Bermain Angka menggunakan Plastisin

Bismillahirrahmanirrahim. Sandpaper number bisa menjadi salah satu sarana  stimulasi matematika dan finansial. Alhamdulillah punya sandpaper number di salah satu boardbook. Jadi tinggal memanfaatkan isi dari boardbook tersebut. 

Berhitung, mengenal dan memahami angka sambil meraba secara langsung. Hampir mirip di aktivitas sebelumnya, tracing angka. Tapi hari ini sambil saling membuat angka menggunakan plastisin/malam. Catatan pada stimulasi hari ini, antara lain:

Rencana Aksi:

Berhitung mengenal dan memahami angka 1-10 sambil membacakan kisah. 

Aksi:

Memanfaatkan plastisin untuk mendukung aktivitas stimulasi kecerdasan matrmatika. Awalnya Hizbi duluan yang membuat angka 1 dan berusaha membuat angka dua. Selain itu, minta dibuatkan juga huruf hijaiyah dari plastisin. Tapi aku katakan bahwa seru juga main plastisin bentuk angka. Alhamdulillah, Hizbi setuju saja saat aku buat angka 1-0 dengan plastisin. Dilanjutkan membaca sedikit kisah di boardbook Angka dalam Alquran, sambil berhitung, menelusuri angka dan bermain peran berjualan sambil memencet plastisin angka.

Dari aktivitas itu, alhamdulillah Hizbi senang dan antusias. Apalagi jika ide stimulasi juga berasal dari Hizbi sendiri, senang bermain angka menggunakan plastisin. Hal yang masih menjadi catatan adalah Hizbi mau berhitung sambil menunjuk benda secara perlahan karena biasanya yang dilakukan adalah membilang, belum menghitung. InsyaAllah semoga bertahap bisa dilakukan. 

Tabarakallah, apresiasi bintang 5 dari 5 untuk aktivitas dan perasaan di hari ke-9 stimulasi matematika ini. Semoga besok lebih baik lagi dan bsrsemangat. 



Post a Comment

0 Comments