Wisuda XVII STT Bandung, Lahirkan Inovator Teknologi Digital

Sidang senat terbuka wisuda XVII STT (Sekolah Tinggi Teknologi) Bandung resmi dihelat pada Sabtu (20/05). Trans Convention Centre, The Trans Luxury Hotel Bandung menjadi saksi momen haru dan bahagia para wisudawan/wisudawati beserta para orang tua. Kali ini, wisuda digelar secara offline, setelah tahun lalu diselenggarakan secara hybrid dan dua tahun lalu dilaksanakan secara online.

STT Bandung yang mempunyai tagline “Your Partner to Global Competition” berfokus pada bidang teknologi dan desain. STT Bandung yang memiliki niat untuk memajukan institusi dalam negeri, maka tahun ini telah berproses dan berubah. Kampus STT Bandung berubah dari sekolah tinggi menjadi universitas. 

wisuda stt bandung, lahirkan inovator teknologi

Tahun ini, STT Bandung berhasil menghasilkan lulusan sebanyak 142 mahasiswa/i. Ada 78 mahasiswa/i berasal dari jurusan teknik industri, 53 mahasiswa/i jurusan teknik informatika dan 11 mahasiswa/i. Sembilan di antaranya menempuh masa belajar selama 3,5 tahun. 

Rata-rata waktu belajar mahasiswa/i di STT Bandung adalah 3,5 sampai 4 tahun. Maka, sejak wisuda I hingga wisuda XVII, STT Bandung telah mencetak sebanyak 2343 alumni.

Acara Wisuda XVII STT Bandung

Bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional lalu, acara wisuda STT Bandung berjalan lancar secara tatap muka. Meskipun begitu, semua yang hadir tetap menggunakan masker dan menaati protokol kesehatan. Proses wisuda yang dimulai pukul 08.00, memiliki serangkaian acara yang bermakna. Acara dibuka dengan tarian Sancang Gugat dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta dan Mars STT Bandung. 

Sambutan dan Laporan Ketua STT Bandung

Usai menyanyikan lagu mars STT Bandung, dilanjutkan dengan sambutan pertama dari ketua Sekolah Tinggi Teknologi Bandung. Beliau adalah Bapak Muchammad Naseer, S.Kom., M.T. Beliau menjelaskan bahwa STT Bandung mendapat sambutan positif dari tingkat nasional maupun internasional. 

Kampus STT Bandung telah menjalin program kerja sama dengan Lithan Academy salah satu institusi pendidikan di Singapura dan perusahaan swasta lainnya dalam bidang pemagangan. Selain itu kerja sama dengan institusi kota Bandung dan Jawa Barat. Adapun kerja sama di bidang pendidikan, latihan, pengabdian masyarakat dan pembangunan Jawa Barat. 

Ada juga program dual degree antara STT Bandung dengan ITB STIKOM Bali untuk program desain komunikasi visual dan sistem informasi. STT Bandung bekerja sama dengan ISBI Bandung, Universitas Telkom dan Aptikom Jabar. STT Bandung menjalin kerja sama dengan BUMN yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, seperti Jamkrindo, Bank Mandiri, Teknologi Cakra Indonesia, PLN dan lainnya. 

Beliau menjelaskan bahwa ratarata masa tunggu alumni STT Bandung sekitar 45 hari. Setelah lulus dari STT Bandung, alumni ada yang memilih jalur wirausaha, bekerja sebagai karyawan atapun melakukan studi lanjut. Hal itu terjadi karena STTB membantu dengan adanya career development center. Setiap alumni juga dibekali sertitifkasi nasional ataupun internasional. 

Dosen

Dari jumlah dosen 170 orang di STT Bandung sudah 70% memenuhi ketentuan minimal dari pemerintah, yakni pendidikan strata II dan strata III. Sejak tahun 2021, ada 10 dosen tetap yang menempuh pendidikan dalam negeri atau luar negeri. Mereka juga mendapatkan beasiswa dari berbagai pihak seperti LPDP dan lainnya. 

Ada 5 proposal dosen SST Bandung yang lolos administratif pada program matching fund dari Kedaireka Ditjen DIKTI Mendikbudristek RI dan 2 dosen yang lolos sebagai dosen pembimbing lapangan pada program kampus mengajar. 

Mahasiswa

Jumlah kegiatan mahasiswa ada 18 unit. Dari 18 unit itu, sudah melaksanakan sebanyak 523 kegiatan. Banyak prestasi yang ditorehkan mahasiswa dalam berbagai bidang hard skill atau soft skill. Ada sebanyak 136 mahasiswa STTB di tahun 2021 dan 126 mahasiswa pada tahun 2022, telah terpilih dalam program magang dan studi independen bersertifikat (MSIB) yang diadakan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Ditjen) DIKTI Kemendikbudristek. 

Bapak Muchammad Naseer, S.Kom., M.T berpesan bahwa proses wisuda bukanlah akhir, teapi sebuah momentum awal cerita atau pengalaman baru. Wisuda menjadi sebuah pendorong atau motivasi untuk terus belajar, berjuang, berkarya, berpikir dan berinovasi dalam segala situasi agar menjadi pribadi yang bermanfaat. 

Sambutan Pembina Yayasan LPPI Bandung

Bapak Prof. DR. I Made Bandem, M.A., menyatakan bangga dengan lulusnya mahasiswa sebanyak 142 dan berbagai capaian prestasi gemilang kampus STT Bandung. Beliau menyampaikan bahwa kreativitas terbukti mampu membuat roda kehidupan berputar di tengah situasi pandemi, yang tidak menentu. Contoh:

  • Adanya teknologi medis untuk membantu perepatan vaksinasi.
  • Adanya teknologi e commerce yang membantu roda perekonomian.

