Rencana Stimulasi Matematika dan Finansial

Bismillahirrahmanirrahim. Masya Allah sudah sampai di zona 6 kelas bunda sayang. Ternyata menyenangkan mengerjakan tantangan-tantangan dari Kakawi. Karena bukan anak saja yang belajar tapi aku sebagai ibu juga banyak tercerahkan belajar di tiap zona tantangan. Tantangan kali ini tentang stimulasi matematika dan finansial. 

Stimulasi matematika apa sekedar simbol saja? Ternyata tak sesempit itu. Diawali dari benda konkret baru ke abstrak. Membilang dengan benda yang ada di sekitar, baru disimbolkan dalam angka. Dari pemaparan Kakawi dan inspirasi teman-teman, banyak kegiatan menarik untuk membuat anak paham mulai dari membilang atau menyebutkan angka hingga paham dengan simbol angka. Cara belajar matematika yang asyik untuk anak usia dini adalah menggunakan alat dan ilustrasi sederhana untuk memahami konsep abstrak.

Berdasar pengamatan keseharian Hizbi. Ada beberapa tujuan pencapaian nantinya. Dan juga, rencana aksi untuk stimulasi matematika serta finansial yang sesuai dengan kebutuhan Hizbi. Apa saja itu?

1. Menguatkan penyebutan dan pengurutan angka 1-15

2. Menguatkan konsep nominal dan simbol 1-10.

3. Aktivitas yang berkaitan dengan pra matematika. 

Apa belum ada aksi hari ini? Alhamdulillah kamis sudah beraksi. Hihi. Berhitung dengan media barang jualan yang ada di toko. Hizbi antusias. Saya juga persiapan membaca e-book tentang angka dalam Alquran. Supaya tidak sekedar tau simbol atau menyebutkan bilangan saja. InsyaAllah bisa jadi aktivitas yang berkaitan dengan pra matematika.

Alhamdulillah Hizbi senang sekali, meski agak bingung koordinasi menghitung sambil memindahkan benda. Tak apa, insyaAllah masih ada hari-hari selanjutnya untuk bermain sambil belajar stimulasi matematika dan finansial. Bintang 4 untik hari ini. Alhamdulillah menyenangkan, kami berdua menikmati. 


Post a comment

0 Comments