Zona 3 Bunda Sayang: Mainan Keberkahan

Kalau melihat mainan Hizbi yang ada di kardus jumbo seakan selalu memanggil-manggil. Iya karena begitu terbengkalainya bercampur di atas meja di dalam kardus. Jadilah saya tercetus sebuah family project yang dilakukan bersama. Bagaimana supaya pemandangan di pojok ruangan atas meja tersebut terlihat lebih rapi.

Family project hari kedelapan di zona kecerdasan emosi dan spiritual kali ini adalah beberes mainan keberkahan. Dari pagi sudah mengajak Hizbi agar sorenya mengelompokkan mainan bersama. Hizbi setuju-setuju saja diajak. Pasca tidur siang, saya ajak lagi agar segera bangun untuk bersama-sama memilih dan melihat-lihat mainannya. Awalnya tak mau beranjak dari tempat tidur. Lalu saya bilang agar Hizbi memilih mainan yang mau dibagi ke saudaranya. Saya memulai menumpahkan semua mainan dalam kardus jumbo bekas dan Hizbi berinisiafif untuk membantu.

Persiapan family project zona 3 bunda sayang hari ini yaitu:

1. Sounding Hizbi untuk mengelompokkan mainan alias beberes.

2. Menyiapkan kresek atau plastik bekas untuk pengelompokkan mainan

3. Menyiapkan Alquran

Langsung dieksekusi project ini setelah saya menuangkan semuanya di lantai. Selain itu, mengumpulkan mainan yang berserak di tempat lain. Kemudian mulai mengelompokkan, dilanjutkan memasukkan ke dalam kresek. Meski diselingi sedikit-sedikit main juga, alhamdulillah selesai.

Selesai merapikan, saya ucapkan terima kasih sebagai apresiasi kepada Hizbi. Selain itu, di awal ajakan saya katakan bahwa Hizbi memilih mainan mana yang akan diberikan ke saudara. Mainan yang dirasa sudah tidak digunkan lagi sekian banyak mainan tersebut, Hizbi menyerahkan 2 mainan. Alhamdulillah, saya apresiasi kembali Hizbi karena sudah mau berbuat kebaikan. Di masa fitrah egonya sedang besar, saya tak memaksakan jika Hizbi menolak berbagi. Tapi ternyata dia mau berbagi mainan yang memang aufah jarang dipakai alias tak menjadi favorit. Sambil membacakan ayat dan terjemahan surat An Nisa ayat 114 sebagai refleksi zona 3 bunda sayang hari kedelapan.

Tidak ada kebaikan pada kebanyakan ucapan yang dirahasiakan oleh manusia, dan juga tidak ada manfaatnya, kecuali jika ucapan itu berupa perintah untuk bersedekah, atau melakukan kebaikan yang diajarkan oleh syariat dan ditunjukkan oleh akal sehat, atau seruan untuk mendamaikan pihak-pihak yang berseru. Barangsiapa yang melakukan hal itu demi mencari rida Allah, maka Kami akan memberinya pahala yang sangat besar.

Alhamdulillah di zona3 bunda sayang hari ini, saya 100% senang sekali. Tal Tak terlalu berekspektasi banyak. MasyaAllah saya lega melihat sudut ruangan sudah rapi dan saya juga bahagia Hizbi mulai mau berbagi.


Referensi:

- Akun instagram @quranbasedplay

- tafsirweb.com




.

Comments

Popular posts