Berhitung menggunakan Kulit Telur

Bismillahirrahmanirrahim. Sempat ada kekhawatiran yang sempat terselip tapi semoga jadi semakin semangat untuk fokus pada perkembangan dan potensi anak sendiri. Menyadari bahwa yang dibutuhkan anak di usia dini adalah pendampingan dalam bermain. Tinggal bagaimana menjadikan permainan itu bermakna untuk tahap perkembangan usianya. PR banget untuk menabung ide-ide yang sesuai dengan kemampuan dan tahap perkembangannya. Salah satu idenya main stimulasi kecerdasan matematika hari kedua ini adalah berhitung menggunakan kulit telur.

Seperti rencana di hari pertama, insyaAllah mulai eksekusi hari ini. Ternyata MasyaAllah, saat saya beri satu stimulasi kegiatan. Hizbi punya inisiatif sendiri bermain pra matematika yang lain. Semoga Hizbi tak bosan dan tak merasa terlalu distimulasi berlebihan.

Rencana stimulasi kecerdasan matematika hari kedua kelas bunda sayang ini adalah berhitung angka 1-11 dengan menggunakan media cangkang kulit telur. Isi telurnya dimasak, kulitnya dibuat mainan. Setelahnya bisa jadi pupuk alami tanaman juga. Alhamdulillah.

Jadi Hizbi berhitung menggunakan kulit telur mulai 1-11 sambil aku tunjukkan angka-angkanya. Aku bilang dulu, Hizbi mengulang. Setelah dihitung dan membaca simbol angka, dihancurkanlah cangkang telur itu. Dihancurkan dari angka 1 ke 11, Hizbi sangat menikmati.

Setelah kegiatan itu, Hizbi minta main engkle seperti kakak-kakak yang pernah main di jalanan depan rumah. Saya buatkan engkle sekaligus angkanya. Dari situ Hizbi antusias bermain sambil sesekali bertanya, letak angka-angka yang tertulis di cangkang telur. Sorenya membaca kisah tentang angka dalam Alquran. Hari ini dimulai angka 1 saja, sambil sensori angka 1. 

Alhamdulillah berawal dari berhitung dengan kulit telur, Hizbi ingin belajar angka dengan cara lain. Beberapa hari ini memang sering saya latih dan perdengarkan membilang angka. Semoga Hizbi menikmati setiap prosesnya. Bintang 5 untuk capaian dan perasaan hari ini. Alhamdulillah.

Post a Comment

0 Comments