Membandingkan Ukuran Panjang Pendek

Bismillahirrahmanirrahim. Rencana aktivitas kemarin dimainkan hari ini. Ditawarkan lagi rencana aktivitas kemarin. Membandingkan panjang pendek sebagai stimulasi kecerdasan matematika di hari keenam ini. Kalau hanya membandingkan dua benda, insyaAllah bisa. Tapi hari ini, aku coba untuk menambah benda sebagai perbandingan.

Kalau kemarin tentang pola bangun datar, hari ini tentang ukuran benda. Ukuran panjang pendek potongan kardus bekas. Beberapa catatan tentang stimulasi kecerdasan matematika hari ini, antara lain:

Rencana stimulasi:

- Membandingkan panjang pendek beberapa potongan kardus berbentuk persegi panjang.

Aksi:

Memanfaatkan potongan kardus bekas untuk kreasi tadi pagi. Aku buat menjadi 4 potong kardus berbentuk persegi panjang. Awalnya aku tanya, potongan mana yang paling panjang. Lalu Hizbi menunjuk dengan benar. Aku lanjut bertanya potongan yang paling kecil dan Hizbi menunjuk dengan benar. Selanjutnya aku minta Hizbi untuk menyusun potongan tersebut seperti tangga naik turun (panjang pendek). Alhamdulillah keempat potongan tersebut dapat disusun dengan benar. 

Dari catatan tersebut, aku refleksikan bahwa stimulasinya insyaAllah sesuai dengan usia Hizbi 3 tahun. Kalau seperti kemarin, aku buat potongan lebih dari itu (jumlahnya 12), terlalu kaget sepertinya untuk mengurutkan. Hizbi jadi tak minat. Maafkan yaa, Nak. Tapi tetap bisa kita coba lagi kapan-kapan. Hihi. Kalau berhitungnya, insyaAllah Hizbi bisa mengikuti meski berhenti di angka 10 dan dibantu di angka sebelas dan seterusnya.

Alhamdulillah, semoga hari-hari ke depan mulai lancar membilang angka belasan. Semoga stimulasi kecerdasan matematika, membandingkan ukuran panjang pendek ini, bermanfaat untuk kehidupan nantinya. Ah mikirnya jadi terlalu jauh nih. Tabarakallah, bintang 4 untuk aktivitas dan perasaan hari keenam ini. 

Comments

Popular posts