguk dan menghabiskan jajannya. Alhamdulillah, case closed. Lumayan menguras tenaga untuk komunikasi produktif hari ini.


Tantangan Komunikasi Produktif

Yaa terasa sekali praktik kali ini hampir saling mengeyel dan emosi. Tetap tantangan untuk diri ini adalah harus bersabar , tidak bernada tinggi dan tidak perlu bicara panjang kali lebar.

Mengapresiasi diri, mendapat 3,5 dari 5 bintang. Alhamdulillah. Semoga komunikasi produktif besok, bisa lebih baik lagi. 


#harike-7

#tantangan15hari

#zona1komprod

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia


Post a Comment

0 Comments