Selain itu, berbagai teknologi distance learning dan home based learning yang diterapkan STT Bandung telah mengantarkan para mahasiswa yang lulus saat ini. Lapangan pekerjaan atau bisnis di masa depan akan terus berkaitan di bidang teknologi. 

Lulusan STT Bandung yang sudah dibekali keahlian teknologi akan terus dapat bertahan di dunia serba digital saat ini. Harapannya, para alumni ke depan terus mengasah kecerdasan, kreativitas ataupun soft skill.

Sambutan Kepala LLDIKTI wilayah IV Jawa Barat dan Banten

Bapak Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., selaku kepala LLDIKTI wilayah IV mengapresiasi kerja keras para mahasiswa yang berhasil lulus tahun ini, terutama yang berhasil menyelesaikan masa belajarnya selama 3,5 tahun. 

Beliau mengingatkan 4 hal, antara lain:

  1. Terus belajar di kampus kehidupan. Orang yang terus belajar sepanjang hidup, maka akan memiliki masa kini dan masa depan. 
  2. Terus membawa nilai yang mempunyai integritas. Kesuksesan lahir dari kerja keras.
  3. Lakukan dengan konsisten dan istiqomah. Kesuksesan bukan terjadi dalam satu hari, tetapi akan diraih jika melakukan secara terus menerus. 
  4. Jadilah pribadi yang memiliki akhlak atau karakter baik. Orang yang berkarakter akan dipercaya oleh banyak orang. 

Orasi Ilmiah Founder dan CEO Smeshub

Lutpi Ginanjar, seorang CEO muda sekaligus founder dari Smeshub Indonesia menyampaikan rasa bangga dan rendah hati atas apresiasi STT Bandung yang memberikan ruang dan panggung pada generasi muda untuk berkiprah. Beliau membuka orasinya dengan gurauan tentang overthinking pasca diwisuda. Beliau menyampaikan bahwa di masa depan akan ada kondisi bahwa keberadaan manusia akan digantikan oleh mesin atau robot. Maka, kualitas SDM harus ditingkatkan. 

Anak muda merupakan salah satu generasi penting sebagai penggerak dunia yang cepat mengalami banyak perubahan. Perubahan terjadi di segala aspek, bukan hanya pada dunia keja atau bisnis saja. Sehingga, kunci untuk tetap bertahan dalam perubahan dunia agar tetap bersaing adalah terus berinovasi dan meningkatkan kreativitas.

Orasi Ilmiah Direktur Kelembagaan Ditjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbudristek

Bapak Dr. Lukman, S.T., M.Hum selaku Direktur Kelembagaan Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek menyampaikan ucapan selamat pada para wisudawan dan STT Bandung. Beliau menyampaikan bahwa adanya pandemi Covid merupakan sebuah tantangan agar dapat meningkatkan kualitas hidup nantinya. Salah satu caranya yaitu memanfaatkan teknologi digital dengan membangun mindset entrepeneur, bukan hanya mindset siap mencari pekerjaan. 

Beliau berpesan kepada para wisudawan untuk menjadi pemuda yang SIAGA. SIAGA merupakan sebuah singkatan dari semangat, integritas, akuntabel. gigih dan amanah. Hal itu menjadi awal pijakan dari kesuksesan selanjutnya saat berkiprah dimanapun. 

prosesi wisuda stt bandung 2022

Usai Sambutan dan Orasi Ilmiah

Setelah sambutan dan orasi ilmiah yaitu pemberian penghargaan kepada 3 wisudawan terbaik dan 9 skripsi terbaik. Kemudian, penyerahan penghargaan tersebut, dilaksanakan pelantikan para wisudawan/wati. 

Di tengah proses pelantikan, ada keharuan di depan panggung. Pihak keluarga mewakili salah satu wisudawati yang bernama Atiek Fauziah, karena telah berpulang. Dilanjutkan dengan penandatanganan MOU dengan mitra STT Bandung, pengucapan janji wisudawan.  Usai itu, menyanyikan lagu Bangun Pemuda dan ditutup dengan pembacaan doa.

Acara wisuda STT Bandung telah selesai. Demikian, liputan saya selaku member Joeragan Artikel. Semoga para wisudawan menjadi pribadi yang siap berkarya dan berinovasi dengan bekal teknologi digital yang telah diperoleh. Selamat dan sukes di kampus kehidupan nantinya. 



April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan praktisi read aloud. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Dapat dihubungi di april.safa@gmail.com

Related Posts

4 komentar

  1. Selamat dan sukses untuk wisudawan-wisudawati XVII STT Bandung, semoga ilmunyang diperoleh bermanfaat dan berkah di masa depan. Aamiin.

    BalasHapus
  2. Selamat kepada wisudawan ya doanya lebih sukses dan melahirlan inovasi baru ya mbak

    BalasHapus
  3. Betul sekali, wisuda ini bukan akhir tetapi momentum awal untuk terjun ke dunia yang sebenarnya. Semoga para wisudawan terus belajar di kampus kehidupan dan bisa berguna untuk masyarakat

    BalasHapus
  4. Acara wisuda yang begitu spesial. Tak hanya sekadar pelepasan wisuda saja, tapi juga banyak insight yang bisa didapatkan

    BalasHapus

Posting Komentar